J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Hal Tentang Tubuh Manusia yang Tak Terjawab Sains, Terlalu Rumit?

Rabu, 27 Jan 2021, 15:00 WIB
Sains biasanya bisa menjelaskan berbagai hal tentang tubuh manusia. Tapi, ada juga pertanyaan terkait tubuh manusia yang tak bisa dijelaskan secara ilmiah!

Selain fenomena alam, ternyata tubuh manusia juga menyimpan banyak teka-teki yang sering dipertanyakan. Hal ini biasanya terpecahkan secara ilmiah lewat penelitian.

Beberapa misteri yang berkaitan tentang tubuh manusia memang biasanya bisa dijawab dengan sains. Tapi, beberapa hal bisa saja malah menimbulkan pertanyaan.

Bahkan, tidak sedikit fenomena mengenai tubuh manusia yang malah membuat para ilmuwan bingung sehingga beberapa misteri masih tak terpecahkan hingga kini.

Nah, kali ini Jaka bakal bakal mengulas beberapa misteri tubuh manusia yang tidak terjawab sains. Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

1. Hypnic Jerk

Sa1 Custom 46ed6

Pernah mimpi terjatuh saat tidur hingga badanmu tersentak? Secara ilmiah, fenomena ini biasa dikenal dengan hypnagogic jerk atau hypnic jerk.

Kondisi ini juga dinamai periode transisi antara terjaga dan tidur. Kedutan tidak disengaja ini menyerupai lompatan yang mungkin terjadi saat kamu terkejut atau takut.

Penelitian tentang fenomena tidur ini terbatas, sehingga belum sepenuhnya terpecahkan. Tapi, ada beberapa teori mengenai sejumlah penyebab meski tidak sepenuhnya benar.

Beberapa hal yang disebut penyebab hypnic jerk di antaranya kecemasan atau stres, stimulan, kurang tidur, hingga hipotesis evolusi.

2. Selaput Dara

Sa2 Custom 64358

Selaput dara biasanya dikaitkan dengan keperawanan. Padahal, selaput dara tidak selalu berhubungan dengan keperawanan karena bisa robek hanya dengan berolahraga.

Salah satu teori tentang selaput dara menyebut bahwa selaput dara tumbuh seiring evolusi karena masyarakat menginginkan sebuah 'koridor' untuk istri yang perawan.

Meski masih misterius, keberadaan selaput dara pada manusia diyakini oleh para ilmuwan sebagai salah satu dari sistem kerja tubuh atau fisiologis yang tidak selalu harus dicari tujuannya.

3. Sidik Jari

S3 Custom 593a4

Semua orang memiliki sidik jari yang berbeda antara satu sama lain. Bahkan, orang yang kembar identik pun memiliki sidik jari yang berbeda.

Para ilmuwan berpikir bahwa sidik jari berfungsi untuk membantu manusia mencengkeram sesuatu. Beberapa mengatakan bahwa sidik jari melindungi jari-jari manusia.

Tapi, bagian tubuh ini masih menimbulkan banyak misteri. Sains pun masih belum bisa memecahkan mengapa manusia memiliki sidik jari.

4. Mimpi

Sa4 Custom 9ae25

Menurut ahli kesehatan dan kebugaran Maple Holistics, Caleb Backe, manusia menghabiskan sepertiga dari hidupnya untuk tidur.

Meski begitu, menurutnya, ilmu pengetahuan masih memiliki sedikit pemahaman tentang bagaimana dan mengapa manusia bermimpi.

Mimpi terjadi ketika proses gerak mata cepat saat tidur, dan denyut jantung meningkat saat aktivitas itu. Sayangnya, tujuan mimpi belum diketahui.

Teori populer mengatakan, mimpi memilah kenangan dan otak memutuskan mana yang berharga dan tidak. Tapi sejauh ini, mimpi masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

5. Tertawa Menular

Sa5 Custom D54f2

Menurut Backe, studi menunjukkan bahwa tertawa terkait dengan makhluk sosial. Bahkan, para psikolog menemukan bahwa manusia 30 kali lebih mungkin untuk tertawa ketika berada dalam situasi sosial.

Penelitian juga benar bahwa tertawa dapat menular. Otak akan segera merespons suara tertawa dan memerintahkan otot-otot di wajah untuk ikut bergembira.

Saat manusia tertawa, otak melepaskan endorfin. Hormon ini membuat manusia merasa aman dan nyaman. Tapi, tidak ada yang tahu pasti alasan tertawa dapat menular.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai 5 hal tentang tubuh manusia yang tidak terjawab oleh sains. Meski sudah ada beberapa penelitian, ilmuwan masih perlu meneliti lebih dalam untuk memastikannya.

Selain kelima hal tadi, masih banyak fenomena tentang tubuh manusia yang masih menjadi misteri dan menyisakan pertanyaan, bahkan sampai membuat ilmuwan bingung!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Pembunuh Berantai Yang Bebas Berkeliaran D4201
5 Pembunuh Berantai yang Bebas Berkeliaran, Sampai 300 Korban!
Film Dengan Teori Sains Akurat E06e6
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
7 Penemu Yang Terbunuh Oleh Temuannya Sendiri Inovasi Berujung Petaka 52bc6
7 Penemu yang Terbunuh oleh Temuannya Sendiri, Inovasi Berujung Petaka!
Momen Bersejarah Yang Tertangkap Kamera B7c15
5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera, Kelam & Sadis!
Ledakan Terbesar Dalam Sejarah 79a10
5 Ledakan Terburuk dalam Sejarah, Renggut Puluhan Ribu Jiwa!
Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia 45bee
5 Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia, Mengulas Sejarah!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal