J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Pilihan Karier Lulusan Programmer Java, Tinggal Minta Gaji!

4 Pilihan Karier Lulusan Programmer Java, Tinggal Minta Gaji!

Sabtu, 26 Agt 2017, 14:00 WIB
Nah, untuk tahu prospek karier apa yang bisa ditempuh lulusan programmer Java, berikut ini Jaka kasih tahu daftar pilihan karier lulusan programmer Java. Simak ya!

Java Programmer adalah sebutan untuk orang yang ahli atau menguasai bahasa pemrograman, khususnya Java. Pada 2017 ada banyak sekali peluang bagi seorang programmer Java. Dikutip dari laman makeusof, dengan tingkat pertumbuhan yang diproyeksian 19% untuk periode 2014-2024 (pada semua kategori pemrograman aplikasi) disebutkan bahwa prospek untuk berkarier sebagai programmer Java sangatlah menjanjikan.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan posisi programmer Java, maka kalian harus memiliki minimal pendidikan gelar sarjana di bidang ilmu komputer, sistem informasi, teknik informatika, atau yang setara. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menginginkan gelar master juga untuk posisi tersebut. Tetapi tak menutup kemungkinan juga jika terdapat perusahaan yang menerima pelamar tanpa pendidikan formal untuk menempati posisi ini karena ia lebih memiliki pengalaman dan pengetahuan teknis yang cukup. Nah, untuk tahu prospek karier apa yang bisa ditempuh lulusan programmer Java, berikut ini Jaka kasih tahu daftar pilihan karier lulusan programmer Java. Simak ya!

BACA JUGA
  • PERLU TAHU! Ini Dia Cara Jitu Menjadi Programmer yang Andal
  • 12 Situs untuk Belajar Coding Secara Gratis
  • 10 Situs Belajar Desain Grafis Secara Gratis

4 Pilihan Karier Lulusan Programmer Java, Tinggal Minta Gaji!

Jenjang Karir Programmer Java

A23890561b13f57ea058659f341a80f0
Sumber foto: Foto: Ed2Go

Begitu seorang pelamar resmi mendapatkan pekerjaan, langkah selanjutnya yang akan mereka hadapi adalah jenjang karier. Nah, untuk setiap programmer, ada beberapa jenjang yang harus mereka lewati. Tentu hal ini juga bergantung pada masing-masing pengalaman yang dimiliki untuk menempati salah satu posisi berikut ini.

  • Programmer Junior

Programmer junior biasanya akan menempati posisi mereka ini hingga 3-4 tahun. Tugas utama programmer junior adalah terdiri dari coding, debugging, meninjau kode, dan membuat dokumentasi teknis. Pada tahap ini, programmer Java akan lebih berkonsentrasi untuk mendapatkan lebih banyak tentang pengalaman sekaligus lingkup kerja dari bahasa pemrograman itu sendiri dan berusaha untuk mendapatkan sertifikasi pada beberapa area.

  • Programmer Senior

Saat seorang programmer telah mendapatkan lebih banyak pengalaman, pengetahuan, dan sertifikasi, maka tentu mereka akan beralih menjadi seorang programmer senior. Di tahap ini peran mereka sudah pasti memiliki tanggung jawab yang lebih berat, yaitu menjadi mentor bagi programmer junior, serta akan terlibat dalam keseluruhan desain dan implementasi perangkat lunak.

Sesekali programmer senior juga akan terlibat dalam coding. Seorang programmer senior juga akan mulai belajar berinteraksi dengan pengguna aplikasi. Dalam hal ini, fokus programmer senior mulai beralih ke arah yang lebih manajerial sesuai dengan minat, pendidikan, dan sertifikasi yang diambil.

  • Arsitek

Pada tahap ini, dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, seorang programmer bisa memiliki jenjang karier pada tingkat arsitek yang memiliki tugas berinteraksi dengan pelanggan dan klien sebagai pengguna perangkat lunak, juga mengumpulkan dan menganalisis requirement yang dibutuhkan, dan bertanggung jawab untuk keseluruhan arsitektur sistem. Pada tingkat ini, seorang programmer juga akan mengambil peran manajerial yang lebih tinggi lagi termasuk berinteraksi dengan pihak manajemen di tingkat atasnya.

  • Manajer

Pada tahap Manajer, yakni sudah masuk pada jalur pengelolaan, biasanya ditambah dengan tugas untuk melatih peran manajerial serta sertifikasi untuk tingkatan di bawahnya. Tugas seorang manajer di sini juga mencakup tanggung jawab keseluruhan untuk mendistribusi perangkat lunak, mengelola keuangan dan anggaran, serta berinteraksi dengan pihak manajemen di atasnya.

Pilihan Karier Programmer Java

Seorang programmer Java banyak digunakan di perusahaan untuk menempati berbagai posisi dan area kerja. Oleh karena itu, sebagaian besar programmer Java di tiap perusahaan dapat dikategorkan ke dalam beberapa pilihan karier utama sebagai berikut.

  • Back-End Developer
    9f25d7b4932e0c4b4ce340aaebb94100
    Sumber foto: Foto: Shamrock Recruiting

Tugas utama Back-End Developer adalah menulis kode untuk Back-End Server termasuk di dalamnya mencakup Web Server, Database Server, dan Aplikasi Server. Saat ini posisi inilah yang paling diminati oleh banyak perusahaan. Selain wajib memiliki pengetahuan mengenai inti platform Java, seseorang yang menginginkan posisi ini juga harus memiliki pengetahuan pada bidang:

  • EJBs atau Enterprise Java Beans.
  • SQL, banyak dibutuhkan dalam proyek skala besar dan kecil.
  • JSP dan Servlets, platform yang menangani Web Server Stack.
  • REST Service, yang digunakan untuk mengekspos API ke layanan Web.

  • Big Data Developer

    5c60af974a4418d8a8cf65327331527f
    Sumber foto: Foto: matrixmarketers

Seorang Big Data Developer bertugas mengelola sebuah datasheet yang besar. Posisi ini juga dianggap memiliki jenjang karier yang cepat berkembang karena banyaknya perusahaan yang mencari posisi ini untuk memanfaatkan sekumpulan data yang besar untuk keperluan bisnis dan pengambilan keputusan. Jika kamu menginginkan posisi ini, maka setidaknya kamu harus memiliki pengetahuan mengenai bidang:

  • Hadoop, sebuah platform pertama yang membawa Big Data ke permukaan.
  • Spark
  • PIG, yakni bahasa pemrograman untuk menulis mengenai Big Data Processing.
  • MapReduce, teknologi yang mendasari mengenai Big Data Processing.

  • Android Developer

    3cc4fff0253fef5a4deec79c35861cc5
    Sumber foto: Foto: StackSocial

Teknologi pemrograman Android yakni berbasis Java. Untuk mengembangkan aplikasi Android pada tingkatan apa pun kita memerlukan platform Java untuk membuatnya berjalan. Seperti yang kita ketahui bersama jika Android saat ini adalah platform yang populer. Jika kamu memilih karier sebagai seorang Android Developer, maka itu adalah keputusan yang tepat. Bahkan, saat ini pun setiap perusahaan yang memanfaatkan web sebagai media informasi utama mereka atau perusahaan e-commerce pasti akan membutuhkan aplikasi Android (dan iOS) untuk tetap relevan dengan perkembangan zaman.

  • Embedded Device Developer
    98c36dffe22c32ad99dca9a310a6be80
    Sumber foto: Foto: StackSocial

Embedded Device Developer adalah peluang karier yang saat ini sedang tumbuh berkembang. Mengingat banyaknya jumlah perangkat mulai dari Router, perangkat jaringan lainnya, hingga perangkat di bidang entertainment yang menggunakan teknologi Java sebagai platform utama sistem perangkat keras mereka. Tentu saja hal ini merupakan peluang bagi seorang programmer embedded Java yang ingin mengambil kesempatan tersebut.

Itulah prospek karier yang bisa ditempuh lulusan programmer Java. Bagaimana? Kamu tertarik dengan beberapa posisi di atas dan ingin memutuskan untuk menjadi programmer Java suatu saat nanti? Yuk, berlatih dengan giat mulai dari sekarang supaya keinginan tersebut dapat terwujud. Oh iya, Jangan lupa share pengalaman kamu yang bergelut di bidang tersebut di kolom komentar di bawah ini..

ARTIKEL TERKAIT
Situs Belajar Web Design Gratis Banner

10 Situs Belajar Web Design Secara Gratis

Hacker Cantik 7

Ini Dia 10 Hacker Cantik yang Memukau Dunia

Cara Membuat Password Yang Kuat

Mau Password ANTI HACKER? Ini 7 Langkah Mudah Membuatnya!

Hacker

KEREN! Inilah 5 Aplikasi yang Biasa Digunakan oleh Hacker

Hacker Berbahaya

Inilah 10 Hacker Paling Berbahaya di Dunia (Psst.. Ada Hacker Indonesia Lho)

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Line For Android Icon2 Icon
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Anggapan Salah Orang Awam Tentang Programmer, Sedih Banget Kalau Diceritain!

10 Anggapan Salah Orang Awam Tentang Programmer, Sedih Banget Kalau Diceritain!

PERLU TAHU! Ini Dia Cara Jitu Menjadi Programmer yang Andal

PERLU TAHU! Ini Dia Cara Jitu Menjadi Programmer yang Andal

Kata Siapa Bisa Coding Itu Enak? Ini Dia Mimpi Buruk Para Programmer!

Kata Siapa Bisa Coding Itu Enak? Ini Dia Mimpi Buruk Para Programmer!

5 Level Programmer Berdasarkan Kemampuannya (Skill) Miliknya

5 Level Programmer Berdasarkan Kemampuannya (Skill) Miliknya

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal