J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

PENTING! Perhatikan Dulu Spesifikasi Minimal Smartphone Baru Pilihanmu

PENTING! Perhatikan Dulu Spesifikasi Minimal Smartphone Baru Pilihanmu

Kamis, 9 Mar 2017, 13:00 WIB
Dengan begitu kamu harus perhatikan terlebih dahulu spesifikasi minimal smartphone baru yang ingin kamu beli, semakin banyak pilihan untuk kamu..

Punya rencana beli smartphone baru di tahun 2017? Meski masih terbilang awal tahun, beragam smartphone sudah diperkenalkan. Vendor-vendor besar juga terlihat sibuk mempersiapkan smartphone terbarunya.

Meski beberapa smartphone tersebut belum resmi masuk ke Indonesia, di antaranya ada yang sudah mulai dipasarkan di Indonesia. Bahkan, tak sedikit yang sudah mulai dilirik oleh pengguna Tanah Air. Dengan begitu kamu harus perhatikan terlebih dahulu spesifikasi minimal smartphone baru yang ingin kamu beli, semakin banyak pilihan untuk kamu yang ingin ganti smartphone awal tahun ini.

BACA JUGA
  • 10 Smartphone Android Terbaru Februari 2017
  • 6 Smartphone Android Terbaru Januari 2017
  • 10 Smartphone Android Terbaru Desember 2016

Perhatikan Spesifikasi Minimal Smartphone Baru Terlebih Dahulu

Bicara soal smartphone, merk-merk asal Negeri Tirai Bambu tampaknya masih menjadi primadona masyarakat Indonesia. Tapi, untuk kamu yang ingin upgrade smartphone atau sekedar ingin ganti dengan yang baru, mungkin masih banyak yang bingung kan?

Seperti apa sih spesifikasi minimal smartphone yang layak dibeli di tahun ini? Daripada bingung terus, yuk, cari tahu spesifikasi minimal smartphone di tahun 2017!

1. Ukuran dan Resolusi Layar

F29b8ae6df3394ffe30c2694cac893cc

Sumber foto: Foto: ourshorelinecommunity.org

Beberapa tahun belakangan, standar ukuran layar smartphone memang terlihat semakin membesar, khususnya kalau dibandingkan dengan saat awal smartphone diperkenalkan ke pasaran. Ukuran layar 5 inci telah menjadi standar baru. Berkirim pesan, aktif di media sosial, browsing, menikmati konten multimedia, hingga bermain game juga lebih terasa pas di layar berukuran 5 inci. Selain itu layar 5 inci juga masih terasa pas dalam genggaman.

Tak hanya ukuran layar saja, resolusi layar smartphone tahun 2017 juga semakin besar. Setidaknya, resolusi HD atau 1.280 x 720 piksel adalah resolusi standar untuk spesifikasi minimal smartphone yang layak dipilih saat ini.

2. Prosesor

6a7de893a60c2e92ceea10a38d10cb03

Sumber foto: Foto: reviewzat.com

Apa pun merk prosesor yang dipilih, entah itu prosesor besutan Qualcomm dengan Snapdragon*-nya ataupun prosesor besutan **Mediatek, prosesor quad core adalah standar prosesor minimal untuk smartphone tahun 2017. Prosesor empat inti tidak hanya memberikan performa yang lebih prima. Efisiensi daya juga menjadi keunggulan lain dari prosesor berinti banyak.

Selain itu, spesifikasi minimal smartphone dengan prosesor quad core ini juga mampu memenuhi kebutuhan pengguna, mulai dari berkomunikasi hingga bermain game.

10 Smartphone Android Terbaru Maret 2017
10 Smartphone Android Terbaru Maret 2017
Kamu sedang mencari smartphone Android terbaik 2017, kamu telah datang di tempat yang tepat. JalanTikus selalu mempersembahkan smartphone Android baru terbaik setiap bulannya.
LIHAT ARTIKEL

3. Kapasitas RAM

86821b0490a51bb1da4e9b2fa6ac1786

Sumber foto: Foto: androidguys.com

RAM adalah komponen pendamping prosesor yang sangat penting dan memiliki andil besar dalam urusan performa smartphone. Banyak atau tidaknya lag juga tergantung dari kapasitas RAM yang dimiliki. Semakin besar kapasitas RAM yang ada, semakin banyak pula aplikasi yang bisa dijalankan dalam satu waktu atau yang biasa disebut dengan multitasking.

Untuk smartphone Android, setidaknya butuh RAM 2 GB untuk memperoleh user experience yang layak dan minim lag. Tentu saja, kapasitas tersebut berlaku untuk stock Android yang belum mendapat banyak modifikasi. Untuk smartphone Android yang hadir dengan modifikasi ROM yang cukup besar seperti MiUI misalnya, setidaknya butuh RAM 3 GB demi memperoleh user experience yang layak dan lancar.

4. Memori Internal

87f6d519490bbff0e952919d6fc6b3da

Sumber foto: Foto: thedroidguy.com

Kini, pengguna tidak hanya memakai smartphone untuk berkomunikasi saja. Selain berkirim pesan dan melakukan panggilan suara, smartphone juga kerap digunakan untuk menyimpan file-file multimedia yang notabene memiliki ukuran yang cukup besar. Meski sudah ada layanan streaming musik dan video, beberapa pengguna masih menggunakan memori internal untuk menyimpan konten multimedia favoritnya.

Dengan pertimbangan tersebut, tentunya dibutuhkan kapasitas memori internal yang cukup besar. Setidaknya, pengguna membutuhkan memori internal sebesar 16 GB. Itu pun kapasitas yang tersedia paling hanya tinggal 10 GB saja.

Spesifikasi minimal smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar juga memungkinkan pengguna untuk menginstal lebih banyak aplikasi dan game. Bahkan meski saat ini pengguna bisa menginstal aplikasi di memori eksternal, aplikasi yang diinstal di dalam memori internal mampu memberikan performa yang lebih optimal.

5. Sensor Sidik Jari

Dd25ae967fb80dfb37f8a41968e18991

Sumber foto: Foto: phonearena.com

Di Indonesia, sensor sidik jari memang lebih kerap digunakan sebagai otentikasi pembuka lock screen dan untuk mengamankan aplikasi hingga file-file penting. Akan tetapi, sensor ini sebenarnya juga bermanfaat untuk mengamankan transaksi yang dilakukan melalui perangkat smartphone.

Tren penggunaan sensor fingerprint pada smartphone ini juga semakin terlihat dengan semakin banyaknya vendor yang turut menyematkan sensor tersebut di lini smartphone menengahnya.

Nah, itulah hal-hal yang perlu diperhatikan jika berencana untuk membeli smartphone di tahun 2017. Kalau kamu menginginkan agar masa pakai smartphone tersebut lebih panjang, sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum membeli agar tidak menyesal.

ARTIKEL TERKAIT
C933e3afb1215ea6b65b2a06d16218b5

5 Konsol Game Berbasis Android, Gamer Wajib Tahu!

8 Smartphone Canggih Yang Menetas Di Mwc 2017

8 Smartphone Canggih yang MENETAS di MWC 2017

Banner Thecountrycaller 1080tigratis

Buruan Ikutan! NVIDIA Indonesia Bagikan GTX 1080TI Sebanyak 108 Unit!

Banner Theverge Rapuhswitch

Waspada! Pemilik Nintendo Switch, Bagian Ini Jangan Sampai Jatuh

Banner Wccftech Windowrestart

Inovasi Windows 10 Terbaru, Selamat Tinggal Restart Update!

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Jangan Beli Smartphone dengan 5 Spesifikasi HARAM Ini!

Jangan Beli Smartphone dengan 5 Spesifikasi HARAM Ini!

6 Tipe Pengguna Smartphone yang Ada di Indonesia, Nomor 3 Ganggu Banget

6 Tipe Pengguna Smartphone yang Ada di Indonesia, Nomor 3 Ganggu Banget

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal