7 Ramalan Bill Gates soal Masa Depan, Bumi Jadi Hijau Lagi?

Bill Gates disebut-sebut sebagai Nostradamus modern karena mampu memprediksi berbagai hal, mulai dari HP, media sosial, hingga situs-situs yang membandingkan harga di bukunya yang rilis pada tahun 1999.

Berdasarkan prediksi-prediksinya di masa lampau, bisa kita lihat bahwa Gates mampu membuktikannya dengan baik. Lantas, bagaimana dengan prediksinya di masa depan?

Mengingat pria satu ini adalah alasan Microsoft beralih ke cloud yang lebih strategis dan praktis, serta memiliki net worth sebesar 98 miliar USD (sekitar Rp1,37 kuadriliun), bisa dibilang prediksinya di masa depan sudah memiliki bukti.

Nah, kira-kira apa saja prediksi Bill Gates? Daripada penasaran, simak selengkapnya berikut.

1. Robot Mengambil Alih Pekerjaan Manusia

Webp Net Resizeimage 38 C339c

Seiring dengan perkembangan teknologi, pengelolaan secara otomatis menggunakan robot ataupun alat lainnya menjadi hal yang biasa dalam bisnis. Itulah yang membuat banyak orang khawatir akan masa depan yang mirip dengan film "Terminator".

Menurut Bill Gates, hal yang paling mengkhawatirkan dalam perkembangan robot adalah hilangnya pekerjaan manusia karena diambil alih oleh robot. Robot mampu bekerja terus menerus, tanpa merasa lelah, sakit, ataupun lapar seperti manusia, sehingga dianggap sebagai aset yang lebih menguntungkan.

Gates ingin pemerintah mengenakan pajak kepada perusahaan, khususnya dalam cara mereka menggunakan robot otomatis. Ini bertujuan untuk memperlambat proses penyebaran otomatisasi robot dan menuju pendanaan pekerjaan lain.

2. Penggunaan Mobile Banking Secara Menyeluruh

Ramalan Bill Gates Soal Teknologi Masa Depan Mobile Banking 6ff2f

Seringkali orang-orang dari negara miskin yang tidak memiliki akses uang tunai kesulitan dalam membiayai perawatan kesehatan, makanan, atau pendidikan.

Namun, mobile banking dapat mengubah hal ini, sehingga memungkinkan semua orang untuk mengakses rekening digitalnya dimanapun dan menyimpan uang dengan aman dan jumlah yang lebih besar.

Pada tahun 2015, Bill Gates memprediksikan bahwa ada 2 miliar orang yang tidak memiliki rekening bank hari ini akan menyimpan uang dan melakukan pembayaran dengan telepon mereka.

3. Bumi Kembali Hijau pada 2030

Ramalan Bill Gates Soal Teknologi Masa Depan Bumi Kembali Hijau 0ee46

Ramalan lainnya dari Bill Gates adalah bumi akan kembali hijau pada tahun 2030. Menurut Gates, energi terbarukan akan memberi daya pada sebagian besar dunia pada tahun 2030.

Hal itu diungkapkannya dalam surat tahunannya yang dirilis pada tahun 2016. Ia juga menambahkan bahwa apabila dunia dapat mendapatkan sumber daya energi yang murah dan bersih, maka hal tersebut akan menghentikan perubahan iklim.

Memang hal tersebut adalah tantangan yang besar, tapi dapat mengubah hidup banyak orang, terutama keluarga yang miskin.

4. Afrika akan Sepenuhnya Mandiri

Ramalan Bill Gates Soal Teknologi Masa Depan Africa Sepenuhnya Mandiri D82b4

Saat ini, Afrika mengimpor sekitar 50 miliar USD atau sekitar Rp699 triliun makanan setiap tahun, walaupun sebagian besar warganya adalah petani. Namun, berdasarkan surat tahunan tahun 2015, Gates memprediksi perubahan yang sangat besar.

Ia menulis bahwa dalam 15 tahun ke depan, inovasi dalam sektor pertanian akan menghapus ironi yang brutal tersebut.

Di masa depan, dunia telah mengembangkan pupuk dan tanaman yang lebih baik, produktif, bergizi, dan tahan kekeringan dan penyakit. Hal itu ditambah teknologi lain akan membuat petani Afrika secara teoritis menggandakan hasil panen mereka.

5. Wabah yang Memakan 5,33 Juta Jiwa

Ramalan Bill Gates Soal Teknologi Masa Depan Wabah 2f928

Bill Gates bahkan telah meramalkan dampak dari Black Death berikutnya pada tahun 2015. Menurutnya, ancaman terbesar bagi kesehatan global adalah patogen yang ditularkan melalui udara yang dilepaskan oleh ahli bioteroris.

Pada konferensi di Munich, Jerman, Gates mengungkit bahwa ahli epidemiologi mengatakan ada kemungkinan yang masuk akal bahwa dunia akan mengalami wabah seperti itu dalam 10-15 tahun mendatang. Hal ini terbukti pada akhir tahun 2019 dan awal 2020 dimana pandemi COVID-19 mulai menyebar ke seluruh dunia.

Prediksi Gates pada saat itu bisa dikatakan mengerikan karena ia memperkirakan sekitar 33 juta orang bisa mati hanya dalam satu tahun. Itu sebabnya miliarder ini mulai meningkatkan upaya untuk mengembangkan vaksinasi dalam pekerjaan yang dilakukan oleh yayasan amalnya.

6. Bebas Penyakit Polio

Ramalan Bill Gates Soal Teknologi Masa Depan Bebas Penyakit Polio 874f5

Dalam prediksi terkait perawatan kesehatan lainnya, pendiri Microsoft ini meramalkan punahnya polio. Pada tahun 2016 hanya ada 37 kasus baru Polio, sehingga memberikan harapan pada prediksi Gates.

"Komunitas polio global sekarang sedang menyelesaikan rencana terperinci yang saya percaya akan menyelesaikan pekerjaan pemberantasan polio dalam enam tahun ke depan," tulisnya dalam surat tahunan pada tahun 2013-nya.

"Warisan pemberantasan polio akan hidup lebih dari sekadar menghentikan penyakit yang pernah melumpuhkan lebih dari 400.000 anak setiap tahun."

7. Era Digital akan Mengakhiri Kemiskinan

Ramalan Bill Gates Soal Teknologi Masa Depan Tidak Ada Kemiskinan D8869

Salah satu ramalannya yang cukup "berani" tertulis di surat tahunannya di tahun 2014. Bill Gates mengatakan bahwa tidak akan ada lagi negara miskin pada tahun 2035.

Ia menulis bahwa semua negara akan menjadi apa yang sekarang kita sebut berpenghasilan menengah ke bawah atau lebih kaya.

Selain itu, negara-negara akan belajar dari tetangga mereka yang paling produktif dan mendapat manfaat dari inovasi seperti vaksin baru, benih yang lebih baik, dan revolusi digital.

Akhir Kata

Itulah kumpulan ramalan Bill Gates soal teknologi masa depan. Walaupun hanya sekedar ramalan, tapi ini bukan berarti tidak terjadi. Apalagi mengingat apa yang pernah dikatakan Bill Gates jauh di masa lalu menjadi kenyataan. Kalau kamu bagaimana, percaya tidak?

Baca artikel mengenai Sains atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Time Travel Banner F0ebf
7 Hal yang Dianggap Sebagai Bukti Time Travel itu Ada, Kamu Percaya?
Bajak Laut Paling Sadis Dalam Sejarah Banner 2f50a
5 Bajak Laut Paling Sadis dalam Sejarah, Dikenal Kejam dan Tidak Bermoral!
Kim Jong Un Banner New 93afb
Serem! Nonton Drakor di Korea Utara Bakal Dipenjara 15 Tahun
Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains Banner 1c498
7 Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains, Bikin Merinding!
Penemu Yang Membenci Temuannya Sendiri Banner 1574e
5 Penemu yang Membenci Temuannya Sendiri, Apa Penyebabnya?
Untitled Design 2021 01 19t224159 359 D2937
5 Tokoh Sejarah yang Paling Banyak Membunuh | Tak Punya Nurani!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal