J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Setelan DPI Mouse Gaming Terbaik untuk Main Game, DPI Tinggi Belum Tentu yang Terbaik

              Setelan DPI Mouse Gaming Terbaik untuk Main Game, DPI Tinggi Belum Tentu yang Terbaik

              00
              Selasa, 13 Agt 2019, 12:00 WIB
              Sampai sekarang, masih banyak orang yang berpikiran bahwa mouse gaming dengan DPI tinggi adalah yang terbaik. Masa, sih?

              Mouse merupakan sebuah hardware yang berguna untuk menggerakkan kursor di layar komputer kamu. Mouse sendiri ikut berevolusi mengikuti perkembangan zaman.

              Kalau kamu ingat, mouse zaman dahulu masih menggunakan bola karet yang berfungsi sebagai penggerak. Namun, saat ini mouse sudah berbasis laser dan optical sebagai dasar pergerakannya.

              Mouse optical dan mouse laser memiliki kecanggihan yang nggak dimiliki mouse generasi sebelumnya, salah satunya adalah kemampuan mengatur DPI.

              Mekanisme Kerja Mouse Optical & Laser

              2 F7380

              Sebelum Jaka menjelaskan mengenai apa itu DPI, ada baiknya kamu mengerti terlebih dahulu tentang mekanisme kerja mouse optical & laser, geng.

              Mouse optical mengandalkan gerakan cahaya yang biasanya berwarna merah. Cahaya tersebut kemudian memberi sinyal pada kamera kecil yang berada dalam mouse.

              Kamera tersebut akan merekam gerakan cahaya tersebut sebanyak ratusan titik per detik selama kamu menggerakan mouse. Sinyal dari mouse itu kemudian akan diubah menjadi gerakan kursor pada komputer.

              Hampir sama dengan mouse optical, sistem kerja mouse laser juga mengandalkan pemetaan kamera pada cahaya.

              Bedanya, mouse laser menggunakan cahaya infrared yang sering kali tidak terlihat oleh mata telanjang.

              Apa itu DPI?

              1 Jpg 0d6a6

              Mekanisme kerja mouse optical & laser yang menggunakan kamera untuk memetakan titik cahaya pada bidang datar memunculkan istilah DPI, geng.

              DPI atau Dots per Inch merupakan satuan yang dipakai untuk mengukur sensitifitas sebuah mouse.

              Semakin tinggi DPI yang digunakan, maka kursor akan bergerak lebih jauh meskipun kamu hanya sedikit menggerakkan mouse.

              Misalkan, mouse kamu memiliki 1600 DPI. Ketika kamu menggerakan mouse kamu 1 inci (2,54 cm), maka kursor kamu akan berpindah sebanyak 1600 piksel.

              Semakin tinggi DPI yang kamu gunakan, maka semakin sedikit gerakan pada mouse yang diperlukan untuk menggerakkan kursor. Namun, DPI tinggi bukanlah jaminan kalau mouse akan bekerja lebih baik.

              DPI yang terlalu tinggi bisa saja malah bikin mouse kamu nggak merespon sama sekali atau jadi terlalu kencang. Kalau seperti ini, sih, malah menyusahkan, geng.

              Salah satu perbedaan mouse biasa dan mouse gaming adalah adanya tombol switch untuk mengatur DPI pada mouse gaming. Kamu bisa menyesuaikan DPI dengan kebutuhanmu saat itu.

              Oh iya, Terkadang banyak juga yang masih tertukar antara DPI dan Sensitivity. Meskipun mirip, namun keduanya adalah istilah yang berbeda, geng.

              DPI dapat diatur melalui hardware atau mouse yang kamu gunakan dengan memencet switch DPI pada mouse gaming kamu. Sedangkan, sensitivity dapat diatur melalui software.

              Memilih Setelan DPI Terbaik untuk Bermain Game

              3 Jpg 6eb2e

              Saat ini, banyak sekali produsen mouse yang menjual produknya dengan iming-iming DPI besar.

              Hal ini membuat orang berpikir bahwa mouse gaming dengan tingkat DPI tinggi akan membuat skill main game makin jago.

              Padahal, DPI besar tanpa konteks itu nggak ada gunanya, lho, geng. Memang, sih, mouse yang sensitif akan membuat gerakan kita lincah ketika bermain game yang membutuhkan ketangkasan dan kecepatan.

              Namun, ketika kamu memainkan game yang membutuhkan akurasi menembak, DPI tinggi akan membuat kamu sulit untuk membidik musuh.

              Ketika kamu menggunakan senjata seperti sniper, kamu harus berhati-hati dalam menggerakkan mouse-mu. Mouse tergeser sedikit saja, kamu nggak akan bisa membidik musuhmu dengan akurat.

              Mouse dengan DPI tinggi juga sangat menyulitkan bagi kamu yang bekerja sebagai desainer grafis atau ilustrator. Pekerjaan tersebut membutuhkan ketelitian serta presisi.

              Bisa dibilang, setelan DPI tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar. Semua tergantung dari selera dan preferensi. Biasanya, sih, setelan DPI terbaik pilihan gamer adalah 400 DPI, 800 DPI, dan 1600 DPI.

              Mouse biasa yang murah saat ini saja sudah menggunakan 1600 DPI, geng. Oleh karena itu, tingkat DPI tinggi belum bisa jadi jaminan kamu makin jago.

              Pro player yang bermain game FPS saja cuma menggunakan 400 DPI - 800 DPI. Alasannya, karena mereka lebih membutuhkan akurasi dibandingkan dengan kecepatan.

              Selain itu, DPI tinggi juga akan berfungsi secara optimal apabila kamu menggunakan VGA card dan monitor yang terbaik, geng.

              Oh iya, sekarang ini juga sudah banyak, lho, mouse gaming murah kisaran Rp100 ribuan atau kisaran Rp200 ribuan. Sesuaikan dengan kebutuhanmu ya, geng.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai setelan DPI mouse gaming terbaik untuk bermain game secara optimal. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu ya, geng.

              Sampai jumpa di artikel Jaka lainnya!

              Baca juga artikel seputar Mouse Gaming atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal