Robot Perseverance NASA Sukses Mendarat di Mars | Manusia Siap Datangi Mars?

Default

Setelah tujuh menit yang menegangkan, robot Perseverance NASA sukses mendarat di Mars pada Kamis (18/02/2021) sore waktu AS kemarin atau Jumat dini hari Waktu Indonesia Barat (WIB).

Ini adalah salah satu misi luar angkasa paling ambisius dari badan antariksa tersebut untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno di planet merah.

"Hari yang luar biasa. Sungguh tim yang luar biasa, bekerja mengatasi semua kesulitan dan tantangan dengan mendaratkan sebuah penjelajah di Mars, ditambah tantangan COVID ... sungguh pencapaian yang luar biasa," kata Steve Jurczyk, penjabat administrator NASA, tak lama setelah pendaratan dikonfirmasi seperti yang dikutip dari ABC News.

Beberapa menit setelah mendarat, robot penjelajah yang dijuluki "Percy" itu, mengirim gambar pertama kembali ke Bumi.

Perseverance NASA Edf1a
Sumber foto: Twitter.com/NasaPersevere

Perjalanan penjelajah (rover) juga akan membantu membuka jalan bagi eksplorasi manusia pada Mars di masa depan.

Perseverance diluncurkan di lepas pantai Florida Juli tahun lalu. Setelah tujuh bulan melakukan perjalanan melalui antariksa, Robot Perseverance berhasil mendarat di Kawah Jezero Mars pada pukul 15.55 waktu AS hari Kamis atau pukul 03.55 WIB pada hari Jumat.

Perseverance disebut mendarat di 'medan Mars paling menantang yang pernah ditargetkan untuk pendaratan' oleh NASA.

Pendaratan pada hari Kamis tersebut adalah bukti kesuksesan dari pekerjaan yang dilakukan lebih dari satu dekade.

Namun, tetap tidak ada jaminan itu akan berjalan lancar, hanya sekitar 50 persen dari semua pendaratan Mars sebelumnya yang berhasil.

"Mars itu sulit dan kami tidak pernah menerima kesuksesan begitu saja," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains di NASA, dalam konferensi pers.

Pendaratan Perseverance NASA 3b121

"Entah itu di planet merah atau di sini, di rumah, di atas marmer biru kita, sains dapat menyatukan kita dan menciptakan solusi untuk tantangan yang pada awalnya tampak mustahil," ujar Zurbuchen.

Zurbuchen menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa Perseverance berfokus secara ilmiah untuk mencari tahu apakah ada kehidupan di Mars di masa lalu.

"Untuk menjawab pertanyaan ini, tim pendaratan akan bekerja penuh untuk membawa kami ke Kawah Jezero, medan paling menantang di Mars yang pernah menjadi target pendaratan," tambahnya.

Kawah Jezero adalah situs di mana sungai-sungai kuno mengalir ke danau-danau di Mars. Menurut para ilmuwan, itu merupakan tempat tanda-tanda kehidupan purba bertahan yang mungkin paling baik.

"Tim Perseverance sedang melakukan sentuhan akhir pada koreografi kompleks yang diperlukan untuk mendarat di Kawah Jezero," kata Jennifer Trosper, wakil manajer proyek untuk misi di Laboratorium Propulsi Jet NASA

"Tidak ada jaminan kesuksesan pendaratan di Mars, tapi kami telah mempersiapkan satu dekade untuk mendaratkan roda penjelajah ini di permukaan Mars dan mulai bekerja," tambahnya.

Rover ini juga dilengkapi dengan teknologi baru yang memungkinkannya menargetkan lokasi pendaratannya secara lebih akurat dan menghindari bahaya secara mandiri.

Tujuan Misi Perseverance

ROBOT Perseverance Sukses Mendarat Di Mars C44a4
Sumber foto: NASA

Perseverance, dinamai sesuai dengan esai siswa kelas tujuh yang memenangkan kontes esai NASA, adalah penjelajah kelima yang dikirim NASA ke planet merah dan yang paling canggih.

Rover roda enam itu seukuran mobil dan durasi misinya ditetapkan setidaknya untuk satu tahun Mars atau 687 hari Bumi.

Astrobiologi adalah inti dari tujuan misi Perseverance dan bertugas mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba di Mars.

Perseverance juga akan mengumpulkan sampel batuan dan sedimen yang dipilih dengan cermat dengan tujuan akhirnya mengembalikannya ke Bumi.

Selain itu, para penjelajah akan mengumpulkan data tentang geologi dan iklim planet, yang pada akhirnya akan membuka jalan bagi eksplorasi manusia.

Ada juga eksperimen yang disebut MOXIE yang akan melihat apakah mungkin menghasilkan oksigen di atmosfer Mars.

Perseverance juga memiliki helikopter yang dijuluki "Ingenuity", yang diharapkan menjadi pesawat pertama untuk mencoba penerbangan bertenaga dan dikendalikan dari planet lain.

Cara Menonton Pendaratan Perseverance

Pendaratan Rover Perseverance Di Mars D0b48
Sumber foto: NASA

Pendaratan penjelajah Mars disiarkan langsung di situs badan antariksa NASA dan saluran YouTube mulai pukul 14.15 waktu AS atau jam 02.15 WIB.

Diperlukan waktu lebih dari 11 menit untuk sinyal diterima dari Mars ke Bumi, jadi acara juga mengalami penundaan selama itu.

Bagian dari misi yang paling berisiko, ketika penjelajah mulai memasuki Mars (dijuluki "tujuh menit teror," menurut para insinyur NASA), dimulai sekitar pukul 03.38 WIB.

Komunikasi ruang angkasa dapat tertunda ketika pengontrol misi di Bumi mengontrol bagian alat pendaratan Perseverance.

Namun, rover juga memiliki kemampuan untuk mendarat dengan aman tanpa komunikasi ke Bumi menggunakan instruksi pendaratan otonom yang telah diprogram sebelumnya.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal