J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Panduan Cara Merakit PC Gaming Murah dan Berkualitas 2021, Biar Gak Salah Beli!

Kamis, 21 Jan 2021, 08:00 WIB
Mau tahu cara merakit PC gaming murah? Berikut ini panduan, tips penting, dan rekomendasi part PC gaming hemat yang bisa main game berat di 2021

Rakit PC gaming bisa jadi solusi buat kamu yang pengen nyobain game-game next gen tapi gak punya bujet untuk membeli PS5 yang harganya selangit.

Seperti yang kita ketahui, game-game keluaran 2020 ke atas memiliki grafis yang kualitasnya luar biasa banget. PS4 Pro aja gak kuat untuk memainkan Cyberpunk 2077 yang grafisnya ultra-realistik.

Game terbaru perlu diimbangi dengan kualitas hardware yang setara pula. Maka dari itu, merakit PC gaming menjadi sebuah kebutuhan penting untuk para gamers saat ini.

Sayangnya, banyak yang belum terlalu familiar mengenai bagaimana cara merakit PC. Padahal PC gaming murah masih bisa mendukung keperluan game sampai beberapa tahun ke depan.

Buat kamu yang sedang ingin rakit PC murah, kali ini Jaka bakal membagikan tips-tips yang perlu kamu perhatikan untuk memulai membuatnya.

1. Hitung Perkiraan Bujet Rakit PC Gaming yang Akan Dibuat

Cara Merakit Pc Gaming 02 8ac54

Sumber foto: Bujet dalam proses rakit PC gaming.

Cara merakit PC gaming sebetulnya bisa dibilang lumayan tricky karena kamu bukan cuma harus bisa memasang tiap komponennya dengan tepat, tetapi juga banyak perhitungan yang harus dilakukan.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam proses rakit komputer gaming adalah bujet yang kamu punya. Hal ini merupakan hal pertama yang harus banget kamu perhitungkan.

Pembatasan bujet terbilang sangat penting karena kalau tidak dibatasi, Rp100 juta pun bisa habis untuk merakit PC gaming.

Pembatasan bujet ini juga nantinya berhubungan dengan komponen jenis apa saja yang bisa kamu pasang, dan alternatif yang lebih murahnya seperti apa.

Tentukan maksimum bujet yang akan kamu habiskan untuk proses rakit komputer gaming yang akan dibuat, dan setelah itu sesuaikan komponen dengan bujet yang telah dialokasikan.

2. Tentukan Target dari merakit PC Gaming

Rakit Pc Gaming 01 C5e98

Sumber foto: Menentukan target dalam proses rakit komputer gaming.

Hal lain yang harus kamu tentukan ketika memulai merakit PC gaming adalah target dari PC yang akan dibuat.

Maksud dari target adalah game seperti apa yang ingin kamu mainkan dengan PC yang dibuat, stabil di berapa FPS, dan kira-kira tidak akan di-upgrade lagi hingga berapa tahun lamanya.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas kamu akan menemukan bayangan yang lebih jelas mengenai seperti apa PC gaming kamu nantinya.

Target ini bisa kamu contek dari system requirements game triple A terbaru di mana biasanya untuk memainkan game ini dalam recommended setting butuh spesifikasi mumpuni.

Spesifikasi seperti ini akan bisa kamu andalkan selama 3 sampai 5 tahun ke depan. Untuk rakit komputer gaming bujet pun sama, kamu bisa mencontek system requirements game yang ingin dimainkan.

Perihal ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin mengenai bujet di atas. Kalau kamu cuma pengen main game Triple A dengan setelan grafik low-medium di <60 FPS, sih, PC gaming murah hingga Rp7 jutaan cukup, geng.

3. Pilih Komponen PC Rakit Gaming Murah dan Terbaik

Setelah menentukan bujet dan target, langkah berikutnya dalam cara merakit PC gaming adalah memilih komponen yang paling sesuai.

Menghitung kesesuaian komponen ini juga sebetulnya agak tricky karena kamu bukan hanya mencari spesifikasi komponen saja, tetapi juga membandingkan harga merek A dengan merek lainnya.

Harga komponen serupa dengan merek yang berbeda harganya pun akan berbeda. Perbedaannya bahkan bisa mencapai 2 kali lipat.

Di sini kalian harus jeli dalam melihat kelebihan dan kekurangan dari komponen-komponen dengan merek tertentu. Berikut ini beberapa komponen penting yang wajib jadi bahan pertimbangan buat kamu.

1. Prosesor

Rakit Pc Gaming Murah 04 Afc0e

Sumber foto: Prosesor terbaik untuk rakit PC gaming murah.

Komponen yang satu ini bisa dibilang sebagai komponen paling penting di dalam sebuah komputer. Untungnya, varian merek dari prosesor untuk dipertimbangkan hanya 2 yaitu Intel dan AMD.

Meskipun begitu, varian dari generasi prosesor komputer ini perlu kamu pertimbangkan dengan baik. Jika memilih intel core yang mana dan generasi berapa begitu pula jika memilih AMD.

Kamu harus bisa memperhitungkan dengan jeli berdasarkan target dan bujet kamu, prosesor jenis apa yang paling cocok. Kamu bisa melihat dari sytem requirements game tertentu sebagai pembanding.

Jangan lupa juga untuk melihat score benchmark dari prosesor yang kamu pilih, dan perkirakan seberapa lama kamu akan bisa mengandalkan prosesor tersebut.

Nah, buat kamu yang bingung memutuskan untuk memakai processor dari AMD vs Intel, mungkin artikel Jaka di bawah ini bisa membantu kamu, geng. Check it out!

Intel Core Vs Amd Ryzen 439d0
Prosesor Intel Vs AMD Ryzen, Mana Yang Lebih Gahar Dan Terbaik?
Sedang mencari prosesor terbaik untuk PC gaming-mu dan bingung memilih di antara AMD vs Intel? Mending simak ulasan Jaka berikut ini dulu, geng!
LIHAT ARTIKEL

2. VGA Card

Cara Merakit Pc Gaming Murah 05 29262

Sumber foto: Memilih VGA Cards pada proses cara rakit PC gaming.

Jika prosesor sudah dipilih maka komponen berikutnya yang harus diperhitungkan dengan serius ketika merakit PC gaming adalah VGA Card.

Terdapat banyak varian VGA Card yang tersedia di pasaran baik model maupun mereknya. Oleh karena itu, Jaka sarankan kamu untuk rajin-rajin membandingkan benchmark VGA yang kamu incar.

Browsing di channel Youtube maupun website terpercaya di internet untuk mengetahui dengan lebih jelas benchmark VGA dari berbagai merek yang tersedia.

Jangan lupa untuk menyelaraskan dengan bujet yang sudah ditentukan sebelumnya, jangan sampai kamu kebobolan di komponen yang satu ini.

Buat kamu yang punya bujet pas-pasan, Jaka punya nih beberapa rekomendasi VGA card murah terbaik + kisaran harganya yang masih bisa diandalkan untuk main game masa kini.

Vga Card Amd Rx 5500 Xt 8 Gb Banner 25c1b
7 Rekomendasi VGA Card Murah Terbaik Buat Gaming, Setting Rata Kanan!
Deretan VGA card berikut bisa ngangkat game PC yang berat walaupun harganya sangat murah. Simak 7 rekomendasi VGA card murah terbaik untuk gaming di sini!
LIHAT ARTIKEL

3. Motherboard

Rakit Pc Gaming Murah 06 40db3

Sumber foto: Memilih Motherboard terbaik untuk proses merakit PC gaming murah.

Komponen penting selanjutnya yang harus kamu pilih dengan serius dalam rangkaian cara merakit PC gaming adalah Motherboard.

Motherboard atau yang lebih sering disingkat dengan MoBo ini juga cukup sulit untuk dipilih. Setelah menentukan prosesor yang sesuai pilih MoBo yang selaras dengan prosesor tersebut.

Misalnya saja, motherboard dengan socket LGA 1151 hanya kompatibel dengan prosesor Intel generasi ke-6 dan 7 (Kaby Lake & Skylake). Jangan sampai salah beli ya, geng.

Selain itu, beberapa variabel yang bisa kamu perhatikan adalah tersedia fitur overclock atau tidak, berapa banyak slot RAM dan VGA yang tersedia, include fan PC atau tidak, dan sebagainya.

Ingat untuk tidak tergoda akan fitur canggih kalau kamu nggak bakal pakai fitur tersebut. Jangan beli MoBo yang bisa overclock, kalau kamu nggak bisa buat overclock prosesor yang dibeli.

Untuk rekomendasi dan kisaran harga motherboard PC gaming murah, Jaka sudah pernah membahasnya dalam artikel berikut:

Motherboard Msi H310m Gaming Plus Copy 72a57
7 Motherboard Gaming Murah & Terbaik 2020 | Mulai Dari Rp 1 Jutaan!
Motherboard gaming murah bisa kamu temukan rekomendasi lengkapnya di sini. Yuk, simak selengkapnya buat kamu yang mau merakit PC!
LIHAT ARTIKEL

4. RAM

Cara Merakit Pc Gaming 07 8b0a0

Sumber foto: Memilih RAM dalam proses rakit PC gaming murah.

Komponen penting selanjutnya yang harus diperhatikan dalam proses cara merakit PC gaming murah adalah RAM.

Berapa besar RAM yang kamu butuhkan, clockspeed yang sesuai dengan motherboard, dan juga merek apa yang paling bagus. Rangkaian pertanyaan ini harus kamu jawab dengan seksama.

Oh iya, pastikan juga memilih RAM yang clockspeed dan socket motherboard-nya sesuai. Jangan sampai kamu membeli RAM DDR4 tapi motherboard kamu menggunakan socket RAM DDR3.

RAM memang mudah untuk di-upgrade, tetapi kalau kamu sudah memperhitungkan dengan seksama RAM yang sudah dibeli bisa dipertahankan hingga bertahun-tahun lamanya.

Ada banyak merk RAM terbaik yang ada di pasaran. Mulai dari yang murah - mahal, atau dari yang biasa sampai yang pakai lampu RGB. Untuk rekomendasi, kamu bisa cek artikel Jaka berikut:

10 Merek Ram Terbaik Untuk Pc Dan Laptop Di 2021 Jangan Salah Beli 82fc9
10 Merek RAM Terbaik Untuk PC Dan Laptop Di 2021, Jangan Salah Beli!
Bingung cari merk RAM terbaik di tahun 2021 untuk PC gaming kamu? Jaka punya rekomendasinya, nih. Main game dijamin makin mulus, deh! (Update 2021)
LIHAT ARTIKEL

5. HDD dan SSD

Pc Rakit Gaming Murah 08 288c1

Sumber foto: Kombinasi HDD dan SSD pada PC rakit gaming murah.

Masuk ke memilih sistem penyimpanan terbaik ketika merakit PC gaming. Saat ini dengan kepopuleran SSD, variabel yang harus kamu perhitungkan menjadi lebih banyak lagi.

Kalau kamu benar-benar pengin rakit PC gaming murah, maka HDD saja sudah cukup karena akan menekan bujet yang kamu perlukan dengan lumayan banyak.

Di sisi lain, kamu bisa menggunakan kombinasi HDD + SSD untuk mendapatkan performa maksimal. Misal 120GB SSD + 1TB HDD sudah sangat baik untuk saat ini, jika kamu ada alokasi bujet lebih.

Asal kamu tahu saja, HDD 1TB memiliki kisaran harga mulai dari Rp400 ribu. Sementara, SSD 120GB memiliki kisaran harga Rp250 ribu. Perbandingan harganya cukup jauh ya, geng.

Namun, harga SSD yang jauh lebih mahal dari HDD tentunya gak lepas dari kelebihan yang dimiliki. Buat kamu yang penasaran sama perbandingannya, simak artikel jaka berikut ini:

3 60ee8
7 Perbedaan SSD Dan HDD Yang Wajib Diketahui, HDD Masih Layak Di 2020?
Buat kamu yang masih bingung perbedaan SSD dan HDD, simak ulasan berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

4. Hitung Beban Daya Sebelum Mulai Merakit PC Gaming

Rakit Komputer Gaming 09 Df390

Sumber foto: Menghitung beban daya pada proses merakit PC gaming murah.

Setelah memilih semua komponen penting dalam PC rakit gaming murah terbaik versi kamu, langkah selanjutnya adalah menghitung daya yang diperlukan dan Power Supply yang paling sesuai.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Rakit PC yang ada di Play Store untuk hal ini. Aplikasi ini akan menghitung secara otomatis besarnya daya yang diperlukan dari masing-masing komponen yang kamu pilih.

Setelah besaran Watt-nya diketahui, pilih PSU yang paling sesuai yang bisa kamu beli dengan memperhitungkan kualitas dan tentunya bujet awal kamu.

Misalkan PC kamu beserta segala komponennya membutuhkan daya 350 Watt. Artinya, kamu harus membeli power supply dengan daya 450 - 500 Watt supaya lebih aman, geng.

Lebih bagus lagi jika power supply pilihanmu memiliki efisiensi 80+ dan memiliki serifikasi minimum Bronze. Kamu bisa cek rekomendasi Jaka di sini:

Power Supply Pc Banner 998bc
7 Rekomendasi Power Supply PC Terbaik | Main Game Berat Pasti Ngangkat
Sedang mencari power supply PC terbaik,? Maka 7 rekomendasi PSU dengan harga power supply PC terbaik di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu dia beberapa tips cara merakit PC gaming yang bisa kamu manfaatkan ketika memulai untuk merakit PC impian kamu.

Ingat ya, geng untuk selalu berpatok dengan bujet yang kamu punya karena bisa-bisa kamu terlena dan malah jebol kantongnya.

Jangan lupa juga untuk membandingkan harga tiap komponen yang dipilih di toko-toko online yang tersedia sebelum memutuskan untuk membeli.

Baca juga artikel seputar Gadgets atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
D5c5bb6e4addbc05944b6a01bf6171e3 B6e9e
12 Laptop Core i5 Berkualitas Terbaik di 2020, Mulai 5 Jutaan!
Laptop Mini Murah Ab142
7 Laptop Mini Murah Terbaik 2020, Harga Mulai 3 Jutaan!
Laptop Core I3 Murah Terbaik 2020 Banner F72e6
12 Laptop Core i3 Murah dan Terbaik 2020, Semua Fitur Terbaru Ada!
Harga Laptop Asus 13a5d
Daftar Harga Laptop ASUS Terbaru 2020 Plus Spesifikasi & Ulasan
Laptop Murah Berkualitas Dan Bagus 2020 Banner 02c35
10 Laptop Murah Berkualitas dan Bagus di 2020, Gak Sampai 5 Juta!
Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis 2020 Banner 7ec44
10 Laptop untuk Desain Grafis & Multimedia, Rendering Lancar Jaya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 PC Gaming Murah Terbaik 2020 dan Harganya, Main Game Anti-Lag!
10 PC Gaming Murah Terbaik 2020 dan Harganya, Main Game Anti-Lag!
10 Headset Gaming Murah Terbaik 2020, Cuma Rp90 Ribuan!
10 Headset Gaming Murah Terbaik 2020, Cuma Rp90 Ribuan!
Download PUBG PC Terbaru 2020 & Cara Memainkannya | Gratis & Legal!
Download PUBG PC Terbaru 2020 & Cara Memainkannya | Gratis & Legal!
7 Mouse Gaming Murah Berkualitas, Mulai Rp50 Ribuan!
7 Mouse Gaming Murah Berkualitas, Mulai Rp50 Ribuan!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal