J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Pinjam Uang Online vs Pinjam dari Bank | Mending yang Mana?

              Pinjam Uang Online vs Pinjam dari Bank | Mending yang Mana?

              00
              Kamis, 7 Mar 2019, 11:00 WIB
              Kini tengah marak penyedia jasa pinjam uang online. Jika dibandingkan dengan pinjaman uang di bank, mana kira-kira yang lebih baik?

              Pada era digital di mana kita tinggal sekarang, hampir semua lini tersentuh oleh teknologi. Salah satunya adalah bidang keuangan, terutama peminjaman uang.

              Dulu, kita harus ke bank dengan aset yang dimiliki sebagai jaminan. Apabila kita tidak mampu mengembalikan uang tersebut, lenyaplah aset tersebut.

              Sekarang, melalui ponsel kamu bisa mendapatkan pinjaman uang dengan syarat yang cukup ringan. Jadi, mana yang lebih baik, pinjam uang secara online atau pinjam uang di bank?

              Pinjam Uang Online vs Pinjam Uang di Bank

              Telah banyak layanan berbasis online yang memberikan fasilitas peminjaman uang. Kamu bisa mengaksesnya melalui aplikasi-aplikasi yang ada di tulisan Jaka yang satu ini.

              Jadi, kira-kira mana yang lebih baik?

              1. Syarat dan Dokumen Pengajuan Kredit Pinjaman

              Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh layanan online adalah syarat yang mudah dan proses persetujuan yang dapat dilakukan hanya dalam waktu beberapa jam.

              Tentu hal tersebut tidak bisa kita dapatkan di bank. Apalagi, kita tidak boleh memiliki riwayat kredit yang membuktikan bahwa kita pernah tidak mampu membayar hutang kita.

              Selain itu, proses persetujuan membutuhkan waktu yang lebih lama bahkan hingga berhari-hari karena bank akan melakukan beberapa proses verifikasi.

              Beberapa bank telah memiliki layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang membuat kita tidak perlu menyerahkan aset sebagai jaminan. Tentu saja, proses verifikasinya menjadi lebih ketat.

              Oleh karena itu, jika kamu butuh uang secara darurat, lebih baik kamu meminjam melalui layanan online.

              2. Limit Kredit

              Bank mampu memberikan limit kredit yang sangat tinggi tergantung aset atau agunan yang dijadikan jaminan. Semakin tinggi nilai aset, semakin besar nilai pinjaman yang bisa diberikan.

              Sebaliknya, peminjaman online tidak bisa memberikan dana terlalu besar tanpa agunan. Bahkan beberapa perusahaan hanya bisa memberikan satu juta rupiah di awal peminjaman.

              3. Bunga Kredit

              Tiap-tiap bank memberikan bunga kredit yang sangat kompetitif karena adanya aturan untuk mengikuti suku bunga yang ditentukan oleh Bank Indonesia sebagai regulator.

              Sebaliknya, belum ada yang mengatur bunga kredit untuk layanan online, sehingga besaran bunga diserahkan kepada para pemain di lini ini.

              Hal itu menyebabkan peminjaman online memiliki bunga yang demikian tinggi jika dibandingkan dengan bank. Bahkan, bunganya bukan bulanan, melainkan harian.

              4. Masa Tenor

              Masa tenor adalah jangka waktu yang dibutuhkan untuk membayar pinjaman kita ke pihak yang memberikan hutang.

              Masa tenor yang diberikan bank cenderung lebih lama daripada peminjaman online. Tentu saja semakin panjang masa tenornya, semakin besar pula bunga yang harus dibayarkan.

              5. Penagihan dan Biaya Keterlambatan

              Untuk sektor yang satu ini, baik pinjaman online maupun bank akan sama-sama melakukan penagihan apabila nasabah sudah jatuh tempo pembayaran hutang.

              Tentu penagihan ini dilakukan secara bertahap, mulai peringatan melalui telepon atau email hingga datangnya debt collector ke rumah kita.

              Selain itu, apabila kita telat membayar pinjaman, otomatis kita akan terkena biaya keterlambatan yang jumlahnya tidak sedikit. Baik bank maupun online sama-sama memberlakukan peraturan ini.

              6. Keamanan

              Jika bicara tentang keamanan, jelas bank lebih unggul, apalagi jika berbicara tentang bank-bank yang sudah memiliki reputasi mentereng.

              Sebagai pemain baru, tentu banyak orang yang meragukan keamanan dan kredibilitas online peminjaman online. Apalagi, kini banyak sekali penipuan-penipuan yang telah memakan banyak korban.

              Seandainya kamu ingin meminjam uang melalui layanan online, pastikan bahwa perusahaan tersebut terpercaya dan telah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya, geng!

              Akhir Kata

              Jadi gitu geng perbandingan antara peminjaman online dan bank. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas siapa pemenangnya?

              Jika kamu sedang mencari pinjaman uang dengan jumlah yang besar dan memprioritaskan keamanan, maka lebih baik kamu pilih pinjaman di bank.

              Akan tetapi jika kamu butuh dana depat untuk keadaan darurat dengan syarat yang enggak terlalu ribet, gunakanlah peminjaman online.

              Ingat ya, geng, yang namanya hutang itu dibawa sampai mati! Jadi, sebelum meminjam uang, pikirkan secara matang terlebih dahulu. Jangan sampai deh hutang menjeratmu!

              Baca juga artikel seputar Fintech atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal