J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Inilah Proses Interview yang Harus Dilalui Saat Melamar di Google!

              Inilah Proses Interview yang Harus Dilalui Saat Melamar di Google!

              00
              Rabu, 8 Mar 2017, 19:00 WIB
              Hampir setiap orang di dunia ini yang sudah mengerti tentang teknologi, pasti ingin sekali kerja di Google. Ya, perusahaan raksasa yang produknya sering sekali kita gunakan ini merupakan salah satu perusahaan impian semua orang.

              Hampir setiap orang di dunia ini yang mengerti tentang teknologi, pasti ingin sekali kerja di Google. Ya, perusahaan raksasa yang produk besutannya sering sekali kamu gunakan ini merupakan salah satu perusahaan impian dari sebagian besar masyarakat di dunia.

              Namun, apakah kamu tahu seperti apa proses interview yang harus dilalui jika mau melamar di perusahaan 'monster' seperti Google? Apakah ada yang tahu? Jika tidak, melalui artikel ini Jaka akan memberikan kalian informasi mengenai proses interview di kantor Google.

              BACA JUGA
              • 10 Skill yang WAJIB Dikuasai Jika Ingin Kerja di Google
              • 14 Perusahaan Teknologi yang Pasti Gaji Kamu Hingga 1 Milyar!
              • Software yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Masuk Dunia Kerja

              Inilah Proses Interview yang Harus Dilalui Saat Melamar di Google!

              Proses Interview Google 2

              Begini guys, dikutip dari Techworm, berdasarkan sumber dari situs karir Dice, 78 persen perusahaan mengharapkan adanya perekrutan yang lebih banyak lagi di awal tahun 2016. Dengan begitu, berarti akan ada banyak lowongan pekerjaan yang bisa diisi oleh para pelamar kerja mulai dari kelas entry-level hingga ke eksekutif.

              Saat ini, ada lebih dari 100 perusahaan di luar Amerika Serikat yang membuka kesempatan. Bahkan, lowongan yang tersedia melebihi dari pelamar pekerjaan yang ada. Tentu saja, kombinasi antara kedua hal ini akan menjadi saat yang tepat jika kamu sedang berburu sebuah pekerjaan. Di sisi lain, menurut laporan terbaru dari Glassdoor Economic Research, proses wawancara di setiap kerjaan rata-rata memakan waktu hingga 23 hari.

              Nah, dari data berupa gambar tabel di atas, durasi interview waktu yang lama disebabkan oleh ukuran dari perusahaan itu sendiri, lokasi, serta proses screening yang semakin ketat hingga akhirnya mendapatkan penawaran gaji.

              Proses Interview Google 5

              Sayangnya, pekerjaan di bidang teknologi yang paling diminati tahun ini, yaitu posisi Software Engineer justru menjadi proses interview yang paling memakan waktu. Proses tersebut bisa mencapai lebih dari satu bulan atau tepatnya 35 hari. Sedangkan, untuk posisi Product Engineer, bisa mencapai empat minggu.

              Maka dari itu, para peneliti dari GetVoIP, melakukan sebuah studi yang berhasil membuat 100 review berdasarkan riset dari Glassdoor. Riset tersebut bertujuan untuk mengenali tren dari keseluruhan pengalaman dalam proses perekrutan posisi Software Engineer dari 13 perusahaan raksasa paling populer di dunia. Salah satu perusahaan yang menjadi contoh studinya adalah Google.

              Proses Interview Google 1

              Studi ini melibatkan perusahaan raksasa, antara lain IBM, Microsoft, Facebook, Google, Apple, Amazon, Twitter, Intel, Cisco, Yelp, Yahoo, Uber dan LinkedIn. Pada umumnya, setiap perusahaan memiliki cara yang berbeda untuk memulai perekrutan. Contohnya, IBM, Cisco, dan Yahoo, memulai wawancaranya melalui telepon. Sementara, Amazon dan Twitter, menggunakan metode yang mengharuskan pelamar untuk mengikuti sebuah ujian secara online, sebelum akhirnya pihak perusahaan menelepon mereka.

              Lalu, ketujuh perusahaan lainnya termasuk Google, memulai proses wawancara dengan sistem screening call. Nah, untuk Amazon sendiri, tes pertama yang sudah dilakukan secara online, akan lanjut ke proses dengan tes online kedua. Setelah para pemohon menyelesaikan semua tes serta panggilan via telepon, maka wawancara secara langsung di lokasi akan dilakukan sebagai langkah terakhir. Namun, hanya pelamar kerja Yelp saja yang melakukan wawancara melalui aplikasi Skype.

              Proses Interview Google 6

              Asal kamu tahu, tidak sedikit proses wawancara melalui telepon dan pengujian secara online yang mendapat tanggapan negatif dari para pelamar kerja. Sebab, proses ini bisa membutuhkan waktu antara dua minggu hingga satu bulan. Namun, GetVoIP menunjukkan bahwa dalam proses yang lama dan berlarut-larut ini, tidak akan mempengaruhi pengalaman dari para pelamar itu sendiri.

              Maka dari itu, banyak sekali tanggapan negatif setelah para pelamar kerja melakukan proses wawancara. Tetapi, yang paling sedikit menerima tanggapan negatif setelah proses ini adalah perusahaan Cisco. Cisco malah memiliki banyak tanggapan positif dari proses wawancaranya.

              Proses Interview Google 7

              Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar tabel sebelumnya, kantor Twitter merupakan perusahaan yang menerima tanggapan negatif paling tinggi dengan persentase mencapai 42 persen. Lalu, apakah Twitter lantas menjadi perusahaan yang sulit ditaklukkan? Tidak juga. Perlu diketahui, khususnya bagi kamu yang menyukai pekerjaan dibidang teknologi, Google adalah perusahaan yang memiliki proses penerimaan pekerja paling sulit di antara perusahaan lain.

              Benar, dari 5.0 poin, Google menempati 3.4 poin di tingkat kesulitan. Namun, menariknya 56 persen dari pelamar yang mencoba di kantor Google justru melontarkan tanggapan yang positif setelah melakukan proses wawancara. Jadi, kalau kamu melamar di Google, pasti kamu akan mempunyai pengalaman yang menarik setelahnya.

              Nah, itulah proses interview yang dilakukan oleh beberapa perusahaan raksasa seperti Google. Bagaimana, apakah kamu masih tertarik untuk mencoba melamar pekerjaan ke kantor Google? Jika ya, semoga kamu bisa mendapat kesempatan dan peluang itu ya. Oh ya, Jaka punya pertanyaan buat kamu. Siapa yang tidak mau bekerja di Google? Berikan jawaban terbaikmu pada kolom komentar di bawah ya.

              APPS TERKAIT
              Lowker Icon
              Lowongan Kerja 1.0.0
              Apps Cyber Coral
              Unnamed 4result Icon
              Kerja Kerja 1.04
              Apps Gimucco PTE LTD
              Unnamed 8result Icon
              JobStreet 3.7.7
              Apps
              Unnamed 7result Icon
              JobsDB 2.3.7
              Apps JobsDB

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal