J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kenapa Biaya Servis HP Mahal? Ini 6 Alasan Sebenarnya!

Kenapa Biaya Servis HP Mahal? Ini 6 Alasan Sebenarnya!

Sabtu, 11 Apr 2020, 14:00 WIB
Kamu ngerasa enggak sih kalau biaya servis HP itu mahal banget? Jaka punya alasan-alasannya, bakal bikin kamu tercengang!

Smartphone yang rusak merupakan bencana yang bisa terjadi pada siapapun. Kalau smartphone masih punya garansi, kamu masih bisa bernapas lega.

Bagaimana dengan smartphone yang sudah habis masa garansinya? Dijamin, kantongmu bakalan jebol karena biaya servis yang selangit.

Kenapa bisa mahal seperti itu? Apakah hanya akal-akalan produsen untuk meraup keuntungan lebih besar? Simak ulasan Jaka selengkapnya di bawah ini!

Mengapa Biaya Servis HP Mahal?

Salah satu elemen utama mengapa biaya servis HP mahal adalah karena tingginya harga spare part, terutama layar. Sebagai contoh, harga dari layar Galaxy Note 10+ adalah 33% dari harga jualnya, sedangkan harga dari layar iPhone Xs Max mencapai 51% dari harga jualnya.

Komponen-komponen yang lain pun bisa cukup mahal, walau kamu bisa membeli sparepart KW dengan mengorbankan kualitas. Kenapa bisa biaya servis HP ini mahal banget?

1. Spare Part yang Susah Dicari

Servis Hp Mahal 1 Ebcf7
Sumber foto: Clipset

Sebagian merek smartphone seperti Samsung dan Google tidak menjual spare part mereka ke pengguna secara langsung. Mereka hanya menjualnya ke tempat servis berlisensi yang sudah menjalin kerjasama. Walaupun begitu, Samsung dan Google masih kalah ketat dengan Apple.

Akibatnya, jumlah spare part pun menjadi langka dan harganya bisa naik. Kalaupun kamu menemukan spare part KW, kualitasnya akan jauh di bawah spare part asli. Namun, beberapa produsen seperti LG, menjual spare part mereka secara terbuka dan membiarkan pengguna memperbaiki smartphone mereka sendiri.

2. Harga Layar yang Selangit

Servis Hp Mahal 2 6e653
Sumber foto: Business Insider

Seperti yang sudah Jaka singgung di atas, layar smartphone adalah salah satu bagian termahal di antara semua komponen. Hal ini bisa terjadi karena layar memiliki ketahanan kuat dan anti gores yang baik. Layar juga harus transparan, sehingga materialnya cenderung rapuh.

Apalagi smartphone sekarang banyak yang menggunakan layar OLED. Layar jenis ini terdiri dari lapisan ultra-tipis yang sangat rumit untuk diperbaiki.

Selain itu, dibutuhkan keahlian khusus dan waktu yang lama untuk melepas layar yang rusak dari smartphone. Hal tersebut membuat biaya perbaikannya menjadi lebih tinggi.

Oleh karena itu meski memiliki teknologi yang katanya kuat, konsumen masih membeli screen guard atau case agar layar mereka tidak rusak atau pecah.

3. Smartphone yang Rumit

Servis Hp Mahal 3 12fd9
Sumber foto: TheTechy

Jangan dianggap kalau membuka HP itu mudah. Prosesnya sangat ribet karena teknisi tidak boleh membuat kerusakan barang sedikit pun. Beberapa HP bahkan memiliki sistem casing yang sangat kuat sehingga membuat teknisinya kesulitan.

Ketika sudah berhasil membuka, teknisi akan menemukan komponen-komponen yang sangat susah untuk dibedah. Mereka harus ekstra berhati-hati agar tidak merusak komponen yang lain.

Apalagi, smartphone memiliki banyak kabel dan konektor yang saling melilit dan pastinya membingungkan teknisi. Tak heran jika servis HP membuat kita mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Alasan-Alasan Lainnya . . .

4. Dolar AS yang Melambung

Servis Hp Mahal 4 Bfe82
Sumber foto: Livemint

Dengan nilai tukar Rupiah yang terus melemah di hadapan Dolar AS, harga spare part pun menjadi salah satu yang ikut melambung jauh.

Kenaikan harga spare part pun mau tidak mau meningkatkan biaya servis HP, terutama teknisi yang tidak secara resmi berada di bawah naungan produsen HP.

Akibatnya tidak tanggung-tanggung, jumlah konsumen yang memperbaik HP-nya pun menurun cukup drastis dan menurunkan omset toko servis secara keseluruhan.

5. Antrean yang Panjang

Servis Hp Mahal 5 3b10d
Sumber foto: Activation Ideas

Kalau kamu melakukan servis ke tempat resminya, biasanya akan menunggu untuk jangka waktu yang cukup lama. Biasanya ketika melakukan klaim garansi, produk kita akan dikirimkan ke pusatnya jika kerusakan yang dialami cukup parah.

Jika sudah seperti itu, maka produk kita akan mengantri dengan produk-produk lain dari seluruh penjuru. Tak heran terkadang servis HP membutuhkan waktu berbulan-bulan dan menambah biaya.

6. Alat Servis yang Mahal

Servis Hp Mahal 6 Dcb72
Sumber foto: YouTube

Enggak cuma harga spare part yang selangit, harga alat-alat untuk melakukan servis juga tergolong mahal. Dari seorang curhatan tukang servis HP di Facebook, satu set alat servis HP bisa mencapai angka jutaan. Alat-alatnya antara lain Box Flasher, kabel data, solder, hingga software tertentu.

Logikanya, servis resmi dari produsen akan menggunakan alat yang jauh lebih mahal sesuai dengan prosedur yang diberlakukan. Kita belum menghitung mengenai tenaga teknisinya, risiko kerja yang dimiliki, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa alasan mengapa servis smartphone bisa mahal dan membutuhkan waktu yang lama. Jadi, bukan karena semata-mata permainan dari produsen, ya!

Sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal seperti:

  • Ongkos dan waktu perbaikan
  • Data yang harus diamankan
  • Masa pakai smartphone

Kalau misalnya HP-mu sudah cukup uzur dan biaya servisnya enggak beda jauh sama beli HP baru, mending uangnya kamu pakai untuk beli HP baru!

Baca juga artikel seputar Handphone atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Prima Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Jadi Ae78f

Daftar Lengkap Service Center realme Indonesia Terbaru 2020

Service Center Acer D1bc7

Daftar Service Center Acer Resmi di Indonesia Terlengkap 2020

Service Center Samsung 1d76b

Daftar Service Center Samsung di Indonesia, Terlengkap!

Service Center Vivo Deb3e

Daftar Lengkap Service Center vivo Resmi di Indonesia

Untitled 1 674e9

Apa Itu NFC? Ini Penjelasan, Fungsi, dan Cara Pakainya di HP

Urutan Snapdragon Terbaru Banner 26352

Daftar Urutan Prosesor Snapdragon Terbaru 2020 & Smartphonenya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

5 Alasan HP Kelas Menengah Lebih Worth It di 2020 daripada HP Flagship

5 Alasan HP Kelas Menengah Lebih Worth It di 2020 daripada HP Flagship

7 HP Paling Penting dan Ikonik Sepanjang Dekade Ini, Bersejarah!

7 HP Paling Penting dan Ikonik Sepanjang Dekade Ini, Bersejarah!

7 HP Kentang yang Masih Layak Dibeli dan Dipakai di 2020, Beli Sekarang!

7 HP Kentang yang Masih Layak Dibeli dan Dipakai di 2020, Beli Sekarang!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal