J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Bingung Pilih OS 32 Bit Atau 64 Bit? Coba Simak 5 Hal Penting Ini Dahulu

              Bingung Pilih OS 32 Bit Atau 64 Bit? Coba Simak 5 Hal Penting Ini Dahulu

              00
              Kamis, 5 Jan 2017, 20:00 WIB
              Penentuan antara OS 32 bit dan 64 bit kerap kali membingungkan. Nah, agar kamu tidak salah dalam memilih versi bit yang cocok untuk komputer kamu, sebaiknya kamu baca artikel Jaka berikut.

              Memilih sebuah OS yang tepat untuk sistem komputer kita merupakan hal yang sangat penting. Dengan mempergunakan OS yang tepat, tentu sistem komputer kita dapat berjalan dengan baik secara optimal. Namun apabila kita memilih OS yang salah, bukan tidak mungkin malah berdampak buruk untuk sistem komputer kita.

              Seperti salah satunya dalam penentuan antara OS 32 bit dan 64 bit. Nah, agar kamu tidak salah memilih versi bit yang cocok untuk komputer kamu, sebaiknya kamu baca artikel Jaka berikut.

              BACA JUGA
              • Wow, Ada Game GTA 8-Bit! Bisa Dimainkan Smartphone Jadul Loh!
              • Keren! Inilah Kematian Para Tokoh Star Wars dalam Video 8-bit
              • Kumpulan Wallpaper HD Android Keren dengan Format 8-Bit

              Ini Cara Menentukan Pilihan OS 32 Bit atau 64 Bit

              Dalam menentukan sebuah OS yang cocok untuk komputer kita, kerap kali bit menjadi sebuah pertimbangan yang cukup membingungkan. Pasalnya, bukan tidak mungkin sebuah komputer dapat berjalan baik mempergunakan OS 32 bit ataupun 64 bit. Namun manakah yang lebih baik?

              Nah, daripada kamu bingung, sebaiknya simak deh 5 hal penting ini dari Jaka. Jaka akan kasih tahu kamu hal penting yang perlu diperhatikan saat menentukan bit OS mana yang cocok pada sistem komputer kamu. Berikut 5 hal penting tersebut.

              1. Apa Perbedaan OS 32 Bit dan 64 Bit?

              Hal pertama yang kamu perlu tahu untuk menentukan bit OS yang cocok pada komputer kamu tentu perbedaan dari pilihan bit OS itu sendiri. Secara garis besar, perbedaannya adalah pada angka kalkulasi per detik yang bisa dilakukannya. Tentunya hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap performa sistem komputer kamu.

              Foto Jejaringblogunnes Bit1

              Untuk lebih lanjut detailnya seperti apa, kebetulan dulu Jaka sudah pernah membuat artikelnya. Jadi kamu hanya perlu untuk menyimak artikel Jaka pada tautan berikut.

              Perbedaan Windows 32 Dan 64
              Inilah Perbedaan Windows 32bit dan 64bit yang Pasti Belum Kamu Ketahui
              Sejauh ini ada dua basis sistem yang berbeda yaitu 32 bit dan 64 bit. Kadang pengguna tidak memerhatikan basis Windows yang digunakan ini, apakah 32 bit atau 64 bit. Padahal untuk penggunaan, ada perbedaan diantara keduanya dan perbedaan te
              LIHAT ARTIKEL

              Kalau kamu masih bingung, mungkin sebagai tambahan, kamu juga bisa menyimak video berikut. Video ini akan mencoba memberikan penjelasan mengenai perbedaan dasar 32 bit dan 64 bit secara singkat.

              2. Apakah Sistem Saya Mendukung OS 64 Bit?

              Lalu hal yang perlu kamu ketahui, apakah sistem komputer kamu mendukung OS 64 bit. Contohnya apabila kamu mempergunakan sistem komputer dengan prosesor yang masih 32 bit, tentunya hal ini akan mengharuskan kamu mempergunakan OS 32 bit. Namun kalau kamu mempergunakan prosesor 64 bit, kamu sudah dapat memilih, ingin memakai OS 32 bit atau 64 bit.

              Foto Pcadvisor Bit3
              Sumber foto: Foto: PC Advisor

              Atau apabila ternyata kamu mempergunakan sebuah komputer tua, tentunya kamu harus berpikir ulang untuk memakai OS 64 bit. Pasalnya bukan tidak mungkin driver-driver yang diperuntukkan pada sistem komputer kamu tidak akan memberikan dukungan 64 bit.

              3. Berapa Jumlah RAM yang Kamu Butuhkan?

              Hal berikut yang perlu kamu ketahui, berapa jumlah RAM yang kamu butuhkan? Namun sebelum lebih jauh, sudahkah kamu tahu RAM itu apa?

              RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, berfungsi sebagai penyimpanan data yang bersifat sementara dengan kecepatan tinggi serta digunakan untuk file sistem.

              Foto Pckomputerrumahku Bit2
              Sumber foto: Foto: PC Komputer Rumahku

              Keterkaitan pada penentuan bit OS yaitu karena OS 32 bit hanya bisa untuk maksimal RAM dengan ukuran 4 GB saja, sementara 64 bit bisa hingga 16 miliar GB (tergantung versi OS yang kamu pakai). Apabila kamu ingin mempergunakan RAM di atas 4 GB, tentunya kamu harus mempertimbangkan untuk mempergunakan OS 64 bit.

              4. Apa Keunggulan OS 64 Bit?

              Hal selanjutnya adalah keunggulan yang ditawarkan oleh OS 64 bit. Seperti contohnya dengan mempergunakan OS 64 bit, software-software kamu yang berat akan berjalan jauh lebih ringan, multitasking juga jauh lebih baik jika menggunakan OS 64 bit.

              Untuk lebih detailnya seperti apa, kamu bisa simak dalam video berikut. Video ini akan memberikan kamu penjelasan detail mengenai perbedaan performa yang kamu dapatkan saat mempergunakan OS 32 bit dan OS 64 bit.

              5. Kesimpulan, OS 64 Bit atau 32 Bit?

              Setelah melihat beberapa hal di atas, kamu pasti bisa mengambil beberapa kesimpulan seperti poin-poin berikut.

              • Apabila kamu memakai prosesor yang sudah mendukung 64 bit, mempergunakan OS 64 bit akan membuat kinerja prosesor kamu jauh lebih maksimal.
              • Apabila RAM kamu di atas 4 GB, tentu wajib untuk kamu memakai OS 64 bit. Jika tidak, nantinya RAM kamu hanya akan terbaca sebesar 4 GB saja.
              • Pastikan dukungan driver untuk sistem komputer kamu sudah mendukung 64 bit. Jika tidak, nantinya sistem komputer kamu tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

              Demikian artikel dari Jaka mengenai 5 hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan bit OS untuk komputer kamu. Semoga bermanfaat ya! Jika kamu ada pertanyaan, silakan meninggalkannya di kolom komentar!

              Banner: Final Fantasy Wiki dan Wallpapers Wide

              APPS TERKAIT
              Windows 8 Logo
              Windows 10 Technical Preview (32bit) Build 10049
              Apps Microsoft Corporation
              Windows 8 Logo
              Windows 10 Technical Preview (64bit) Build 10049
              Apps Microsoft Corporation
              Chrome Offline Installer Icon
              Chrome for Windows 70.0.3538.102
              Apps Google Inc.
              Google Chrome Icon
              Google Chrome 64-bit 70.0.3538.102
              Apps Google Inc.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal