J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Ramalan Film Sci-Fi yang Jadi Kenyataan, No. 3 Gak Nyangka Banget!

7 Ramalan Film Sci-Fi yang Jadi Kenyataan, No. 3 Gak Nyangka Banget!

Jumat, 17 Jul 2020, 17:00 WIB
Film sci-fi nggak cuma memberikan imajinasi dan angan-angan kepada penontonnya. Nggak sedikit dari film sci-fi meramalkan dengan benar teknologi masa depan!

Pernah kebayang nggak waktu menonton film sci-fi atau sains fiksi ilmiah, kamu berpikir kalau apa yang ada di dalam film akan ada atau hadir di masa depan?

Jangan salah, justru berawal dari mimpi dan angan-angan bisa mengilhami teknologi dan peradaban di masa depan karena imajinasi yang telah terbentuk itu, geng.

Mungkin kamu ingat teknologi-teknologi seperti augmented reality, drone, dan jetpacks semuanya berawal dari imajinasi dan angan-angan yang terbentuk dari seni film sci-fi.

Nah, dalam artikel ini Jaka bakal kasih kamu sejumlah ulasan ramalan dan prediksi teknologi yang sudah terjadi di dunia nyata setelah sebelumnya difilmkan dalam film sci-fi.

Film Sci-Fi yang Jadi Nyata

Film sci-fi seperti Star Trek atau Star Wars telah menginspirasi generasi mendatang untuk membuat fantasi dan kenyataan di dunia modern kita loh.

Dalam film sci-fi mungkin kita pernah menemui atau mendengarkan pernyataan bahwa fakta bisa lebih aneh daripada fiksi. Karena apa yang difilmkan belum muncul di masa tersebut.

Nah, agar makin nggak penasaran lagi, berikut film sci-fi yang menjadi kenyataan versi Jalantikus.com. Simak sampai selesai ya!

1. Artificial Intelligence

Film Sci Fi Jadi Kenyataan Ex Machina Custom E460c

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan muncul pertama kali dalam film Ex Machina. Dalam film tersebut menawarkan pandangan yang menakutkan tentang masa depan AI.

Sehingga menimbulkan pertanyaan tentang implikasi yang potensi bahaya dan konsekuensi dari berinteraksi dengan makhluk buatan android yang sangat cerdas.

Bahkan menurut Peter Scott, seorang mantan insinyur komputer di NASA. Dia mengatakan bahwa bisa jadi pengembangan dari AI sudah menyamai seperti yang ada di Ex Machina dengan kondisi fisik android yang serupa manusia.

2. Smartphone

Film Sci Fi Jadi Kenyataan Smartphone Custom 8fa34

Apakah kamu pernah menonton film Disney 1999 Smart House? Dalam film ini, sebuah rumah dijalankan oleh robot bernama PAT (Personal Applied Technology) yang dapat menerima dan merespons perintah suara.

Selain itu PAT juga dapat mengontrol pekerjaan rumah dan melakukan tugas-tugas. PAT bahkan dapat mempelajari kebiasaan penghuni, melakukan panggilan telepon, dan sebagainya, geng.

Kalau dipikir-pikir saat ini teknologi tersebut telah hadir di sekitar kita, seperti pembersih robot yang terhubung Wi-Fi, TV pintar (Smart TV), CCTV otomatis, dan sistem keamanan. Semua perangkat ini dihubungkan dan dikendalikan oleh satu perangkat saja.

3. Video Conference

Film Sci Fi Jadi Kenyataan Video Conferencing Custom 146b7

Kalau kamu pernah menonton film Aliens atau Bladerunner, kamu bisa melihat mereka sudah memprediksi kehadiran video conference di masa depan.

Sekarang teknologi itu sudah hadir dengan perangkat lunak seperti Skype, FaceTime, dan sebagainya. Bahkan seakan-akan teknologi ini terverifikasi dari prediksi yang akurat dalam film Sci-Fi itu.

Meskipun konsep itu diprediksi, tampilan perangkat panggilan video dalm film itu masih terkesan jadul dibandingkan sekarang dengan desain retro dalam teknologi di masa depan.

4. Jet Packs

Film Sci Fi Jadi Kenyataan Jetpacks Custom 2b386

Buat para penggemar berat karakter Iron Man pasti tahu pertama kali muncul Robert Downey Jr benar-benar menghidupkan karakternya dalam film dengan teknologi jetpacks.

Dari banyak kekuatan superhero yang ditunjuk, bisa terbang adalah yang paling didambakan setiap orang. Namun hingga sekarang belum ada jetpack yang bisa digunakan sebagai transportasi pulang pergi.

Selama ini baru Richard Browning yang telah mengembangkan setelan yang efektif memberikan kemampuan terbang dan "sayap" bagi pemakainya. Dengan total enam jet yang terpasang pada lengan dan kaki, alat tersebut dapat mendorong kamu untuk kecepatan lebih dari 50 km per jam.

5. Alat Penerjemah

Film Sci Fi Jadi Kenyataan Translation Devices Alat Penerjemah Custom D1235

Teknologi alat penerjemah pernah juga masuk dalam film sci-fi loh, geng. Pada film The Hitchhikers Guide to the Galaxy kamu akan melihat prediksi teknologi utama di dalamnya adalah "Babel Fish".

Suatu alat yang ditempatkan di telinga seseorang untuk menerjemahkan bahasa asing secara real-time. Bahkan alat ini sudah dikembangkan agar lebih mutakhir lagi, geng.

Saat ini bentuk nyata dari teknologi ini seperti Google Assistant dengan mode penerjemah bahasa yang dapat menerjemahkan bahasa secara real-time berkat AI.

6. Kontrol Gerakan

Film Sci Fi Jadi Kenyataan Translation Devices Gesture Control Custom 7e066

Pernah menggunakan teknologi dengan kontrol suara dan pengenalan wajah? Ternyata itu baru sebagian dari banyak teknologi yang muncul dalam film Minority Report di tahun 2002.

Teknologi ini sudah banyak kita temui seperti Sensor Kinect dari Microsoft dengan pengontrol Leap Motion memungkinkan kamu menggunakan tangan untuk berinteraksi dengan dunia visual reality.

Terbaru adalah smartphone Huawei 30 Mate yang memiliki sensor gerakan di atas layar, memungkinkan pengguna untuk memindah halaman dan screenshot layar tanpa menyentuh ponsel sama sekali.

7. Mobil Otonom

Film Sci Fi Jadi Kenyataan Autonomous Cars Mobil Otonom Custom 3e8ea

Jauh di tahun 1990 pada film Total Recall menghadirkan satu fitur teknologi yang cukup akurat terjadi di masa depan, geng.

Karakter dalam film ini memanfaatkan Johnny Cabs yakni taksi yang digerakkan oleh pengemudi taksi otomatis.

Apakah teknologi ini sudah hadir? Banyak produsen mobil kenamaan dunia tengah mengembangkan mobil otonom, bahkan diperkirakan benua Asia yang akan pertama kali menggunakannya.

Akhir Kata

Itu tadi rangkuman dan ulasan dari film-film sci-fi yang telah meramalkan berbagai teknologi di masa depan. Apakah film sci-fi tersebut sudah kamu tonton semua?

Menurut kamu teknologi dalam film sci-fi mana lagi yang meramalkan teknologi masa depan dengan benar? Share di kolom komentar juga ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Film Sci Fi Terbaik Banner E53bb

Rekomendasi Film Sci-Fi Terbaik Sepanjang Masa, Bakal Bikin Kamu Mikiiir!

7 Film Action Sci Fi Yang Dipandang Sebelah Mata Padahal Keren Abis F5ca6

7 Film Action Sci-Fi yang Dipandang Sebelah Mata, Padahal Keren Abis!

Banner Aeb8b

7 Anime yang Membahas Teknologi Canggih, Meramal Masa Depan?

Banner 8f801

5 Film yang Berhasil Memprediksi Teknologi Masa Depan, Kebetulan Semata?

Hebat Banget 7 Ramalan Teknologi Bill Gates Di Masa Lalu Yang Menjadi Kenyataan Fd925

Hebat Banget! 7 Ramalan Teknologi Bill Gates di Masa Lalu yang Menjadi Kenyataan

7 Film Sci Fi Paling Absurd Dan Tidak Dimengerti Bikin Pusing 9da18

7 Film Sci-Fi Paling Absurd dan Tidak Dimengerti, Bikin Pusing Doang!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Action Sci-Fi yang Dipandang Sebelah Mata, Padahal Keren Abis!

7 Film Action Sci-Fi yang Dipandang Sebelah Mata, Padahal Keren Abis!

7 Film Sci-Fi Paling Absurd dan Tidak Dimengerti, Bikin Pusing Doang!

7 Film Sci-Fi Paling Absurd dan Tidak Dimengerti, Bikin Pusing Doang!

7 Film Sci-Fi Tanpa CGI Terkeren yang Pernah Dibuat, No. 5 Gak Nyangka!

7 Film Sci-Fi Tanpa CGI Terkeren yang Pernah Dibuat, No. 5 Gak Nyangka!

7 Film Sci-Fi Terpopuler yang Dibenci Kritikus, Rating-nya Nyaris 0!

7 Film Sci-Fi Terpopuler yang Dibenci Kritikus, Rating-nya Nyaris 0!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal