J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Sisi Gelap Industri Video Game yang Banyak Orang Gak Tau, Bisa Bikin Trauma!

5 Sisi Gelap Industri Video Game yang Banyak Orang Gak Tau, Bisa Bikin Trauma!

Minggu, 20 Okt 2019, 14:00 WIB
Meskipun game membawa kebahagiaan bagi banyak orang, nyatanya nggak begitu untuk para pekerja di industri game.

Video game merupakan industri yang paling cepat berkembang di era teknologi ini. Kepopuleran game, bahkan menyaingi acara televisi dan pertandingan olahraga, lho.

Kamu bisa lihat sendiri seberapa besar antusiasme para gamer di dunia melalui kompetisi-kompetisi e-Sports yang memiliki hadiah fantastis.

Teknologi game yang terus berkembang membuat para gamer di seluruh dunia nggak sabar dalam menunggu perilisan game ataupun konsol game terbaru.

Sisi Gelap Industri Video Game

Game memang mampu membawa kebahagiaan bagi kita sebagai gamer. Namun, kebahagian tersebut nyatanya nggak dirasakan oleh beberapa orang yang bekerja dalam industri game.

Meskipun memiliki gaji yang cukup besar, banyak orang yang nggak mampu bertahan untuk bekerja di sebuah perusahaan game, terutama perusahaan yang memiliki nama besar.

Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas mengenai 5 sisi gelap industri video game yang dirasakan oleh para pegiat industri satu ini. Check it out!

1. Memecat Karyawan Seenak Jidat

1 Custom 033cf

Sebelumnya, Jaka sudah pernah membahas mengenai perusahaan game raksasa yang bangkrut. Karena bangkrut, otomatis semua karyawannya juga dipecat, dong.

Nah, hal inilah yang menjadi momok bagi para pekerja industri game. Mereka bisa dipecat kapan saja sehingga mereka nggak memiliki rasa aman ketika bekerja.

Pengembangan game yang sulit dan membutuhkan dana besar terkadang menjadi pemicu kebangkrutan sebuah perusahaan game, terutama perusahaan yang masih berkembang.

Terkadang juga, sebuah perusahaan game bakal memecat karyawan studio game miliknya apabila game yang didesain studio tersebut nggak bisa mencapai target penjualan.

Hal ini sudah banyak terjadi, lho. Salah satunya EA yang memecat sekitar 350 karyawannya. Wajar kalau EA dianggap sebagai perusahaan game paling dibenci.

2. Jam Kerja yang Nggak Manusiawi

2 Custom 8ed8d

Selain bisa dipecat kapan saja, para pekerja industri game juga memiliki jam kerja yang gila banget, geng. karyawan bisa nggak pulang berbulan-bulan ketika menyelesaikan sebuah proyek.

Menjelang masa perilisan game, para karyawan diharuskan untuk bekerja lembur, bahkan sampai menginap. Hal ini bertujuan agar game bisa rilis tepat waktu.

Begitu pun kalau ada maintenance, gak sedikit karyawan yang harus selalu stand-by sampai maintenance game selesai dan memastikan tidak ada masalah apa pun yang tertinggal.

Banyak karyawan yang menolak untuk lembur. Sebenarnya sah saja karena hal itu adalah hak mereka. Namun, karyawan yang menolak lembur bisa-bisa dipecat dalam waktu singkat.

3. Karyawan Dianggap Sebagai Mesin

3 Custom 0033a

Pekerjaan yang baik bukan cuma dinilai dari gaji yang besar, namun juga dari bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya.

Sebelumnya, Jaka sudah pernah membahas mengenai mengapa bekerja di perusahaan teknologi nggak seenak yang kamu pikirkan. Nah, kasus ini lumayan mirip, geng.

Dalam perusahaan game, karyawan nggak dianggap sebagai manusia, melainkan sebagai komponen mesin yang harus terus bekerja memenuhi target.

Padahal, mesin saja butuh istirahat dan perawatan agar bekerja dengan baik. Perusahaan game malah langsung mencari pengganti dari karyawannya yang nggak mampu bekerja lagi.

4. Lembur Nggak Dibayar

4 Custom E3baf

Perusahaan game memiliki sebuah istilah, yaitu Crunch, memiliki arti bekerja lembur yang nggak manusiawi. Alasannya simpel, karena menyelesaikan game tepat waktu merupakan kewajiban developer.

95% dari developer game mengaku bahwa mereka sering banget melakukan crunch, bahkan 80% dari mereka mengaku nggak mendapat uang lembur.

Banyak banget perusahaan yang melakukan hal ini, geng. Mulai dari EA, Activision, Bioware, dan masih banyak lagi. Kejam banget, yah?

Padahal, bekerja non stop nggak hanya berbahaya buat fisik saja, tapi juga mental. Banyak karyawan yang menderita PTSD, penyakit traumatis yang diderita veteran perang.

5. Diskriminasi Gender / Seksisme

5 Custom D07a7

Saat ini, video game sudah banyak dimainkan oleh pria maupun wanita. Namun, proporsi gender masih nggak seimbang ketika berbicara soal karyawan perusahaan game.

Menurut statistik, 74% karyawan di perusahaan game adalah pria, geng. Hal ini membuat kultur kerja di perusahaan game menjadi laki-laki banget.

Kamu tahu, lah, bagaimana ketika seorang laki-laki bercanda dan berbicara dengan teman laki-lakinya. Mulai dari omongan kasar alias toxic hingga yang merendahkan.

Sayangnya, banyak karyawan perempuan juga merasakan "bro culture" di tempat kerja. Mulai dari lelucon jorok khas pria, sampai pelecehan seksual marak terjadi di perusahaan game.

Katanya, sih, seorang karyawan perempuan bakal sulit banget menapaki karir cemerlang di industri video game yang dianggap sebagai dunia laki-laki tersebut.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai sisi gelap industri video game. Ternyata, bekerja di perusahaan game sangat kejam dan nggak semenyenangkan itu.

Tapi, gak semua perusahaan game seburuk itu kok, geng. Nyatanya, masih banyak juga perusahaan game yang sangat memerhatikan kesehatan fisik dan mental para pekerjanya.

Sampai jumpa di artikel Jaka lainnya!

Baca juga artikel seputar Industri Game atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
253c4396af7f432b056d9e7d1695e466

5 Hal yang Seharusnya 'Dimusnahkan' Dalam Industri Game Jaman Now

906c212dabbdc68946882268693e7f2e

5 Pekerjaan di Industri Game yang Wajib Ditekuni Para Gamers

Game Industry 7c37d

6 Skandal Paling Menghebohkan Dari Industri Game

9614858 832x447 521c7

Ga Cuma Gamers! Ini 3 Karier di Industri Game yang Cocok Untuk Milenial

88abf304c228684c4b0f55f5f13757d2

Gak Cuma Pria! Ini 7 Wanita Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Industri Game

Rekor Paling Aneh Dalam Dunia Game 11

10 Rekor Paling Aneh Dalam Industri Game

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal