J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Review Game: Sword Art Online Fatal Bullet

Review Game: Sword Art Online Fatal Bullet

Jumat, 16 Mar 2018, 13:30 WIB
Jauh lebih bagus dari game pendahulunya, fans SAO wajib main game ini! Ada banyak hal yang bisa membuat kamu terhibur memainkan game ini selama berjam-jam, apalagi jika kamu juga termasuk gun-buff yang khatam soal sejarah Sword Art Online

Tahu anime berjudul Sword Art Online? Anime ini menceritakan mengenai seorang MMORPG gamer yang terjebak dalam sebuah game VR, dan ternyata di dalam game itu, apabila pemainnya mati, maka ia juga akan mati di dunia nyata. Ya, anime ini sempat menjadi super populer di tahun 2016, karena visualnya yang apik, ceritanya yang epik, dan kisah romansa antara protagonisnya, Kirito dan Asuna.

Kalau kamu sudah familiar dengan animenya, maka dunia Aincrad yang disajikan dalam game ini tidak akan asing lagi. Tapi bagi kamu yang belum mengetahui SAO, game Sword Art Online: Fatal Bullet ini sebenarnya tidak berdasarkan animenya secara langsung, lebih tepatnya ia didasari cerita yang ada di seri keduanya, yang berlatar belakang Gun Gale Online (GGO). Kalau Aincrad merupakan MMORPG klasik (pedang dan sihir), maka Gun Gale Online adalah MMORPG dengan senjata moderen (senapan, pistol, dan senjata tajam). Lantas, bagaimanakah Bandai Namco berhasil meng hidupkan dunia GGO dalam game ini? Well, kita bahas saja langsung ya!

BACA JUGA
  • 3 Gadget yang Sebenarnya NGGAK Kamu Perlukan untuk Menghadapi Kuliah
  • 8 Laptop Terbaik di Bawah 5 Juta Untuk Mahasiswa
  • 10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mahasiswa yang Aktif Belajar!

Gameplay Jauh Lebih Baik

Sao Insert 1 F9502

Kalau kalian sudah pernah memainkan game SAO sebelum ini, yaitu Sword Art Online: Hollow Realization, mungkin satu hal yang paling mengganggu adalah bahwa kita hanya bisa membuat 1 profile pemain per akun. Di SAO:FB, kita diberi 4 slot untuk profile pemain, dan ini sangat baik, karena kita bisa membuat berbagai karakter dengan tipe yang berbeda, atau misalnya dimainkan oleh anggota keluarga yang berbeda. Mengenai kontrol/kendali, cukup ribet, sama seperti sebelumnya, penggunaan mouse+keyboard tidak optimal di menu, karena tidak adanya kursor. Oleh karena itu, navigasi menu hanya bisa dilakukan menggunakan keyboard, yang, sekali lagi, cukup menyebalkan.

Tapi, begitu game dimulai, penggunaan keyboard+mouse terasa lebih natural, dan pergerakan bisa dilakukan dengan mulus ala game third-person shooter (WSAD, Shift-roll, dan Spacebar-lompat). Cukup menyenangkan, terutama karena kendali dalam game sebelumnya sangatlah parah dan sangat sulit dikendalikan kalau kita tidak bermain menggunakan controller/gamepad. Bandai Namco tampaknya sudah belajar dari pengalaman (dan protes) para gamer PC SAO sebelumnya. :)

Grafis Ciamik

Sao Insert 3 14aa6

Perbedaan lain adalah grafis. Karena menggunakan Unreal Engine 4, dunia GGO terlihat sangat ciamik! Mulai dari perkotaan, sampai dengan dungeon, dan semua unsur teknologi yang ada (teleporter, loot box dan lain sebagainya) terlihat lebih moderen dan fresh, dibanding engine dalam game sebelumnya. Selain itu, dialog antar karakter tidak lagi menggunakan gambar 2D statik/diam! Sehingga semua karakter bisa lebih ekspresif, dan pembicaraan mereka lebih menarik untuk diikuti. Ini semua adalah peningkatan yang luar biasa, dan patut mendapat acungan jempol.

Bagaimana dengan spesifikasi sistem yang dibutuhkan? Tentu saja karena engine grafisnya lebih baru, dan lebih kompleks, maka keperluan kartu grafis minimalnya naik, dari GeForce GTX 650 2GB, ke GeForce GTX 660 2GB, tapi, CPU minimum yang dibutuhkan justru turun! Dari i5 Haswell (4460) ke i5 Ivy Bridge (3570K)... mengapa demikian? Tampaknya penggunaan engine UE4 lebih membebankan kinerja pada GPU dibanding CPU, sehingga lebih efisien kalau kamu punya kartu grafis yang kencang. Oya, ukuran downloadnya sekitar 15GB dan install 20GB, jadi siapkan space kosong di HDD kamu ya.

Sao Insert 4 93d30

Dalam storyline awal, kita dibimbing oleh karakter teman yang bernama Kureha. Ia sangatlah polos dan baik hati, terkadang ceroboh juga. Selain itu, ada penambahan yang sangat unik, yaitu sistem partner robot/AI yang disebut ArFA-sys, sehingga pemain tidak sendirian dalam hunting dan juga menjelajahi dunia GGO. ArFA-sys juga bisa menciptakan kombinasi yang unik, contohnya kalau karakter kamu cowok, mungkin kamu ingin partner karakter cewek, dan juga sebaliknya. Apakah pemilihan gender ini berpengaruh terhadap jalan cerita nantinya? Siapa tahu! Oh iya, kamu juga akan bertemu dan berinteraksi dengan karakter SAO originalnya dari waktu ke waktu loh! Siapa lagi kalau bukan Kirito dan Asuna.

Kustomisasi Variatif

Sao Insert 5 1bea2

Mengenai sistem persenjataan, skill, character, ada beberapa hal yang mungkin kurang sempurna, tapi cukup oke karena variasinya yang luar biasa beragam. Contohnya, sebuah senjata bisa menggunakan mod chip, sehingga statistiknya berbeda-beda, tapi sayangnya kamu tidak bisa langsung melihat komparasi statistiknya di layar, melainkan harus menekan tombol 0 (nol) untuk membandingkan dengan senjata yang sedang digunakan.

Selain itu, untuk pemula, anehnya tutorial tidak mengajarkan cara untuk meningkatkan status karakter (STR, INT, VIT, dll). Sepertinya dilewatkan begitu saja, sehingga kalau kamu tidak mengulik sendiri cara meningkatkan karakter dan menghabiskan CP (Character Points), bisa jadi karakter kamu tidak berkembang sama sekali di dalam game ini :). Seperti yang tadi sudah dijelaskan juga bahwa senjatanya dan skill yang ada sangat beragam, mulai dari pistol, shotgun, pedang, dan banyak lagi. Kalau kamu seorang gun-buff atau menyukai min-maxing karakter serta mengkombinasikan dan mengumpulkan senjata rare yang berbeda-beda, SAO:FB adalah game yang sesuai.

Sao Insert 2 B9550

Kesimpulannya, kalau kamu seorang penggemar SAO sejati, kamu tidak boleh melewatkan game yang satu ini, karena game ini sudah disempurnakan dari berbagai segi dari game sebelumnya (yang sayangnya, harusnya bisa lebih bagus karena latar belakangnya Aincrad). Bagi pendatang baru ke dunia SAO, mungkin awalnya kamu akan terpicu oleh banyaknya dialog dibanding action yang ada dalam game ini, tapi begitu kamu masuk ke pertengahan game, dijamin kamu akan menyukai serunya dunia ini.

Oya, ada opsi untuk bermain multiplayer, tapi entah kenapa selalu putus di tengah jalan (menggunakan koneksi kabel maupun 4G loh), jadi kalau kamu membeli game ini untuk bermain online, mungkin ada baiknya dipikirkan lagi. Ironis memang, namanya Sword Art Online, tapi game ini lebih bisa diandalkan untuk single-player, yang untungnya cukup menyenangkan dan memiliki cerita yang mantap.

ARTIKEL TERKAIT
2a7191e50a922fc41530b3dca55d99b9

WASPADA! Begini Cara Mengetahui Laptop Telah Di-Hack!

Cheaplaptops Lowres 5965

Cek Laptop Kamu Sekarang! Begini Cara Membedakan Laptop Original Dengan Laptop KW

Ddd3f9c324410bd6be715561481eacf7

9 Fakta Mengejutkan Mengenai Sejarah Video Game

Game Petualangan Android Gratis

10 Game Petualangan Android Gratis Terbaik

Cara Bungkam Alay Facebook

Cara Bungkam Alay di Facebook Tanpa Block dan Unfriend

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
20130212114720_563
Anime Fighter Online 1.0
Games theScore, Inc.
Hutanpakar Icon
Hutan Pakar Adventure 1.0.9
Games
Marble Legenda Zuma Icon Icon
Marble Legenda - Zuma 4.0.078
Games easygame7
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal