J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Mati Total

7 Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Mati Total

Selasa, 25 Jul 2017, 21:00 WIB
Namanya teknologi, pasti tidak akan sebaik dan semulus ciptaan Tuhan. Salah satu masalah yang sering mengganjal adalah, smartphone mati total.

Menggunakan sebuah smartphone mahal, bukan berarti kamu akan terlepas dari berbagai masalah. Namanya teknologi, pasti tidak akan sebaik dan semulus ciptaan Tuhan. Salah satu masalah yang mengganjal adalah, smartphone mati total.

Pasti, banyak di antara kamu yang kebingungan saat smartphone kamu itu mati total. Maka dari itu, kamu bisa membaca beberapa trik pertolongan pertama yang harus dilakukan apabila ponsel kamu benar-benar tidak hidup. Perhatikan caranya di bawah ini ya.

BACA JUGA
  • 8 Cara Membuat Layar Smartphone yang Tergores Jadi Baru Lagi
  • Beginilah Pertolongan Pertama pada Touchscreen yang Tidak Berfungsi
  • 15+ Smartphone Layar Besar Android Terbaik dan Terbaru 2016

7 Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Smartphone Mati Total

1. Periksa Charger

Smartphone Mati Total 1

Banyak sekali kejadian kalau smartphone mati total itu diakibatkan oleh charger yang rusak. Ketika HP kamu lowbat parah, jelas ponsel itu akan mati. Kemudian, kamu charge dan kamu tinggalkan begitu saja. Padahal, belum tentu charger itu sudah tercolok dengan baik.

Selain itu, kamu juga harus memeriksa charger kamu secara benar. Terkadang, bukan gawai kamu yang rusak, tetapi charger kamu. Jika kamu isi ulang kemudian baterai tidak kunjung terisi, cabut charger kamu kemudian cari charger lainnya. Cari yang nilai amperenya lebih besar atau sebanding.

2. Smartphone Hidup Tapi Layar Nggak Nyala

Smartphone Mati Total 2

Nah, poin kedua ini adalah kemungkinan lainnya yang bisa terjadi pada smartphone Android kamu. Banyak sekali yang mengalami hal seperti ini. Kamu bingung kenapa HP tidak bisa dihidupkan, padahal kemarin belum kenapa-kenapa.

Jika begitu, kamu bisa mencoba untuk menekan tombol power yang lama untuk dipaksa mematikan, dan kemudian nyalakan lagi. Cara memastikannya adalah, kamu bisa cek dari getaran yang ditimbulkan atau suara pembuka saat smartphone baru dinyalakan. Apabila bisa, maka kamu harus siap-siap membawanya ke tukang servis untuk memperbaiki layar.

3. Apakah Smartphone Terjatuh atau Kena Air?

Smartphone Mati Total 3

Siapa yang sering merasakan poin ketiga ini? Ya, poin ini merupakan alasan yang paling sering terjadi kenapa smartphone bisa mati total. Jika benar ponsel terjatuh atau kena air, mungkin perangkat kamu itu jadi bermasalah dari sisi hardware atau layar.

Khusus untuk kena air, jangan memaksa menyalakan smartphone. Keringkan saja selama beberapa waktu agar air bisa keluar dengan sempurna. Sebab, bisa saja air tersebut menyebabkan korslet pada bagian inti ponsel.

4. Apakah Smartphone Mengalami Masalah Software?

Smartphone Mati Total 4

Biasanya, jika smartphone kamu mengalami masalah software, maka kamu akan sering kena crash, restart sendiri, dan hal lainnya yang menjengkelkan. Jadi apa yang harus kamu lakukan?

Mudah, kamu hanya perlu memperbaiki software dengan cara mengganti firmware. Kamu bisa flash firmware baru ke HP kamu. Atau, cara paling mudah adalah kamu bisa reset factory untuk memperbaiki masalah software ini. Sangat gampang bukan?

5. Cek Baterainya

Smartphone Mati Total 5

Poin satu ini merupakan cara yang hanya bisa digunakan untuk perangkat smartphone dengan sistem baterai removable atau dapat dilepas. Dengan begini, kamu bisa melihat baterainya, apakah kembung (biasa disebut gendut) atau tidak? Jika ya, kamu bisa langsung beli baterai penggantinya.

Hal seperti ini memang sudah jarang terjadi. Sebab, butuh waktu beberapa lama sampai keadaan baterai bisa menjadi seperti ini. Tapi, yang namanya teknologi kadang suka tidak terduga. Bisa saja tiba-tiba baterai kamu kembung tanpa alasan yang pasti.

6. Periksa Kabel Charger atau USB

Smartphone Mati Total 6

Buat kamu pengguna smartphone yang jorok, kamu wajib banget melakukan poin satu ini. Ya, jika smartphone kamu mati total, jangan langsung panik dulu. Apabila beberapa hal di atas itu sudah kamu lakukan dan tidak menemukan solusinya, kamu wajib memeriksa kabel USB atau kabel charger-nya.

Biasanya, kabel charger tersebut sudah mulai mengelupas akibat pemakaian yang sembarangan dan jorok. Maka dari itu, coba ganti kabel tersebut dengan yang masih layak pakai. Jangan jorok lagi ya kalau punya barang.

7. Lihat Screen Logo

Smartphone Mati Total 7

Jika smartphone kamu mati namun masih bisa dinyalakan meski hanya terlihat logo, itu tandanya ponsel kamu bootloop. Itu artinya, smartphone kamu itu nggak bermasalah, cuma memang nggak bisa berjalan secara normal saja.

Untuk itu, kamu bisa melakukan hal mudah yang bisa kamu baca di Cara Mengatasi Bootloop Tanpa Flashing Ulang. Jadi, kalau memang hal ini terjadi, jangan kaget dan jangan norak ya, sekarang kan sudah ketahuan apa penyebabnya dan bagaimana solusinya.

Nah, itulah 7 pertolongan pertama apabila smartphone mati total. Sekarang, kamu sudah tahu bukan bagaimana cara menangani smartphone Android yang tidak mau hidup? Share pendapatmu melalui kolom komentar di bawah.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Android Terbaik Oktober 10

10 Aplikasi Android Gratis Terbaik Oktober 2016

13 Virus Pc Dan Android Paling Berbahaya Di Dunia

13 Virus Android dan PC Paling Berbahaya di Dunia

Cara Hilangkan Iklan Youtube

Cara Blokir Semua Jenis Iklan Youtube di Android

Android Iphone

Inilah 7 Hal di iPhone yang Paling Menyebalkan Bagi Pengguna Android

Video Call Di Whatsapp 6

Resmi! Begini Cara Melakukan Video Call di WhatsApp dengan Mudah

APPS TERKAIT
Pixel Fixer Icon
Pixel Fixer 1.1.0
Apps TUOGOL
Screenshot Easy Icon
Screenshot Easy 1.4.24
Apps Ice Cold Apps
Scr Screen Recorder
SCR Screen Recorder Pro 2.2.0.0
Apps Iwo Banas
Az Screen Recorder Logo Cd1e3
AZ Screen Recorder - No Root 5.5.8
Apps AZ Screen Recorder
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Memperbaiki HP Android yang Mati Total dengan Mudah

Cara Memperbaiki HP Android yang Mati Total dengan Mudah

10 Mitos Seputar Smartphone Ini Salah, Tapi Masih Banyak Dipercaya!

10 Mitos Seputar Smartphone Ini Salah, Tapi Masih Banyak Dipercaya!

Yakin Android Kamu Asli? Ini Cara Cek Smartphone Asli Tanpa Dibongkar

Yakin Android Kamu Asli? Ini Cara Cek Smartphone Asli Tanpa Dibongkar

Awas! Inilah Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak!

Awas! Inilah Bagian Smartphone yang Paling Mudah Rusak!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal