J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

13 Proyek Teknologi Google yang Digadang-gadang Akan Mengubah Dunia

13 Proyek Teknologi Google yang Digadang-gadang Akan Mengubah Dunia

Jumat, 10 Nov 2017, 17:30 WIB
Penasaran ingin tahu apa saja sih proyek teknologi Google yang bakal ubah dunia? Selengkapnya simak ulasan Jaka berikut ini yuk!

Siapa sih yang tidak pernah dengar Google? Perusahaan teknologi ini tentunya sudah banyak dikenal karena mesin pencariannya atau search engine terbesar dan terpopuler untuk mencari sebuah informasi dari internet. Perusahaan multinasional yang bergerak pada jasa dan produk internet ini berkantor pusat di Amerika Serikat.

Google punya banyak sekali proyek yang dikerjakan, salah satu alasan kenapa Google membuat perusahaan induk Alphabet adalah karena terlalu banyaknya proyek yang harus dikerjakan oleh Google. Ya, Google menghadirkan berbagai inovasi yang memberikan banyak manfaat untuk masyarakat luas dan bisa mengubah dunia. Penasaran ingin tahu apa saja sih proyek teknologi Google yang bakal ubah dunia? Selengkapnya simak ulasan Jaka berikut ini yuk!

BACA JUGA
  • Teman Suka 'Ngaret'? Begini Cara Melacak Lokasi Teman dengan Google Maps
  • 5 Fakta Project Tango Google Membuat Navigasi GPS Tanpa Internet
  • Begini Cara Sapu Bersih Jejak Digital di Google

13 Proyek Teknologi Google yang Bakal Ubah Dunia

1. Mobil Tanpa Sopir

3cd049b0e5536729cc868a7574af4441

Proyek teknologi Google yang pertama yaitu Mobil Tanpa Sopir. Melihat banyaknya kecelakaan di berbagai belahan dunia dalam hal mengemudi, Google Inc membuat program ini untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas yang dipicu oleh kelalaian manusia itu sendiri. Tim Google membekali mobil tanpa sopir dengan sejumlah kamera dan sensor yang bertugas untuk memindai jalanan dan hambatan di jalurnya.

Seperti yang diungkapkan Urmson, sensor pada mobil tanpa sopir berupa pandangan 360 derajat, detektor yang 100% menyebar ke seluruh arah, hingga sensor untuk melacak posisi kendaraan lain, baik itu pengguna sepeda maupun pejalan kaki yang jaraknya berada dalam rentang hampir dua kali lapangan sepak bola atau sekitar 200 meter. Berdasarkan riset uji coba lebih dari 2,7 juta kilometer pengujian di jalan, Google mengklaim hanya mengalami kecelakaan ringan sebanyak 11 kali.

2. Robot Buruh Pabrik

3ac0edc4cc51fef8297cdeae80fa0d10

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu Robot Buruh Pabrik. Mungkin di masa yang akan datang tak akan banyak lagi buruh yang berkerja di pabrik-pabrik. Pasalnya perusahaan Google mempunyai tujuan dan berusaha keras untuk bisa menciptakan robot untuk mengganti tenaga kerja manusia sebagai buruh pabrik.

3. Chrome Cast

Eac0c2ce3c620dc4fa5f0fa15a3effd8

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu Chrome Cast. Jadi Chrome Cast itu adalah teknologi yang membantu pengguna menikmati video dari layar kecil ke tampilan lebih besar Televisi.

Proyek Google yang satu ini mampu memindahkan streaming video ke berbagai layar televisi kalian. Pertama kalinya Google Charome Cast diperkenalkan pada akhir tahun 2013 yang mampu menciptakan video streaming secara online ke perangkat layar televisi pengguna.

4. Lensa Kontak Diabetes

58fb1d3f02716c167e857c8168d17323

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu Lensa Konta Diabetes. Apa kalian penderita diabetes? Ada kabar gembira dari Google, sekarang kalian bisa melacak penyakit kalian melalui tetesan air mata per detik. Hal ini memungkinkan karena teknologi yang terdapat pada lensa kontak ini disematkan Chip Nirkabel dan Miniatur Sensor Glukosa.

5. JetPack

79471716e72e5f38a48432829a9b81af

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu JetPack. Google menciptakan jetpack untuk menerbangkan seseorang dengan menggunakan sabuk dan baju berbasis roket yang dipasangkan di tubuh penggunanya.

Teller mengatakan Jetpack ini sendiri sudah pernah masuk ke daftar deretan teknologi yang bahkan dialami oleh Google. Namun sayangnya, proyek ini lagi-lagi harus dihentikan karena mengingat penggunaan daya yang tidak efisien dan boros energi.

Unuk terbang seperempat mil saja Jetpack ini kabarnya harus menghabiskan satu galon gas. Belum lagi dengan efek suara gemuruah keras yang akan ditimbulkannya membuat proyek ini tidak layak untuk diteruskan.

6. Lift Luar Angkasa

327fac01912060e344e9cc46e1187e64

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu Lift Luar Angkasa. Tepatnya pada tanggal 7 Mei 2014 Konferensi TechCrunch kepala program Google justu membongkar beberapa proyek mereka yang tidak berhasil, salah satu contohnya yaitu Lift menuju luar angkasa.

Dalam proyek ini misi Google yaitu menciptakan sebuah lift yang akan mengantarkan manusia dari permukaan bumi untuk menuju atmosfer luar. Dengan adanya lift luar angkasa, diharapkan dapat membantu peneliti antariksa untuk mengamati luar angakasa secara lebih detail dan dekat.

7. Google Glass

775d55f3818fcfb3be83c2af1eabf6ff

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu Google Glass, Kacamata pintar Google Glass merupakan perangkat wearble yang diciptakan oleh Google untuk menampilkan informasi selayaknya teknologi smartphone, dengan menggunakan konsep meletakkan layar di depan mata pengguna.

Beberapa fitur Google Glass yang dirancang oleh Google, yaitu mampu menangkap perintah suara, mempunyai fitur layaknya GPS, mampu mengirimkan pesan suara untuk mengambil gambar atau merekam video, mampu mengubah data audio dari sebuah percakapan menjadi pesan teks, dan sudah terintegrasi dengan sosial media layaknya Google+. Dengan demikan akan mempermudah pengguna untuk membagikan pesan, video atau foto kapan pun dan di mana pun.

8. Pesawat Drone WiFi

5e052d954b5685d79bfea3d8a3be9bd4

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu pesawat Drone WiFi. Pasti dalam pikiran kalian bertanya-tanya, kok bisa ya drone mencapai luar angkasa? Untuk menjawab permasalahan banyaknya warga yang hingga saat ini belum tersentuh dengan teknologi internet, untuk itu Google menciptakan Drone WiFi berupa pesawat tanpa awak yang mampu terbang hingga 5 hari tanpa harus mengisi bahan bakar.

Kabarnya Google akan memproduksi 10.000 drone yang menyebarkan akses internet luar angkasa, tapi sayangnya hingga kini masih harus menunggu perintah dari pemerintah untuk bisa mengizinkan Drone WiFi bisa terbang.

9. Project Loon

10c7c6819545c63d6b078c57377bea3f

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu Project Loon, untuk penyebaran akses internet ke seluruh dunia masih belum merata. Salah satu kendala terbesar yang menghalangi yaitu masalah pada geografis yang menyulitkan pembangunan infrastruktur seperti hutan, gunung, dan pulau-pulau yang terpisah oleh hutan.

Untuk itu, google bisa mengatasinya dengan membuat proyek yaitu Project Loon. Google ingin meratakan akses internet untuk orang-orang di seluruh dunia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil. Caranya yaitu dengan memakai balon udara yang akan terbang 60.000 sampai 90.000 kaki di udara dan akan bertahan sekitar 100 hari setelah mengudara.

10. Project Titan

C42466d2c01f204d4eafecd797f42e05

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu Project Titan. Ambisi google untuk bisa mencoba menyediakan akses internet ke seluruh dunia dibuktikan melalui Project Titan. Proyek ini mengandalkan pesawat tanpa awak atau populer disebut drone.

Pesawat tanpa awak yang menyerupai capung itu diklaim mampu terbang selama 5 tahun tanpa harus turun ke darat dan mengisi bahan bakarnya. Mereka mengadalkan tenaga surya sebagai sumber energi, di mana panel-panel surya diletakkan pada bagian sayap dan ekor.

Untuk ukuran pesawatnya macam-macam tergantung tipe. Untuk Titan Aerospace Solara 60, bisa mengarungi jarak 4 juta kilometer dengaan bergantung pada tenaga surya. Pesawat itu mampu bertahan selama tahun dengan ketinggian mencapai 20 kilometer dari permukaan bumi. Dengan kemampuan tersebut, pesawat ini dapat membawa alat kamera dan peralatan komunikasi nirkabel agar bisa memancarkan sinyal internet ke daerah yang masih offline .

11. Sendok Pintar

6db8327879b748852f6cf3494796392f

Proyek teknologi Google selanjutnya yaitu Sendok Pintar. Sendok ini memang terlihat seperti sendok biasa. Sendok yang dikembangkan oleh perusahaan start-up bernama Lift Lab yang diakuisisi Google ini ditujukan bagi mereka yang menderita penyakit parkinson ataupun penyakit lain.

Sebagian orang menyebutnya sebagai sendok pintar karena akan menghasilkan getaran-getaran guna mengimbangi tremor pasien parkinson. Selain itu, sendok ini juga dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi getaran pemegang sendok.

12. Project Baseline Study

91c73c7d23529a22a6615633a84b90d2

Baseline yang dikembangkan oleh tim ekspremien Google X ini didesain untuk membangun database yang nantinya akan menunjukkan kondisi tubuh manusia yang sehat sempurna berdasarkan informasi dari gen dan molekul dari 175 individu yang dirahasiakan identitasnya. Proyek ini akan memungkinkan para dokter untuk bisa mendeteksi dan mengobati penyakit mematikan yang umum ditemukan, seperti kanker dan jantung.

Tidak hanya itu, para dokter juga akan mampu mendeteksi tren dan pola penyakit sehingga model kesehatan nantinya akan berfokus pada pencegahan, bukan lagi pengobatan seperti saat ini.

13. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Shutterstock110381039

Google juga mengembangkan riset artificial intelligence dengan menggandeng enam akademisi di bidang sains komputer dan teknik mesin Oxford University. Google memberikan kontribusi yang nyata demi dengan memastikan riset dan pengembangan kecerdasan buatan yang mampu meniru kecerdasan manusia.

Kerja sama ini bersifat terbuka dengan cara memberikan kesempatan untuk mahasiswa magang untuk terlibat dalam proyek tersebut. Google juga mengakusisi Deep Mind, sebuah perusahaan start-up di bidang pengembangan kecerdasan buatan untuk teknologi simulasi, game, dan e-commerce.

Nah, itu dia 13 proyek teknologi Google yang bakal ubah dunia. Sebenarnya masih banyak lagi proyek-proyek teknologi yang akan dikembangkan oleh Google, termasuk yang masih dirahasiakan. Yang pasti, tujuannya untuk membuat keadaan dunia menjadi lebih baik daripada sekarang. Keren ya!

ARTIKEL TERKAIT

Praktis! Begini Cara Login ke Outlook, Skype, dan OneDrive Tanpa Password

Dari Facebook Spaces Hingga Ai Ini 5 Ambisi Facebook Yang Mengubah Dunia

Dari Facebook Spaces Hingga AI, Ini 5 Ambisi Facebook yang Mengubah Dunia

Bahaya Sindrom Visi Komputer Ini Cara Melindungi Mata Di Depan Komputer

Bahaya Sindrom Visi Komputer, Ini Cara Melindungi Mata di Depan Komputer

Dari Goole Pixel 2 Ini 20 Smartphone Bezel Less Bezel Tipis Terbaik 2017

Dari Goole Pixel 2, Ini 20 Smartphone Bezel-less (Bezel Tipis) Terbaik 2017

Inilah Data Yang Dimata Matai Microsoft Di Windows 10 Creators Update

Inilah Data yang Dimata-matai Microsoft di Windows 10 Creators Update

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Produk Terkenal Google yang Gagal dan Tidak Diminati

10 Produk Terkenal Google yang Gagal dan Tidak Diminati

6 Hal Menyeramkan Gara-gara Google yang Bisa Menimpa Kamu

6 Hal Menyeramkan Gara-gara Google yang Bisa Menimpa Kamu

Inilah Dampak yang Akan Terjadi Jika Google Tidak Ada di Dunia!

Inilah Dampak yang Akan Terjadi Jika Google Tidak Ada di Dunia!

Waspada! 5 Informasi Ini 'Dicuri' Google Tanpa Sepengetahuan Kamu

Waspada! 5 Informasi Ini 'Dicuri' Google Tanpa Sepengetahuan Kamu

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal