J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Rahasia Tersembunyi di Balik Lukisan Mona Lisa, Penuh Misteri!

Minggu, 24 Jan 2021, 13:00 WIB
Lukisan Mona Lisa tidak hanya menyimpan misteri di balik senyumnya, tapi juga rahasia lain yang sudah terungkap. Yuk, cek di sini!

Kamu pasti sudah tidak asing dengan lukisan Mona Lisa ciptaan seniman Italia Leonardo da Vinci. Lukisan yang bisa kamu saksikan di Museum Louvre, Paris, ini dianggap sebagai mahakarya era Renaissance.

Memiliki daya tarik yang begitu memikat, Mona Lisa sering menjadi pembicaraan di kalangan seniman, ilmuwan, kurator, hingga masyarakat awam. Bahkan, lukisan ini juga muncul di film konspirasi terbaik, The Da Vinci Code (2006), meskipun dalam bentuk replika.

Meskipun sudah sangat terkenal, tapi masih banyak hal yang menjadi misteri dari lukisan ini. Berkat penelitian ilmiah, kini beberapa rahasia tersebut telah terungkap.

Mau tahu apa saja rahasia di balik lukisan Mona Lisa yang begitu terkenal? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mona Lisa Sebenarnya Sedang Hamil

A Pregnancy 298c1

Teori mengenai identitas di balik lukisan Mona Lisa adalah Lisa del Giocondo, istri dari bangsawan Florentine. Meskipun tidak ada bukti lain mengenai riwayat hidupnya, tapi teori tersebut telah diterima secara luas.

Menurut peneliti dan pencinta seni yang sering menghabiskan waktu untuk mengamati lukisan, Lisa sang model sedang hamil ketika dilukis oleh da Vinci. Alasannya, tangan Lisa menyilang di atas perutnya yang seolah sedang menyembunyikan kehamilan. Selain itu, melalui penelusuran sejarah, Lisa del Giocondo yang asli memang sedang hamil anak kedua ketika lukisan tersebut selesai dibuat, yaitu antara 1503 dan 1506.

Pada 2006, sekelompok ilmuwan Kanada menggunakan pemindai laser dan inframerah untuk menghasilkan citra 3D dari lukisan tersebut. Ternyata, ditemukan kain tipis bernama guarnello di pundak Lisa.

Kain tersebut biasa digunakan oleh para wanita Italia di era Renaissance ketika sedang hamil atau pasca melahirkan.

2. Mona Lisa Mengidap Kolesterol Tinggi

High Cholesterol 897ef

Satu hal yang paling terkenal dari lukisan Mona Lisa adalah senyumnya. Menjadi misteri terbesar dunia yang tidak terjawab, hingga kini masih banyak perdebatan apakah sebenarnya Lisa tersenyum atau tidak di lukisan tersebut.

Namun, ada hal lain yang menarik dari wajah Mona Lisa selain senyumnya. Dr. Vito Franco dari Universitas Palermo menemukan beberapa indikasi bahwa Lisa memiliki tingkat kolesterol tinggi.

Menurutnya, terdapat tanda-tanda yang jelas mengenai penumpukan asam lemak di bawah kulit Lisa yang diakibatkan oleh terlalu banyak kolesterol. Ditemukan juga apa yang diduga sebagai lipoma, tumor jaringan lemak jinak, di mata kanannya.

3. Mona Lisa Sebenarnya Memiliki Alis

Mona Lisa Eyebrows B2b73

Kalau kamu perhatikan, tidak ada rambut di wajah Mona Lisa seperti yang biasa ditemukan pada perempuan-perempuan lainnya, contohnya alis dan bulu mata. Pascal Cotte, seorang insinyur dan inventor dari Prancis, berusaha menjawab hal ini.

Cotte memfoto lukisan Mona Lisa menggunakan kamera digital dan memperbesarnya hingga 24 kali. Ternyata, ditemukan satu goresan kuas yang menggambarkan alis di atas mata kirinya. Namun, alis tersebut ditimpa kembali oleh cat.

Menurut Cotte, bisa saja alis tersebut memudar seiring berjalannya waktu atau terhapus secara tidak sengaja dalam upaya memperbaiki lukisan.

Selain itu, berdasarkan buku Lives of the Most Excellent Painters, Sculptors, and Architects karangan Giorgio Vasari yang terbit pada era da Vinci melukis Mona Lisa, dijelaskan bahwa Mona Lisa sebenarnya memiliki alis tebal.

4. Wajah Mona Lisa Pas dengan Golden Ratio

Mona Lisa Golden Ratio Da20d

Golden ratio atau rasio emas sering digunakan sebagai pedoman dalam teknik dan seni kuno, termasuk pembangunan Piramida Giza dan lukisan The Last Supper yang juga ciptaan Leonardo da Vinci.

Kabarnya, da Vinci adalah penggemar rasio emas dan menggunakannya sebagai pedoman di banyak karyanya, termasuk lukisan Mona Lisa. Penggunaan rasio ini akan menghasilkan karya yang nampak proporsional jika dipandang mata.

Tujuannya adalah menciptakan kecantikan dan keseimbangan, sehingga mungkin hal ini menjelaskan mengapa banyak orang begitu tertarik mengamati wajah Mona Lisa.

5. Senyuman yang Misterius

Mona Lisa Smile 5efdd

Kembali membahas senyuman Mona Lisa yang banyak diperdebatkan, Profesor Margaret Livingstone dari Universitas Harvard menjelaskan bahwa senyuman tersebut dilukis dalam frekuensi spasial rendah, membuatnya lebih baik jika dilihat dari jauh atau sudut mata.

Hal ini berarti senyuman Mona Lisa akan terlihat lebih menarik jika kamu memandang matanya dan bukan mulutnya. Teori lain mengatakan bahwa sebenarnya Mona Lisa tersenyum lebih lebar dari yang terlihat berdasarkan posisi otot wajahnya.

Pada 2005, sekelompok peneliti dari Belanda mengembangkan software pengenalan emosi untuk memindai lukisan Mona Lisa. Hasilnya, senyuman tersebut mengandung perasaan 83% senang, 9% jijik, 6% takut, 2% marah, kurang dari 1% netral, dan 0% terkejut.

Akhir Kata

Itu dia beberapa rahasia di balik lukisan Mona Lisa yang begitu fenomenal. Tidak heran jika lukisan tersebut sering menjadi objek penelitian dan mampu menarik jutaan pengunjung ke Louvre tiap tahunnya. Bahkan, bisa jadi masih ada rahasia-rahasia lain yang belum terungkap.

Nah, belum lama ini, lukisan gua tertua di dunia ditemukan di Indonesia, loh. Dijamin tidak kalah menarik dengan lukisan Mona Lisa. Yuk, simak penjelasan di baliknya.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Penemu Yang Membenci Temuannya Sendiri Banner 1574e
5 Penemu yang Membenci Temuannya Sendiri, Apa Penyebabnya?
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri Inovasi Berujung Petaka 52bc6
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Makhluk Paling Berbahaya Di Bumi Banner B3945
7 Makhluk Paling Berbahaya di Muka Bumi | Ada yang dari Indonesia!
Hewan Laut Dalam Paling Mengerikan 96067
7 Makhluk Paling Mengerikan yang Hidup di Laut, Dianggap Alien Saking Seremnya!
Benda Luar Angkasa Siap Hancurkan Bumi 4cdaa
5 Benda Luar Angkasa yang Siap Hancurkan Bumi Kapan Saja
Untitled Design 2021 01 12t175101 638 45784
Asteroid Raksasa dan Tercepat Akan Dekati Bumi di 2021, Apakah Berbahaya?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal