Cara Mempercantik Tampilan Spotify dengan Spicetify, Pilih Tema Menarik Sesukamu!

Default

Bosan dengan tampilan Spotify yang itu-itu aja? Kostumisasi desain aplikasi streaming musik favoritmu itu dengan Spicetify. Kamu bebas memilih satu dari puluhan bahkan ratusan tema menarik!

Jika kamu perhatikan lagi, Spotify tidak punya fitur untuk mengganti tema. Baik untuk pelanggan gratis maupun premium, tampilan aplikasinya sama-sama bernuansa hitam dan hijau tua.

Kalau kamu ingin Spotify-mu jadi lebih estetik dan temanya sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa jajal Spicetify ini. Fitur ini bukan fitur resmi Spotify, tapi aman kamu gunakan, kok. Caranya bisa kamu simak di artikel ini!

Apa Itu Spicetify?

Ry11gbbm6nw41
Sumber foto: Spicetify - Apa Itu Spicetify

Spicetify Android merupakan tool CLI (Command Line InterFace) yang dikembangkan oleh Spicetify. Dengan tool ini, kamu bisa mengubah tema atau tampilan Spotify sesukamu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasang aplikasi dan ekstensi khusus ke dalam Spotifymu. Terdapat sejumlah tema yang bisa kamu pilih, ada Default, Mono, Psycho, Deeper, Beach Sunset, dan lain-lain.

Meski begitu, penggunaan tool ini tidak semudah menginstal atau meng-uninstal seperti aplikasi biasa. Kamu harus menginput serangkaian perintah dalam bahasa pemrograman. Selain itu, kamu juga perlu memasang Microsoft PowerShell sebagai media pemasangan Spicetify.

Download Tema Spotify Terbaru 2023

Sebelumnya, kamu bisa mengunduh tema yang kamu inginkan untuk diterapkan di Spotify melalui beberapa marketplace Spicetify berikut ini. Pilih tema yang kamu inginkan!

Kalau kamu bingung dimana letak link download-nya, cukup klik di bagian Code, lalu klik Download ZIP. Tunggu hingga proses unduhannya selesai.

Cara Setting Spicetify di Spotify

Spotify Dribbblish Theme 840x473
Sumber foto: Spicetify - Cara Setting Spicetify

Sebelum mengubah tema, kamu harus menyetting Spicetify di Spotifymu dengan beberapa langkah. Ikuti instruksi install Spicetify dan jangan sampai ada yang terlewat agar berhasil.

  1. Download dan install Spotify untuk PC di sini
  2. Download dan install PowerShell di sini
  3. Buka PowerShell
  4. Instal Spicetify melalui PowerShell dengan menginput:

iwr -useb https://raw.githubusercontent.com/spicetify/spicetify-cli/master/install.ps1 | iex

  1. Jika berhasil, ketik tulisan di bawah untuk meng-generate config file

spicetify

  1. Tunggu hingga tidak ada error dan semua berjalan lancar
  2. Jika sudah, buat backup dari config file-mu dengan menginput:

spicetify backup apply

  1. Setting selesai.

Cara Ubah Tema Spotify dengan Spicetify

Spicetify Huc4152bfdc63d9f0cc3c8b46187fd47ff 591933 660x0 Resize Box 3
Sumber foto: Spicetify - Cara Ubah Tema Spicetify

Ketika kamu sudah berhasil men-setting Spicetify melalui cara di atas, kini kamu bisa mengubah tampilan aplikasi musik terbaik* ini.

Jaka merekomendasikan kamu untuk menggunakan tema yang tersedia di Komunitas Spicetify karena banyak yang bagus dan bisa kamu jadikan pilihan. Ikuti caranya persis seperti langkah Jaka di bawah.

  1. Download tema yang kamu inginkan
  2. Buka PowerShell, input tulisan di bawah untuk membuka folder themes dari Spicetify

spicetify config-dir

  1. Pindahkan tema yang sudah kamu unduh ke folder themes
  2. Input teks berikut ke PowerShell dan tekan Enter

spicetify config current_theme (NAMA TEMA) && spicetify config color_scheme (WARNA TEMA) && spicetify apply

  1. Tunggu hingga proses instalasi tema berhasil
  2. Spotifymu punya wajah baru!

Solusi Mengatasi Error Saat Memasang Tema Spotify

Jika kamu belum familiar dengan penggunaan tool sejenis Spicetify, kamu mungkin akan mengalami banyak problem saat melakukan instalasi. Tenang saja, kamu bisa melacak masalah dan solusi error-nya di sini.

1. Terdeteksi Can't detect Spotify "prefs" location. Please manually set "prefs_path" in config

Kamu bisa pergi ke C:\Users\NAMA USER KAMU\ .spicetify lalu buka file config.ini dengan Notepad atau text editor. Ubah bagian prefs_path menjadi C:\Users{your user}\AppData\Roaming\Spotify\prefs

2. Spotify Tidak Bisa Dibuka Setelah Update

Solusinya, jangan pernah lupa untuk menginput komando spicetify backup apply. Hal ini dilakukan sebagai jaga-jaga jika ada error saat proses update

3. Tidak Bisa Memutar Lagu

Hapus file di folder %LOCALAPPDATA%\Spotify lalu buka lagi aplikasi Spotifymu

Akhir Kata

Meskipun langkah instalasi themes Spicetify ini cukup rumit, tapi begitu Spotify-mu punya warna dan tema yang berbeda, rasa pusingmu jadi langsung terbayar!

Kamu bisa memilih tema apapun yang kamu suka! Kalau melihat Spotify punya tampilan beragam gini, kamu pasti akan mengingat Winamp, aplikasi pemutar musik yang populer di awal tahun 2000-an. Vibes-nya mirip!

Jika kamu masih bingung dan ingin mengetahui banyak tentang Spicetify, kamu bisa mengunjungi situs web resminya di sini. Semoga informasi ini membantu!

Baca juga artikel Apps atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal