J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Sleep Mode Vs Hibernate Mode, Efektif yang Mana?

Sleep Mode Vs Hibernate Mode, Efektif yang Mana?

Rabu, 24 Jun 2015, 09:04 WIB
Biasanya orang akan memilih antara Sleep Mode atau Hibernate Mode supaya ketika ingin digunakan lagi tidak perlu menunggu proses booting.

Untuk kamu pengguna Laptop biasanya sering menggunakan fitur ini ketika sedang tidak ingin menggunakan laptop tetapi tidak ingin shut down laptop kamu. Biasanya akan memilih antara Sleep Mode atau Hibernate Mode supaya ketika ingin digunakan lagi tidak perlu menunggu proses booting. Biasanya ketika laptop ditutup maka otomatis masuk ke Sleep Mode yang berguna untuk menghemat baterai dan secara instan langsung bisa digunakan ketika dibuka kembali. Tetapi apa yang menjadi perbedaan dengan Hibernate Mode? Temukan jawabannya di sini:

Sleep Mode Vs Hibernate Mode

Sleep Mode

Sleep Mode Vs Hibernate Mode 2
Ketika menggunakan Sleep Mode, PC atau laptop akan masuk ke mode penghematan energi. Mengapa bisa menghemat energi? Karena semua power selain RAM akan dihentikan sampai digunakan kembali seperti layar, Hard Drive, dan apapun yang terhubung pada ports seperti Card Reader, Flash Disk, hingga HDD external.

RAM akan tetap mendapatkan power karena masih digunakan untuk penyimpanan dokumen, pengaturan, data, dan lainnya yang tersimpan sementara di RAM. Walaupun begitu, tetap sebaiknya selalu simpan semua pekerjaan kamu sebelum masuk ke Sleep Mode untuk menghindari kehilangan data.

Hibernate Mode

Sleep Mode Vs Hibernate Mode 1
Hibernate Mode merupakan salah satu fitur yang bisa kamu temukan OS Windows dan Linux. Cara kerjanya mirip dengan Sleep Mode, tetapi yang membedakan adalah jika pada Sleep Mode, power ke RAM akan tetap ada. Pada Hibernate Mode, semua power termasuk ke RAM akan dihentikan.

Semua data tidak akan tersimpan di RAM tetapi akan disimpan di Hard Drive, hal ini akan meminimalisir resiko kehilangan data karena power failure. Hibernate Mode sama efektifnya seperti mematikan PC atau laptop kamu.

Untuk keluar dari Hibernate Mode, cukup tekan tombol Power. Data dari Hard Drive akan kembali ke RAM untuk ditampilkan. Perbedaannya dengan Sleep Mode akan terasa ketika proses start up yang cukup lama ketika Hibernate Mode dibanding Sleep Mode.

Kesimpulan

Untuk mengetahui lebih efektif yang mana tetap bergantung pada aktifitas yang sedang kamu jalani. Sleep Mode akan lebih cepat dalam start up tetapi Hibernate Mode akan lebih aman ketika terjadi power failure.

Jadi yang mana pilihan kamu?

Wise Auto Shutdown Icon
Wise Auto Shutdown 1.44
Apps Desktop Enhancement WiseCleaner
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Boot Samsung Galaxy S3 ke Recovery Mode

Cara Boot Samsung Galaxy S3 ke Recovery Mode

5 Fungsi Lain Airplane Mode yang Wajib Kamu Ketahui

5 Fungsi Lain Airplane Mode yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Masuk ke Windows 10 Safe Mode

Cara Masuk ke Windows 10 Safe Mode

Cara Masuk GOD Mode Pada Windows 10

Cara Masuk GOD Mode Pada Windows 10

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal