J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Perusahaan Teknologi Terkenal yang Dibeli Google, Bangkrut Semua?

7 Perusahaan Teknologi Terkenal yang Dibeli Google, Bangkrut Semua?

Minggu, 19 Jan 2020, 20:00 WIB
Berusaha untuk lebarkan sayap bisnis yang digelutinya, berikut adalah beberapa perusahaan yang berhasil diakuisisi oleh Google.

Menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia saat ini, tentu kamu sudah nggak asing lagi dong dengan nama Google?

Sejak didirikan tahun 1998 silam, kini pertumbuhan Google terjadi dengan sangat cepat hingga telah menghasilkan berbagai produk, jasa, hingga akuisisi perusahaan.

Nggak tanggung-tanggung, beberapa perusahaan besar yang sudah punya nama pun turut menjadi salah satunya yang berhasil diakuisisi oleh Google.

Mau tahu apa saja perusahaan-perusahaan itu? Yuk, cari tahu jawabannya lewat artikel selengkapnya berikut ini!

Perusahaan yang Diakuisisi Oleh Google

Meskipun produk-produk yang dihasilkannya sudah cukup mampu membuat Google menjadi salah satu perusahaan yang diperhitungkan, namun hal itu nggak lantas membuat Google puas dengan apa yang sudah diraihnya.

Alhasil, beberapa perusahaan berikut resmi diakuisisi oleh Google untuk terus mengembangkan sayap bisinsnya.

1. YouTube

Youtube 474e0

Dibuat oleh tiga mantan karayawan PayPal pada Februari 2005 silam, situs web yang memungkinkan penggunanya untuk nonton streaming dan berbagi video ini akhirnya resmi diakuisisi oleh Google pada Oktober 2006.

YouTube, LLC resmi dibeli oleh Google dengan nilai US$1.65 miliar dan kini beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

YouTube pun kini menjadi salah satu produk Google yang paling laris dan banyak digunakan karena menawarkan fitur-fitur yang menarik.

Salah satunya yang paling terbaru adalah layanan YouTube Music yang menyediakan ribuan playlist dan hal menarik lainnya.

2. Nest Labs

Nest Labs 3e460

Didirikan pada tahun 2010 lalu oleh dua mantan insinyur Apple yakni Tony Fadell dan Matt Rigers, Nest Lab merupakan perusahaan independen yang menjual berbagai macam produk smart home.

Di tengah popularitasnya yang semakin dikenal masyarakat pada saat itu, Nest Lab akhirnya resmi diakuisisi oleh Google pada Januari 2014 lalu dengan nilai US$3.2 miliar.

Meskipun statusnya sudah diakuisisi, namun saat itu Nest Lab tetap diperbolehkan beroperasi dan memakai nama brand mereka sendiri.

Hingga pada tahun 2018 lalu ketika Nest Lab berhasil meraih penjualan luar biasa, Google akhirnya memutuskan untuk menggabungkan Nest dengan Google yang kemudian berganti nama menjadi Google Nest.

3. Motorola Mobility

Motorola Mobility E6993

Diakusisi dengan nilai mencapai US$12.5 miliar, hal ini rupanya menjadi akuisisi terbesar yang pernah dilakukan oleh Google.

Google resmi mengakuisisi perusahaan Motorola Mobility pada Agustus 2011 lalu sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengembangkan sistem operasi Android lebih jauh lagi, di mana saat itu OS ini tengah berkembang sangat pesat.

Sayangnya, rencana tersebut nggak berjalan sesuai yang diharapkan. Pasalnya, di tahun 2014 Google akhirnya menjual Motorola Mobility kepada Lenovo dengan harga murah yaitu US2.91 miliar.

Meskipun begitu, Android sendiri tetap menjadi OS yang paling banyak digunakan saat itu.

4. Fitbit

Fitbit 63a09

Memiliki nama awal Healthy Metrics Research, mungkin ada sebagian dari kamu yang sudah nggak asing lagi ketika mendengar nama Fitbit.

Ya, perusahaan yang berfokus pada produk-produk perangkat smartwatch ini akhirnya resmi diakuisisi oleh Google dengan nilai mencapai US$2.1 miliar belum lama ini.

Dengan nilai tersebut, akuisisi Google terhadap Fitbit disebut-sebut sebagai salah satu akuisisi terhebat yang pernah dilakukan oleh Google, setelah akuisisi Motorola Mobility senilai US$12.5 miliar.

Fitbit sendiri kabarnya menjadi perusahaan perangkat wearable terbesar ketiga dalam hal penjualan pada kuarter ke-3 tahun 2018 menurut riset International Data Corporation (IDC).

5. Typhoon Studios

Typhoon Studios 73a36

Berdiri sejak bulan Januari 2017 lalu, Typhoon Studios merupakan perusahaan pengembang video game asal Kanada yang didirikan oleh Alex Hutchinson, Yassine Riahi, dan Reid Schneider.

Perusahaan ini akhirnya resmi diakuisisi oleh Google pada Desember 2019 lalu dengan nilai yang tidak diketahui pasti. Nantinya, Typhoon Studios akan bekerja untuk membuat game baru yang bersifat ekslusif untuk Google Stadia.

Typhoon Studios sendiri dikenal sebagai studio di balik game luar angkasa bernama Journey to the Savage Planet yang dijadwalkan akan rilis di Xbox One, PlayStation 4, dan Windows pada 28 Januari mendatang.

6. HTC

HTC 3e8c6

Didirikan pada tahun 1997, HTC merupakan perusahaan teknologi asal Taiwan yang memproduksi berbagai macam produk telekomunikasi termasuk perangkat smartphone yang saat itu cukup populer di pasaran.

HTC akhirnya resmi diakuisisi oleh Google pada September 2017 dengan nilai US$1.1 miliar.

Melalui akuisisi tersebut, perusahaan Google bukan hanya memiliki sebagian besar tim desain HTC saja, tapi juga sebnayak 2.000 pegawai SDM tambahan serta lisensi non-eksklusif Properti Intelektual HTC.

Sayangnya, nasib HTC kini semakin meredup karena kalah saing dengan merek-merek HP lainnya yang menawarkan inovasi dan spesfikasi lebih canggih pada perangkat smartphone mereka.

7. Android

Android 2ca52

Di awal kemunculannya, banyak orang yang menyangka jika sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Android, Inc., ini merupakan produk yang diciptakan oleh Google.

Padahal kenyataannya, Android merupakan salah satu perusahaan yang akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2005 lalu dengan nilai US$50 juta setelah sebelumnya mendapatkan dukungan finansial dari Google.

Sistem operasi Android dirilis pertama kali pada September 2008 dan kini berhasil menjadi salah satu sistem operasi HP yang mendominasi pasar OS di dunia mengalahkan iOS milik Apple.

Android sendiri awalnya diciptakan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White dengan tujuan untuk mengalahkan OS Symbian.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa perusahaan yang akhirnya resmi dibeli oleh Google sebagai bagian dari sayap bisnisnya, geng.

Meskipun nggak semuanya memiliki nasib yang menjanjikan dan bahkan beberapa di antaranya sudah tak terdengar lagi namanya, namun Google tetap berhasil menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar saat ini.

Baca juga artikel seputar Perusahaan Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Asal Usul Android 4a686

Mengenal BugDroid, Robot Hijau Pintar yang Jadi Maskot Android

Produk Pertama Perusahaan Teknologi Banner 3bfe9

7 Produk Pertama Perusahaan Teknologi Terkenal, Ada yang Bisnis Makanan!

7 Ceo Terbaik Dari Perusahaan Teknologi Yang Disukai Karyawannya 7a3c6

7 CEO Terbaik Perusahaan Teknologi yang Disukai Karyawannya, Bikin Betah Kerja!

Perusahaan Teknologi Tertua C59ed

7 Perusahaan Teknologi Tertua di Dunia | Samsung Paling Legend?

Arti Nama Perusahaan Teknologi 0fa54

Arti Unik di Balik Nama Perusahaan Teknologi Terkemuka di Dunia | No. 2 Karena Kecelakaan!

Perusahaan Nama Aneh Banner 92cad

Selain Kontool, Ini 7 Nama Perusahaan Aneh yang Bikin Salah Paham

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Prank April Mop Google Paling Terseru,  Ada Teknologi Time Travel?

7 Prank April Mop Google Paling Terseru, Ada Teknologi Time Travel?

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

Dari Google Hingga Facebook, Ini Hal yang Gak Boleh Dilakukan Karyawannya!

Dari Google Hingga Facebook, Ini Hal yang Gak Boleh Dilakukan Karyawannya!

Cara Membuat Google Form Paling Mudah & Anti Ribet, Cuma 3 Menit!

Cara Membuat Google Form Paling Mudah & Anti Ribet, Cuma 3 Menit!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal