J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Teknologi yang Dikembangkan Diam-diam Oleh Korea Utara, Pemicu Perang Dunia III?

Senin, 4 Nov 2019, 18:00 WIB
Meskipun terbelakang, Korea bisa mengembangkan teknologi sendiri, geng! Di sini Jaka mau share 7 produk teknologi yang dikembangkan oleh Korea Utara.

Geng, menurut kalian semua, apa, sih, misteri terbesar yang saat ini ada di dunia? Misteri keberadaan alien? Atau mungkin cara mengupas salak yang benar?

Bagi Jaka, sih, salah satu misteri terbesar itu adalah Korea Utara itu seperti apa, geng. Negara ini memang terkenal sangat tertutup dan sering mengundang banyak pertanyaan.

Di dua tahun terakhir, negara yang satu ini sering masuk berita karena diplomasi antara Korea Utara dan Amerika Serikat tapi negara ini masih diselimuti banyak misteri.

7 Produk Teknologi yang Dikembangkan Oleh Korea Utara

Meskipun Korea Utara sangat tertutup tapi ada juga loh, geng, beberapa hal yang mereka sering umumkan ke seluruh dunia dan salah satunya dalam hal teknologi.

Merasa nggak mau kalah dengan negara maju lainnya, Korea Utara seringkali memamerkan pencapaian teknologi mereka ke publik.

Sebagai negara yang menjunjung tinggi prinsip kemandirian, Korea Utara menggunakan pencapaian teknologi ini sebagai alat propaganda, geng.

Nah, di kesempatan ini, Jaka mau share 7 produk teknologi yang dikembangkan oleh Korea Utara.

1. Pyeongwa Motors

Pyeonghwa E45f5

Kalau Korea Selatan punya Hyundai dan KIA, Korea Utara punya Pyeongwa Motors, geng, produsen mobil asli dari Korea Utara yang dilansir dari Car and Driver.

Meskipun hanya sedikit banget penduduk Korea Utara yang sanggup membeli mobil, Pyeongwa adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang bisa memasang iklan di Korea Utara.

Iklan ini juga digunakan sebagai propaganda, geng, untuk mengingatkan penduduk Korea Utara kalau negara cukup sukses sehingga bisa membuat mobil mereka sendiri.

Model terbaik mereka dinamakan Junma yang didasari oleh SsangYong Chairman dari Korea Selatan yang juga didasari oleh Mercedes E-class dari tahun 80-an.

2. Jindallae 3

Jindallae 3 255cb

Di olimpiade tahun lalu, sempat ada berita, geng, kalau atlit Korea Utara dilarang menerima HP Samsung yang pada saat itu diberikan gratis untuk semua peserta olimpiade.

Tapi, Korea Utara sendiri sebenarnya sudah memiliki beberapa produk smartphone mereka sendiri, geng, dan salah satu yang paling baru adalah Jindallae 3.

Tampilan luarnya mirip dengan iPhone tapi seperti produk smartphone Korea Utara lainnya, kemungkinan HP ini menggunakan Android yang sudah dimodifikasi.

Yang menarik, geng, dilansir dari Android Authority, pengguna hanya bisa meng-install aplikasi tambahan dengan mengunjungi pusat layanan yang tersebar di Korea utara.

3. Red Star OS

Red Star 2e3c1

Untuk menghilangkan ketergantungan terhadap teknologi luar, Korea Utara juga menggunakan operating system (OS) mereka sendiri yang bernama Red Star.

Dilansir dari Extreme Tech, Red Star 3.0 adalah Linux yang sudah dimodifikasi dengan tampilan mirip Mac OS X.

Red Star memiliki web browser berbasis Firefox yang dinamakan Naenara dan memiliki fitur yang memudahkan pemerintah dalam mengawasi penduduk Korea Utara.

Untuk mengurangi konsumsi budaya barat, OS ini menandai semua file yang ada di dalamnya, sehingga pemerintah dapat melacak file apapun yang masuk ke komputer.

4. Mirae Wi-Fi

Mirae Wi Fi Cfde4

Wi-fi itu adalah pertanyaan yang selalu kita ajukan pertama kali kalau makan di luar, geng, tapi teknologi ini masih sangat minim di Korea Utara.

Dilansir dari North Korea Tech, Mirae yang berarti masa depan adalah nama dari layanan wi-fi yang tersedia di Korea Utara.

Di sini juga disebutkan kalau layanan wi-fi Mirae anehnya membutuhkan kartu SIM untuk bisa berfungsi dan masih terbatas di Pyongyang.

Nama Mirae sendiri juga diambil dari Mirae Scientist Street yang menjadi pusat penelitian dan pengembangan dan penelitian Korea Utara yang juga menjadi lokasi dari Galaxy Tower.

5. Kwangmyong Intranet

Kwangmyong 4ae82

Seperti China, akses internet global di Korea Utara sangat dibatasi, geng, dan mayoritas penduduk hanya bisa mengakses jaringan intranet milik Korea Utara sendiri.

Jaringan intranet ini dinamakan Kwangmyong yang memiliki arti 'bintang kejora' dan bahkan memiliki layanan sosial media sendiri.

Meskipun terbatas, Kwangmyong juga memiliki website jual beli online loh, geng, yang dinamakan Mammulsang seperti yang dilansir dari NK News.

Kemampuan hacker Korea Utara memang sudah tidak diragukan lagi, geng, jadi wajar kalau Korea Utara sudah memiliki sistem intranet mereka sendiri.

6. Manbang Streaming Service

Manbang Ccb72

Di Indonesia mungkin akses Netflix masih ditutup oleh salah satu provider besar, geng, tapi Korea Utara bahkan punya Netflix mereka sendiri loh yang dinamakan Manbang.

Tapi, Manbang ini seperti gabungan antara streaming dan TV berlangganan, geng, karena pengguna membutuhkan satu set-top box untuk bisa mengakses Manbang.

Dilansir dari The Guardian, Manbang menyediakan layanan streaming TV dan video menggunakan teknologi IPTV.

7. Misil Hwasong

Hwasong 63795

Kalau kalian sering baca berita tentang tes misil Korea Utara yang sering bikin cemas bintang K-Pop favorit kalian, misil Hwasong adalah penyebabnya, geng.

Hwasong sendiri merupakan nama dari beberapa jenis misil yang terdiri dari misil jarak dekat dan misil jarak jauh.

Salah satu yang paling baru, Hwasong 15, adalah misil jarak jauh yang diduga bisa langsung menyerang seluruh Amerika Serikat.

Meskipun Korea Utara dianggap terbelakang di banyak bidang, geng, mereka punya teknologi militer yang patut ditakuti dan Hwasong adalah salah satu buktinya.

Akhir Kata

Itulah, geng, 7 produk teknologi yang dikembangkan oleh Korea Utara. Sebenarnya untuk produk mobil dan smartphone nggak sepenuhnya Korea Utara, geng.

Tapi memang untuk negara yang sangat terkucil, hasil produk teknologi dari Korea Utara sebenarnya nggak buruk-buruk banget.

Bagaimana pendapat kalian tentang teknologi Korea Utara di atas? Apa kalian punya contoh lainnya, geng? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Korea Utara atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Fakta Kehidupan Korea Utara

10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Korea Utara

Peraturan Teknologi Korea Utara Banner 64944

10 Peraturan Teknologi Aneh di Korea Utara, Gak Boleh Punya HP?

Foto Terlarang Korea Utara

15 Foto Terlarang yang Tidak Boleh Kamu Ambil di Korea Utara

Banner Korut

5 Hal Terlarang yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Korea Utara

Channel Youtube Asli Korea Utara 59f07

7 Channel YouTube Asli Korea Utara yang Bisa Kamu Tonton, Atta Halilintar Lewat!

Banner 47954

7 Fakta Mengejutkan Grup Hacker Korea Utara, Amerika Serikat Takut Sama Mereka?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Peraturan Teknologi Aneh di Korea Utara, Gak Boleh Punya HP?

10 Peraturan Teknologi Aneh di Korea Utara, Gak Boleh Punya HP?

7 Fakta Mengejutkan Grup Hacker Korea Utara, Amerika Serikat Takut Sama Mereka?

7 Fakta Mengejutkan Grup Hacker Korea Utara, Amerika Serikat Takut Sama Mereka?

7 Channel YouTube Asli Korea Utara yang Bisa Kamu Tonton, Atta Halilintar Lewat!

7 Channel YouTube Asli Korea Utara yang Bisa Kamu Tonton, Atta Halilintar Lewat!

Daebak! 7 Aplikasi Chat dengan Orang Korea Terbaik Buat Cari Teman Baru

Daebak! 7 Aplikasi Chat dengan Orang Korea Terbaik Buat Cari Teman Baru

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal