J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Poster Film Tiongkok yang Menjiplak Film Hollywood | Kehabisan Ide?

7 Poster Film Tiongkok yang Menjiplak Film Hollywood | Kehabisan Ide?

Rabu, 23 Sep 2020, 19:00 WIB
Poster film-film Tiongkok di bawah ini diyakini menjiplak poster film-film Hollywood yang sudah ada karena memiliki desain dan tata letak yang mirip.

Poster film berguna untuk mempromosikan sebuah film. Biasanya, sebuah poster menampilkan aktor-aktor yang membintangi film tersebut, serta gambar latar belakang yang memberikan vibe yang sesuai dengan film yang akan ditampilkan.

Contohnya, poster film horor cenderung menggunakan warna-warna gelap agar memberikan kesan misterius.

Nggak cuma poster yang representatif, kadang ada poster film yang terlalu vulgar dengan tujuan menarik minat banyak penonton yang penasaran dengan isi film tersebut.

Selain itu, ada juga dua poster film yang mirip antara satu sama lain. Entah disengaja atau tidak, keduanya menampilkan desain yang hampir sama, sehingga kesannya salah satu poster tersebut menjiplak poster yang lain.

Nah, 7 poster film Tiongkok di bawah ini sangat mirip dengan poster film Hollywood. Mulai dari layout yang identik hingga karakter yang benar-benar mirip, kamu akan sulit membedakan keduanya, geng.

7 Poster Film Tiongkok yang Mirip Poster Film Hollywood

Mungkin saja pembuat poster film-film Tiongkok di bawah ini terinspirasi dengan poster-poster film Hollywood yang sudah ada. Namun, kalau hasilnya sangat mirip, bukankah hal itu disebut plagiarisme?

Kalau kamu mau tahu poster film Tiongkok apa saja yang Jaka maksud, baca daftar lengkapnya melalui penjelasan berikut ini.

1. Middle-Aged Adventures: Out of Breath

Middle Aged Adventures Out Of Breath 746cf

Film Tiongkok satu ini menjiplak poster film The Ides of March (2011) yang dibintangi oleh aktor-aktor terkenal, seperti Ryan Gosling, George Clooney, Philip Seymour Hoffman, dan Evan Rachel Wood.

Seperti yang bisa kamu lihat pada foto di atas, kedua poster film tersebut sama-sama menampilkan salah satu aktor yang sedang memegang majalah yang terlipat. Kalau kamu perhatikan, sampul majalah tersebut menampilkan wajah aktor yang lain, meskipun sekilas mereka terlihat mirip.

Bedanya, poster film The Ides of March lebih berwarna, sedangkan film Middle-Aged Adventures: Out of Breath lebih memilih konsep hitam putih. Menurutmu, lebih keren yang mana, geng?

2. Call for Love

Call For Love Adffc

Film Tiongkok selanjutnya yang menjiplak poster film Hollywood adalah Call for Love (2007). Film komedi romantis ini memiliki poster yang tampilannya mirip dengan poster film Ocean's Twelve (2004).

Sama-sama berwarna merah, kamu bisa melihat beberapa pria yang berlarian dalam kedua poster film tersebut.

Bedanya, poster film Tiongkok yang dibintangi oleh Fan Bingbing yang sudah bermain untuk beberapa film Marvel seperti Iron Man 3 (2013) dan X-Men: Days of Future Past (2014) ini juga menampilkan seorang perempuan dalam gaun biru.

3. Detective Tanglang

Detective Tanglang F18d4

Apakah kamu ingat dengan film detektif yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. dan Jude Law berjudul Sherlock Holmes (2009)? Nah, ternyata poster filmnya ditiru oleh salah satu serial TV asal Tiongkok bernama Detective Tanglang (2010).

Sama-sama mengisahkan seorang detektif yang berusaha mengungkap kasus-kasus misteri, ternyata keduanya juga memiliki poster dengan konsep yang mirip.

Menggunakan tone warna hijau, poster Sherlock Holmes menampilkan dua pemeran utamanya, yaitu Downey Jr. dan Law. Sementara itu, ada tiga aktor utama yang ditampilkan dalam poster Detective Tanglang, yaitu Wallace Huo, Alina Zhang, dan Shawn Wei.

4. Fit Lover

Fit Lover 0fd5c

Persamaan film Love Actually (2003) dengan Fit Lover (2008) nggak hanya dari segi genre mereka, yaitu sama-sama film romantis, melainkan juga dari konsep poster film.

Kedua poster film tersebut sama-sama menampilkan para pemeran mereka dalam bentuk kolase foto dan pita merah di bagian tengahnya.

Jika di poster film Love Actually menampilkan surat cinta di bawah pita merah tersebut, maka poster film tiruannya menampilkan foto Karena Lam, sang pemeran utama, dalam bingkai berbentuk love.

5. I Do

I Do 55419

Film Black Swan (2010) yang mengantarkan Natalie Portman meraih piala Oscar untuk kategori Aktris Terbaik ini memiliki konsep bulu-bulu angsa berwarna hitam yang beterbangan. Tentunya hal ini menjadi representasi dari judul film tersebut.

Ternyata, poster film tersebut justru dijiplak oleh film Tiongkok bernama I Do (2012). Bedanya, bulu-bulu angsa yang beterbangan di poster film ini berwarna putih karena mereka sudah menggunakan warna hitam sebagai background.

Tapi, keduanya memiliki genre yang berbeda, geng. Black Swan mengangkat aliran psychological thriller yang cukup membuat kita berpikir keras, sedangkan I Do adalah film drama komedi yang ringan.

6. Hot Summer Days

Hot Summer Days 3cfe8

Rasanya, film-film romantis Tiongkok suka banget meniru poster film Hollywood.

Pasalnya, selain Call for Love dan Fit Lover, dalam daftar Jaka kali ini juga ada satu lagi film romance dari Negeri Tirai Bambu yang posternya meniru film Hollywood, yaitu Hot Summer Days (2010).

Poster filmnya memiliki latar belakang warna kuning dan bentuk hati yang hampir memenuhi seluruh poster berisi foto-foto para pemerannya.

Sementara poster film yang dijiplaknya, Valentine's Day (2010), memiliki latar belakang berwarna pink dan juga foto-foto pemain yang dibingkai dengan bentuk hati.

Jika Valentine's Day mengangkat berbagai kisah cinta pada hari Valentine, Hot Summer Days lebih berfokus pada cerita-cerita cinta yang terjadi pada Tahun Baru Imlek.

7. Autobots

Autobots 07b22

Nggak cuma film romantis, ternyata juga ada film animasi dari Tiongkok yang posternya meniru film Hollywood.

Meskipun keduanya adalah film yang berbeda, namun karakter-karakter dalam film Autobots (2015) sangat mirip dengan film animasi Pixar Cars (2006).

Kamu bisa melihat kemiripan dua film tersebut melalui posternya. Meskipun memiliki gambar latar belakang yang berbeda, namun kedua poster film animasi ini sama-sama menampilkan mobil-mobil yang menjadi karakter dalam film masing-masing.

Akibatnya, pada Juli 2016, Walt Disney Company mengajukan tuntutan hukum terhadap studio produksi film Autobots, Bluemtv, atas dugaan pelanggaran hak cipta.

Disney memenangkan kasus ini dan Bluemtv diwajibkan membayar denda sebesar 190.000 USD atau hampir 2,8 miliar rupiah.

Akhir Kata

Itu dia 7 film Tiongkok yang memiliki poster menyerupai, atau bahkan mirip, dengan poster film-film Hollywood.

Daripada menjiplak karya orang lain, lebih baik kita menciptakan karya sendiri, geng. Selain bisa mengasah kreativitas, tentu kita akan lebih puas dengan hasilnya.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Robot Terbaik 2020 86b60

10 Film Robot Terbaik & Terbaru 2020, CGI-nya Gak Kaleng-Kaleng!

Editan Photshop Poster Film Hollywood A5962

10 Editan Photoshop Seseorang yang Masuk ke Dalam Poster Film Hollywood

Plesetan Poster Film Kocak 16

15 Plesetan Poster Film yang Bikin Pengen Nonton Film Aslinya

Film China Terbaik Banner 8d7ed

10 Film China Terbaik Sepanjang Masa, Gak Kalah Sama Film Hollywood!

Film Live Action Disney Banner 2dc44

13 Film Disney Live-Action Terbaik dan Terbaru 2020, Wajib Nonton!

Film Robert Downey Jr Banner A9173

10 Film Terbaik Robert Downey Jr. Selain Iron Man dan Avengers, Ada Film Komedi!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Terlalu Vulgar, 7 Poster Film Kontroversial ini Di-Banned di Seluruh Dunia

Terlalu Vulgar, 7 Poster Film Kontroversial ini Di-Banned di Seluruh Dunia

7 Poster Film Terburuk & Gagal Total, Gak Pinter Ngedit Photoshop Nih!

7 Poster Film Terburuk & Gagal Total, Gak Pinter Ngedit Photoshop Nih!

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal