J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Hal yang WAJIB Diperhatikan Sebelum Membeli Solar Charger

6 Hal yang WAJIB Diperhatikan Sebelum Membeli Solar Charger

Jumat, 6 Jan 2017, 09:00 WIB
Solar Charger dalah alat untuk charging yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energinya. Sebelum memutuskan membeli, perhatikan 6 hal ini dulu yu!

Orang yang banyak beraktivitas outdoor rasanya mustahil untuk survive hanya dengan mengandalkan baterai dan charger bawaan dari gadget yang dibelinya. Powerbank yang lumayan bermanfaat pun kadang terasa kurang memuaskan. Karena, tak jarang kita lupa, malas, atau tidak sempat mengisi dayanya hingga tiba waktunya kita pergi. Sudah begitu, kadang dayanya juga keburu habis duluan padahal kita masih perlu tetap di luar. Nah sekarang, ada solusi baru yang terdengar lebih menjanjikan: solar charger HP.

Sesuai dengan namanya, Solar Charger dalah alat untuk charging yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energinya. Tidak perlu colokan listrik, jadi praktis digunakan dimana saja selama kamu bisa mendapatkan cahaya matahari. Namun karena masih merupakan teknologi baru, orang cenderung bingung bagaimana membeli produk ini. Apakah harus yang harganya mahal supaya bisa mendapatkan fitur yang bermanfaat? Ataukah yang murah meriah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan? Baik buruknya kualitas solar charger HP dapat dilihat dari fitur-fitur berikut:

BACA JUGA
  • 5 Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Asli dan Palsu
  • Haruskah Saya Mencabut Charger HP Ketika Tidak Digunakan?
  • Bahaya Ngecas Smartphone Pake Charger Lain (Bukan Bawaan)

6 Hal yang WAJIB Diperhatikan Sebelum Membeli Solar Charger

1. Area Permukaan (Surface Area)

15cf771b844740ffcd2be917fe9fda1b

Sumber foto: Foto: shopify

Penyerapan cahaya matahari untuk kemudian diubah menjadi daya baterai adalah melalui permukaan panel surya (solar cell). Semakin lebar permukaan, tentu semakin banyak cahaya matahari yang bisa ditangkap sehingga makin besar pula jumlah daya yang dihasilkan.

Solar charger dijual dalam berbagai ukuran. Bila hanya untuk charging smartphone, mungkin solar charger yang luasannya hanya sedikit lebih lebar dari telepon genggam pun sudah cukup. Tapi bila kamu berencana ke gunung membawa laptop, kamu perlu solar charger yang lebih lebar lagi.

2. Daya (Watt)

Ea222909e4d6c6fc82d8fece9c82c52d

Sumber foto: Foto: blogspot

Area permukaan solar cell bukanlah satu-satunya yang menentukan apakah charger tersebut cukup baik untuk gadgetmu atau tidak. Kamu juga harus memperhatikan berapa watt produk tersebut. Lupakan panel yang hanya bertenaga 4-5 watt karena itu hanya sanggup untuk mengisi daya MP3 player atau HP biasa.

Untuk smartphone atau tablet, belilah yang minimal 7 watt. Bila kamu berniat menggunakannya untuk beberapa gadget sekaligus atau untuk laptop, carilah panel yang dayanya minimal 15 watt.

Bila kamu berpikiran untuk membeli solar charger HP yang dayanya kecil hanya karena harganya lebih murah, sebaiknya kamu mempersiapkan stok kesabaran di hatimu. Karena meski tetap bisa digunakan untuk charging, biasanya charger akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa mengisi baterai gadget sampai penuh.

3. Arus Output (Ampere)

7095015a23636ffad9723c3c05f0ba8e

Sumber foto: Foto: easy acc

Arus output adalah aliran listrik yang keluar dari charger menuju baterai gadget. Ibaratnya seperti selang air. Semakin besar output, semakin cepat charger dapat memenuhi kapasitas baterai. Namun bukan berarti kamu harus membeli solar charger dengan arus output sebesar-sebesarnya.

Karena setiap gadget memiliki maksimum input arus sendiri-sendiri. Jika output charger lebih besar daripada input device, maka arus yang masuk pun tetap akan mengikuti ukuran maksimal pada input device.

Sebelum membeli solar charger, cek dahulu besaran input pada masing-masing gadget yang akan kamu pakai. Sesuaikan ukurannya dengan arus output yang dihasilkan oleh solar charger. Bila output charger lebih kecil ketimbang input gadget, maka waktu charging akan jadi lebih lama akibat arus listrik yang mengalir harus sedikit demi sedikit.

4. Baterai

083beeb72a3098b0e348463d86a9a617

Sumber foto: Foto: Alibaba

Karena memanfaatkan sinar matahari, charger ini tidak bisa kamu menghasilkan daya di malam hari, lantaran matahari sudah tak lagi bersinar. Solusinya, banyak solar charger HP yang sudah dilengkapi dengan baterai built-in sehingga bisa menyimpan daya cadangan persis seperti powerbank. Produk ini juga kerap disebut sebagai solar powerbank. Maka bila mobilitasmu cukup tinggi pada malam hari, perhatikan juga fitur baterai built-in yang ditawarkan.

Yang paling perlu kamu lihat adalah kapasitasnya (satuan mAh). Cek juga kapasitas baterai tiap gadget yang kamu pakai untuk menghitung berapa kali charger ini bisa dipakai bila sudah diisi penuh. Perhatian kedua adalah jenis baterainya. Intinya, pertimbangan ini kurang lebih sama seperti pertimbangan memilih powerbank.

5. Jenis Panel Surya

Sama seperti baterai, panel surya pun ada berbagai jenis. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa jenis panel surya supaya kamu bisa mengira mana yang lebih cocok untuk kebutuhanmu:

CIGS

B981bd3f95524c5fc16518a2dbd17cf9

Sumber foto: Foto: outdoorgearlab

Panel yang berbahan CIGS biasanya tipis dan ringan sehingga terkesan praktis dibawa kemana-mana. Bentuknya yang fleksibel jadi memudahkanmu untuk menggelarnya di atas permukaan yang tidak datar sekali pun. Harganya pun tergolong yang paling murah karena proses pabrikannya pun murah.

Panel ini juga memiliki efektifitas paling tinggi untuk charging dengan sinar matahari rendah sehingga kamu tetap bisa charging saat cuaca mendung. Sayangnya, panel ini tidak awet dan mudah rusak. Lapisan plastik laminasinya mudah terkelupas setelah beberapa waktu.

Monocrystalline

93ddacf53ba37a8da89071ad39886611

Sumber foto: Foto: prepsos

Monocrystalline lebih tahan lama ketimbang CIGS. Ini mungkin cocok bagi kamu yang cenderung ceroboh dalam merawat barang. Hanya saja, panelnya lebih tebal dan berat ketimbang CIGS. Bentuknya kaku, tapi biasanya dipasang dalam ukuran kecil-kecil pada lembaran kain sehingga bisa lebih fleksibel digunakan. Dalam kondisi pencahayaan rendah, kerja panel ini sedikit kurang efektif ketimbang panel CIGS.

Polycrystalline

D37ff4a6c52e3b570ec3d9ac4e9b81ac

Sumber foto: Foto: Alibaba

Polycrystalline sebenarnya tidak jauh berbeda dengan monocrystalline. Bedanya hanya pada jenis ini digunakan lebih dari satu logam kristal. Pembuatannya lebih mudah dan murah sehingga harga jual solar charger-nya pun cenderung lebih terjangkau.

Hanya saja karena silikonnya tidak murni, efisiensi panel ini tidak sebaik monocrystalline. Perbandingannya, efisiensi panel monocrystalline adalah 22% sementara polycrystalline hanya 18%. Angka tersebut biasanya tidak terlalu signifikan untuk pemakaian skala kecil seperti charging handphone dan semacamnya.

6. Garansi

Fbf6500dcc5ec91337d2afbec6e0089b

Sumber foto: Foto: Blogspot

Hindari membeli solar charger HP yang tidak bergaransi sama sekali, apalagi bila harganya murah. Bisa jadi itu adalah produk abal-abal yang mudah rusak atau berkualitas buruk. Solar charger HP yang bergaransi bisa menjadi tanda bahwa produsennya berani menjamin kualitas produk tersebut. Meski merEk sudah terkenal dan review positif pun, sebaiknya jangan dibeli bila produk tidak disertai garansi resmi karena bisa jadi itu hanyalah produk KW atau imitasi.

Nah itu lah 6 Hal yang wajib diperhatikan sebelum kamu membeli solar charger untuk smartphone atau gadgetmu. Jangan lupa tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Smartphone Charger Banner

Buktikan Kecepatan dan Kualitas Charger Smartphone Kamu Disini!

16bec7c083c8fa5796a13d45fe45aa03

5 Cara Menghindari Pencurian Data Melalui Charger Palsu

Ovrcharge Charger Melayang 6

WAJIB PUNYA! Ini Dia Charger Paling Canggih Sepanjang Masa

Charger Dari Cangkir

Hebat! Mahasiswi Ini Ciptakan Charger dari Cangkir

APPS TERKAIT
Solar Charger Android Appprank Icon
Solar Charger Android AppPrank 1.0.10
Apps MuhammadTayloruy65
Battery Calibration
Battery Calibration 1.2
Apps N Ma
Ampere Icon Icon
Ampere 2.13
Apps Braintrapp
Dbs Icon
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Asli dan Palsu

5 Cara Mudah Untuk Membedakan Charger Asli dan Palsu

Benarkah Charger Yang Tidak Dicabut Bikin Listrik Boros?

Benarkah Charger Yang Tidak Dicabut Bikin Listrik Boros?

5 Cara Menghindari Pencurian Data Melalui Charger Palsu

5 Cara Menghindari Pencurian Data Melalui Charger Palsu

Bahaya Ngecas Smartphone Pake Charger Lain (Bukan Bawaan)

Bahaya Ngecas Smartphone Pake Charger Lain (Bukan Bawaan)

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal