J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Rakit PC vs Laptop Gaming: Mana yang Lebih Cocok untuk Gamer Profesional?

Sabtu, 30 Mar 2019, 11:00 WIB
Untuk kamu yang masih bingung ingin membeli PC gaming rakitan atau laptop gaming, Jaka punya jawabannya di artikel ini!

Kamu sudah kebawa mimpi untuk membeli laptop gaming terbaik? Tiba-tiba jadi ragu karena kalau dihitung-hitung merakit PC gaming jauh lebih murah?

Untuk para gamer profesional, rasanya PC atau laptop gaming adalah senjata utama yang paling penting untuk dimiliki.

Masalahnya, untuk kamu yang masih pemula pasti bingung untuk menentukan mana yang lebih baik antara merakit PC atau membeli laptop gaming.

Nah, untuk kamu yang masih bingung dan ragu untuk merakit PC dari awal atau membeli laptop gaming yang sudah jadi, Jaka akan memberikan sedikit pencerahan.

Simak-baik-baik ya, geng, biar kamu nggak ragu lagi untuk menentukan mana yang paling cocok untuk kamu!

Rakit PC atau Laptop Gaming?

Rakit Pc Vs Laptop Gaming 5 F94e8

Ini sebenarnya pertanyaan klasik yang selalu dihadapi oleh para gamer ketika ingin membeli gear yang terbaik untuk bermain game.

Komputer atau PC rakitan berarti kita memilih dan merakit sendiri semua bagian atau komponen komputer mulai dari VGA, Memori, RAM, Prosesor, hingga casing CPU-nya.

Sedangkan untuk laptop gaming berarti kita terima jadi sebuah laptop dengan berbagai spesifikasi dan komponen yang ditentukan oleh produsen laptop.

Rakit Pc Vs Laptop Gaming 3 Aeb16

Baik PC rakitan atau laptop gaming memiliki nilai plus-minus sendiri yang harus kamu ketahui.

Kira-kira siapa yang lebih gahar dalam memainkan game PC online yang standar seperti PUBG hingga Fortnite atau game PC yang memiliki grafis berat seperti Final Fantasy XV?

Kelebihan dan Kekurangan Merakit PC

Rakit Pc Vs Laptop Gaming 1 07a26

Untuk kamu yang sepertinya kepikiran untuk membeli atau membuat PC gaming rakitan saja, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pertama, pastikan kamu sudah paham dan tahu harga pasaran untuk setiap komponen yang akan kamu pakai di PC rakitan kamu.

Kedua, kamu juga harus benar-benar mengerti apakah komponen A mendukung apabila dipasangkan komponen B dan apakah komponen C akan membuat performa PC kamu lebih baik atau tidak.

Pastikan Central Processing Unit (CPU) dan motherboard, RAM, CPU Cooler, kartu grafis, SSD/HDD, sistem operasi, monitor, keyboard hingga casing komputer kamu perhatikan dan pilih dengan baik.

Kelebihan Rakit PC Kekurangan Rakit PC
Kemungkinan mendapat harga yang lebih murah dibanding membeli laptop gaming dengan spesifikasi yang mirip Tidak mobile friendly alias tidak bisa dibawa kemana-mana
Bisa upgrade hardware dengan mudah jika hardware yang lama sudah ketinggalan zaman memakan daya konsumsi listrik yang lebih besar dibanding laptop gaming
Lebih tahan lama, bisa digunakan lebih dari 10 tahun jika sering mengupgrade software dan hardware-nya Tidak ada garansi, garansi yang diberikan biasanya per komponen (VGA-nya saja, monitornya saja, dll)
Bisa mengatur budget alias bisa membeli hardware yang murah terlebih dahulu Kalau tidak benar-benar mengerti semua komponen PC yang akan kamu rakit, kemungkinan ditipu masalah harga dan kualitas barang akan sangat mungkin terjadi
Lebih leluasa mengganti semua komponen yang ada

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Laptop Gaming

Laptop Gaming Vs Rakit Pc 4 73e3d

Alienware Area 51M, MSI GS65 Stealth Thin 15.6-inch, Lenovo Legion Y740, Razer Blade 15 dan Asus ROG Strix GL503VS-DH74 adalah beberapa jenis laptop gaming kelas atas yang bisa kamu pilih.

Ada puluhan bahkan ratusan tipe dan merek latop gaming lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan alternatif.

Tetapi, satu hal yang harus kamu perhatikan saat membeli laptop gaming adalah spesifikasi dan harga.

Terkadang ada beberapa laptop yang tidak masuk lini sebagai laptop gaming, namun memiliki spesifikasi yang setara dengan laptop gaming.

Banyak sebenarnya laptop gaming murah yang bisa kamu jadikan pilihan, tapi sebaiknya kamu juga mencari perkiraan harga PC rakitan apabila menggunakan spesifikasi yang sama dengan laptop gaming yang kamu incar.

Kelebihan Laptop Gaming Kekurangan Laptop Gaming
Bisa dibawa kemana-mana dan bisa dibawa traveling Harganya cenderung lebih mahal
Konsumsi listrik lebih sedikit Pilihan laptop gaming yang resmi dijual di Indonesia tidak begitu banyak
Tidak perlu memikirkan satu per satu komponen apa yang harus dibeli, lebih ringkas dan hemat waktu untuk menentukan pilihan Karena semua terhubung dengan motherboard maka setiap kerusakan kemungkinan biaya servisnya lebih mahal
Bisa klaim garansi dengan mudah jika kamu membeli laptop gaming secara resmi Baterai tidak tahan lama. Rata-rata baterai laptop gaming hanya bisa bertahan 2 jam saja
Untuk pemula yang tidak terlalu mengerti spesifikasi laptop atau komputer, laptop gaming lebih mudah dipelajari

Kesimpulan: Budget dan Penggunaan Jangka Panjang yang Utama!

Rakit Pc Vs Laptop Gaming 3 Aeb16

Untuk menentukan pemenang antara PC Rakitan atau laptop gaming, setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan secara seksama dan menjadi pertimbangan utama.

Pertama, masalah budget atau harga. Mengapa harga menjadi salah satu hal yang paling penting? Seperti yang kita sepakati, tidak semua orang mempunyai dana yang tidak terbatas alias unlimited.

Pasti pertimbangan harga menjadi yang utama karena semua harus diperhitungkan untung-ruginya. Sedikit melihat pembahasan di atas, PC rakitan menang di sektor ini.

Kamu benar-benar bisa menyesuaikan sendiri semua komponen yang ingin kamu beli. Kamu punya keleluasaan untuk memilih sendiri semua hardware untuk PC kamu, mulai dari harga yang paling murah ke harga yang paling mahal.

Kamu juga bisa mengganti salah satu bagian dari PC rakitan kamu secara bebas, jika sewaktu-waktu kamu berpikir untuk upgrade salah satu komponen PC kamu.

Misal, kamu ingin mengganti prosesor Intel Core i7-7600U menjadi Intel Core i7-7920HQ maka dengan mudah kamu tinggal membongkar PC kamu dan menggantinya.

Rakit Pc Vs Laptop Gaming 4 Fe5d1

Hal ini akan berbeda jika kamu membeli laptop gaming. Selain harganya memang yang lebih tinggi, kamu tidak bisa seleluasa PC rakitan untuk mengganti komponen laptop kamu.

Tetapi tentu, konsekuensi kamu 'ditipu' oleh penjual PC rakitan mungkin saja terjadi kalau kamu tidak begitu paham mengenai PC.

Kamu bisa saja dibohongi dengan dibuatkan PC rakitan dari komponen bekas atau tidak sesuai standar yang kamu mau.

Poin kedua adalah mengenai seberapa lama barang yang kalian beli bisa bertahan lama. Layaknya makhluk hidup, baik PC maupun laptop memiliki masa hidup.

Berdasarkan pengalaman Jaka pribadi dan beberapa kawan Jaka, PC jauh lebih awet dibandingkan dengan laptop. Kamu mungkin berpikir bahwa hal ini sangat subjektif.

Hal ini bisa jadi benar, karena pemakaian barang elektronik memang sesuai dengan pemakaian user-nya. Tetapi, di atas kertas PC (meski rakitan) memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Laptop Gaming Vs Rakit Pc 3 B5330

Biasanya laptop semahal apapun, spesifikasinya setinggi apapun hanya memiliki jangka waktu hidup maksimal 5-6 tahun saja. Dengan pemakaian yang tidak benar, mungkin 2 tahun saja sudah rusak.

Sedangkan PC, sebenarnya limitless dan tidak memiliki batas hidup yang pasti. Kalau prosesor PC kamu sudah ketinggalan zaman tinggal diganti, kalau VGA-nya belum mantep, bisa diganti, PC masih terasa lemot? Bisa tambah RAM.

PC Rakitan atau Laptop Gaming?

Lebih banyak opsi yang bisa kamu lakukan dan pilih jika kamu memilih PC rakitan untuk bermain game. Sedangkan laptop menang telak di satu hal, mobilitas.

Yap, seberat-beratnya laptop gaming tetap masih bisa kamu bawa kemana-mana dengan mudah. Tetapi PC rakitan, sekecil dan seringan apapun, kamu tidak bisa membawanya kemana-mana.

Jadi, kalau kamu menginginkan performa gahar, harga bisa ditentukan sendiri dan life span lebih lama, maka Jaka akan merekomendasikan untuk kamu merakit PC gaming saja.

Sedangkan kalau kamu lebih banyak berpindah tempat, tidak terlalu paham mengenai jeroan komputer atau laptop dan masih ngekos maka laptop gaming lebih Jaka rekomendasikan.

Akhir Kata

Sebenarnya semuanya Jaka kembalikan lagi ke kamu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Jangan karena hanya ingin bermain game PUBG di PC tapi membeli perangkat yang terlampau mahal.

Kalau kamu bercita-cita menjadi gamer profesional, banyak langkah yang harus kamu lakukan. PC gaming rakitan atau laptop gaming hanyalah salah satu alat pendukung saja.

Jadi, PC rakitan atau laptop gaming yang akan kamu beli, tetap Jaka dukung, kok! Semoga kamu bisa bermain game tanpa lag lagi!

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

Baca juga artikel seputar Laptop Gaming atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 1 F6a7e

15 Headphone & Headset Gaming Murah Terbaik 2020, Cuma Rp 90 Ribuan!

Rekomendasi Hp Gaming Murah Terbaik 2020 Banner C8aca

15 HP Gaming Murah Terbaik 2020, 1 Jutaan Bisa Game Berat!

Keyboard Gaming Terbaik Banner 1be2c

10 Keyboard Gaming Terbaik & Termurah 2019|Gamers Banget

Kursi Gaming Murah Banner C1822

7 Kursi Gaming Murah Terbaik 2019| Berasa Jadi PewDiePie!

Nvidia Gtx 1660 Ti Banner 9b09a

Nvidia Luncurkan Geforce GTX 1660 Ti: Kok Mundur ke GTX Lagi?

Banner

10 Laptop Gaming yang Paling Banyak Dibeli Mahasiswa

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 PC Gaming Murah Terbaik 2020 dan Harganya, Main Game Anti-Lag!

10 PC Gaming Murah Terbaik 2020 dan Harganya, Main Game Anti-Lag!

Synnex Metrodata Tawarkan PC Gaming Lokal Terjangkau, Harga Mahasiswa!

Synnex Metrodata Tawarkan PC Gaming Lokal Terjangkau, Harga Mahasiswa!

Alienware Area 51M, Laptop Gaming Monster Terbaru dari Dell

Alienware Area 51M, Laptop Gaming Monster Terbaru dari Dell

7 Komputer dengan Harga Paling Mahal di Dunia, Mending Beli Rumah Sekalian!

7 Komputer dengan Harga Paling Mahal di Dunia, Mending Beli Rumah Sekalian!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal