J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

PUBG Mobile Lite vs Free Fire, Mana yang Lebih Asyik untuk Dimainkan?

PUBG Mobile Lite vs Free Fire, Mana yang Lebih Asyik untuk Dimainkan?

Kamis, 1 Agt 2019, 16:00 WIB
Kehadiran PUBG Mobile Lite untuk smartphone dengan spesifikasi minimum kini mengancam kompetitornya, Free Fire. Manakah yang lebih asyik dimainkan?

Belum lama ini, Tencent baru saja merilis game battle royale teranyar mereka, PUBG Mobile Lite. Game ini memiliki gameplay yang mirip dengan PUBG Mobile, namun dengan sedikit penyesuaian.

PUBG Mobile Lite memiliki spesifikasi minimum yang lebih enteng dibanding PUBG Mobile reguler. Game ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin main PUBG Mobile dengan HP spek kentang.

Pada artikel sebelumnya, Jaka juga sudah pernah membahas mengenai perbedaan antara PUBG Mobile dengan PUBG Mobile Lite.

Dengar-dengar, sih, PUBG Mobile Lite juga dirancang sedemikian rupa untuk menghancurkan pasar Free Fire yang menargetkan pengguna HP spek menengah ke bawah. Benar nggak, sih?

PUBG Mobile Lite vs Free Fire, Mana yang Lebih Asyik untuk Dimainkan?

Free Fire merupakan game battle royale yang dikembangkan oleh Garena. Game ini memiliki gameplay dan fitur yang mirip dengan kompetitornya, namun butuh spesifikasi lebih ringan.

Katanya, sih, salah satu alasan kenapa game Free Fire nggak ada pintu adalah supaya lebih ringan, geng. Karena ringan, banyak sekali gamers dengan modal HP kentang di Indonesia bisa memainkannya.

Setelah PUBG Mobile Lite yang memiliki spesifikasi minimum rendah dirilis, tahta Free Fire sebagai game dengan pemain terbanyak di Indonesia pun terancam.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, Jaka akan membahas mengenai perbedaan antara PUBG Mobile Lite dan Free Fire, serta mencari game mana yang lebih asyik untuk dimainkan.

Penasaran, kan, geng? Simak terus artikel Jaka berikut ini, yah!

1. Grafis

1 5240c

PUBG Mobile Lite dibuat menggunakan Unreal Engine 4, sama seperti PUBG Mobile. Hanya saja, supaya lebih ringan, terdapat beberapa hal yang dikurangi dan disesuaikan.

Banyak hal-hal yang dipangkas dari grafis game PUBG Mobile Lite. Meskipun memiliki ukuran yang hampir mirip, Free Fire memiliki kualitas grafis yang lebih baik dibandingkan PUBG Mobile Lite.

Secara garis besar, Free Fire memiliki tekstur yang lebih halus serta pencahayaan yang lebih baik. PUBG Mobile Lite nggak memiliki kualitas bayangan yang baik sehingga terlihat kartun sekali, geng.

PUBG Mobile Lite memiliki tekstur yang kasar sehingga garis-garis dalam game terlihat patah-patah. Berbeda dengan Free Fire yang memiliki grafis lebih smooth.

Kamu juga nggak bisa mengatur setelan grafik PUBG Mobile Lite. Meskipun begitu, PUBG Mobile Lite masih menggunakan fitur pintu, nggak kaya Free Fire, geng.

2. Fitur & Mode

2 6b480

Untuk urusan fitur, Free Fire juga lebih unggul, geng. Wajar saja, sih. Soalnya, PUBG Mobile Lite masih baru dirilis sehingga belum memiliki fitur beragam seperti pendahulunya.

Free Fire memiliki fitur dan mode yang lebih beragam, seperti Ranked Mode, Classic, Death Race, dan lain-lain. Sedangkan, PUBG Mobile Lite baru memiliki 1 mode, yakni Classic Mode saja.

Untuk urusan map, Free Fire memiliki jumlah yang lebih beragam. Sedangkan, PUBG Mobile Lite saat ini baru menyediakan 1 map saja.

Kalau kamu suka mendandani karaktermu dengan skin senjata unik serta kostum-kostum yang keren, Free Fire juga masih unggul daripada PUBG Mobile Lite.

Pasalnya, PUBG Mobile Lite yang masih dalam tahap pengembangan belum menyediakan kostum-kostum unik sebanyak Free Fire yang sudah lama rilis.

Meskipun begitu, peluang kamu untuk mendapatkan kostum yang kamu inginkan dari crate lebih besar dibandingkan dengan game free fire yang agak "pelit".

3. Gameplay

3 D3e6d

Meskipun PUBG Lite tidak memiliki kualitas grafis yang sangat baik, namun untuk urusan gameplay, kalian nggak usah khawatir, geng.

Kamu akan tetap merasakan guncangan kamera ketika menembak musuh atau terkena granat dari musuh ala PUBG Mobile biasa.

Kedua game ini sama-sama memberikan indikator berupa jejak kaki atau arah peluru di minimap untuk memberitahu lokasi musuh di sekitar kamu.

Kalau urusan aim atau membidik, PUBG Mobile Lite lebih realistis dibanding Free Fire, geng. Kamera yang bergetar ketika menembak serta recoil akan membuatmu makin tertantang dalam bermain.

Berbeda dengan Free Fire yang memiliki fitur auto-aim yang akan otomatis mengarahkan tembakan kamu ke musuh.

Selain itu, ketiadaan recoil akan membuatmu lebih mudah dalam menembak.

Free Fire memiliki durasi kurang lebih 10 menit setiap match dan melibatkan 50 player. Sedangkan PUBG Mobile Lite melibatkan 60 player.

4. Server

4 0a6e1

Dalam memainkan game online, tentunya server sangat berpengaruh dalam kelancaran kamu bermain game. Koneksi yang buruk pasti akan mengganggu permainan kamu.

Free Fire memiliki server khusus di Indonesia. Server khusus ini akan membuat ping dalam game lebih stabil serta koneksi yang lebih kencang, geng.

Berbeda dengan game PUBG Mobile Lite yang nggak memiliki server khusus Indonesia. Kamu harus bergabung dengan server Asia untuk bisa bermain.

Ketiadaan server khusus membuat koneksi terkadang menjadi nggak stabil. Biarpun koneksi internet kamu kencang, namun kalau servernya jauh maka akan terganggu juga, geng.

5. Animasi & Warna

5 81846

PUBG Mobile Lite memiliki animasi yang lebih halus. Coba saja kamu lihat ketika kamu berlari atau me-reload senjata.

Sedangkan, Free Fire memiliki animasi yang lebih kaku sehingga terlihat seperti robot. Meskipun begitu, urusan grafik, Free Fire tetap unggul.

Untuk urusan warna, Free Fire menampilkan warna yang lebih cerah sehingga lebih sedap dipandang. Sedangkan, PUBG Mobile Lite memiliki warna yang agak redup.

Warna PUBG Mobile Lite yang nggak kontras tersebut agak menyulitkan kita ketika sedang membidik musuh yang berada di tanah.

Tekstur rendah dan warna yang tidak kontras menjadi sisi negatif game ini.

6. Render

6 2c71e

Render adalah proses membangun gambar dari sebuah model menggunakan program komputer. Semakin bagus rendering suatu game, semakin jauh juga draw distance-nya.

Free Fire memiliki kemampuan rendering yang lebih baik dibandingkan PUBG Mobile Lite.

Kamu nggak bisa melihat objek, entah orang atau bangunan secara jelas pada jarak lebih dari 500 meter di PUBG Mobile Lite.

Jadinya, agak sulit kalau kamu ingin menggunakan sniper untuk membidik musuhmu dari jarak jauh. Namanya juga game ringan, geng.

7. Spesifikasi Minimum

Nah, kalau tadi kamu sudah sama-sama lihat perbandingan beragam aspek dari kedua game tersebut, saatnya Jaka kasih tahu kamu spesifikasi minimum kedua game ini.

Spesifikasi Minimum Free Fire PUBG Mobile Lite
CPU Quad Core Quad Core
Sistem Operasi 4.0 4.0.3
RAM 1 GB 1 GB
Memori Internal 600 MB 400 MB

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai perbandingan antara PUBG Mobile Lite dengan Free Fire. Game manakah yang lebih worth it buat dimainkan?

Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar PUBG atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Pubg Mobile Lite Vs Pubg Mobile Banner 75225

Resmi Rilis di Indonesia, Ini Perbedaan PUBG Mobile Lite dan PUBG Mobile Biasa

Cara Mengatasi Lag Pubg Mobile Banner 8b3f8

5 Cara Atasi Lag PUBG Mobile di Android (100% Ampuh!)

Free Fire Vs Pubg Cb895

Free Fire vs PUBG Mobile, Siapa Jawara Game Battle Royale Terbaik?

Game Mirip Pubg Offline 7e978

10 Game Mirip PUBG & Free Fire Offline Terbaik 2019 | Android & PC

Game Battle Royale Yang Gagal Banner C7553

9 Game Battle Royale yang Gagal Total, Free Fire Termasuk?

Fakta Mencengangkan Pubg Mobile Sejauh Ini Banner Abcd6

5 Fakta Mencengangkan PUBG Mobile Sejauh Ini, Indonesia Jadi Player Terbanyak?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal