J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Perbedaan Antara Star Trek dan Star Wars, Lebih Bagus yang Mana?

Selasa, 28 Jan 2020, 10:00 WIB
Star Wars dan Star Trek memiliki nama yang mirip tapi cuma sebatas itu saja, geng! Di sini Jaka mau membahas 5 perbedaan antara Star Trek dan Star Wars.

Di kalangan penikmat karya science fiction di Amerika, selalu ada dua kubu yang biasanya digambarkan saling bertentangan.

Di satu sisi, ada penggemar seri Star Wars dan di sisi lainnya ada penggemar Star Trek yang memiliki sebutan Trekkies.

Dikarenakan sama-sama diawali dengan kata 'Star', banyak orang awam yang kurang bisa membedakan dua karya ini tapi pada dasarnya mereka sangat jauh berbeda, geng.

5 Perbedaan Antara Star Trek dan Star Wars

Sebagai karya yang bersinggungan di genre yang sama, Star Wars dan Star Trek memiliki beberapa kesamaan, seperti latar di luar angkasa dan teknologi yang mutakhir.

Tapi persamaan kedua karya itu hanya sebatas di permukaan saja dan ketika dilihat lebih dalam, Star Wars dan Star Trek adalah dua karya yang sangat jauh berbeda, geng!

Nah, di sini Jaka akan menjelaskan 5 perbedaan antara Star Trek dan Star Wars buat kalian yang agak awam dengan dua karya ikonik ini.

1. Perbedaan Sejarah Star Trek dan Star Wars

Star Trek Original Series 2e6e9

Ada baiknya kita melihat di titik awal kedua karya di mana sudah terlihat beberapa perbedaan besar antara kedua karya ini.

Star Trek pertama kali muncul sebagai serial televisi Star Trek: The Original Series di tahun 1966 yang dibuat oleh Gene Roddenberry.

Star Wars munculnya belakangan di tahun 1977 sebagai film Star Wars: Episode IV - A New Hope yang dibuat oleh George Lucas.

Uniknya, kesuksesan Star Wars di pasar film akhirnya mendorong kebangkitan Star Trek yang pada waktu itu sudah agak terlupakan.

Star Trek akhirnya ikut menyambangi dunia film dengan dirilisnya Star Trek: The Motion Picture di tahun 1979 yang melanjutkan cerita serial televisinya.

Sampai sekarang juga Star Trek lebih banyak muncul di medium televisi sementara Star Wars lebih banyak muncul di film, geng.

2. Perbedaan Latar Star Trek dan Star Wars

Star Trek Earth 3948f

Kedua karya ini memang sama-sama banyak bertempat di luar angkasa tapi 'dunia' yang ditempati kedua karya ini sangat berbeda, geng!

Star Trek bertempat di dunia yang kita tempati hanya saja mengambil latar waktu jauh di masa depan, tepatnya di sekitar abad 23.

Dunia yang ditunjukkan di Star Trek bisa dibilang merupakan utopia karena konsep uang yang sudah hilang dan minimnya konflik antar manusia.

Kebalikan dari Star Trek, Star Wars mengambil latar di sebuah dunia yang sepenuhnya fiksi meskipun tetap memiliki beberapa kesamaan dengan dunia yang kita tempati.

Perbedaan latar ini juga menghasilkan level realisme yang berbeda di antara kedua karya ini yang akan Jaka bahas di bagian selanjutnya.

3. Perbedaan Realisme Antara Star Trek dan Star Wars

Force Choke 5c447

Sebenarnya, sih, dua karya ini sama-sama banyak ngayal tapi tingkat ngayal Star Wars jauh lebih ekstrim dibandingkan Star Trek.

Bentuk ngayal Star Wars yang paling ekstrim adalah keberadaan Force, sebuah kekuatan metafisik yang mengalir di dunia Star Wars.

Kekuatan ini bisa digunakan oleh beberapa orang terpilih yang disebut Force-sensitive dan memungkinkan penggunanya untuk memiliki kemampuan mirip sihir.

Sebagai contoh, karakter antagonis Darth Vader dapat menggunakan Force untuk mencekik orang lain dari jauh di salah satu adegan paling ikonik dari Star Wars.

Star Trek tidak memiliki elemen ngayal seperti ini tapi Star Trek juga memiliki konsep seperti dunia paralel dan time travel yang lumayan ngayal.

Makanya, berbeda dengan Star Trek yang masuk ke genre science fiction, Star Wars lebih tepat dibilang masuk ke genre science fantasy.

4. Perbedaan Tema yang Diangkat Star Trek dan Star Wars

Jedi Sith F1e64

Perbedaan level ngayal ini juga terlihat di tema yang diangkat kedua karya ini di mana Star Trek lebih memilih untuk membahas tema yang realistis dan humanis.

Berbeda dengan Star Wars yang seringkali fokus di elemen action, Star Trek memilih untuk menyoroti isu sosial melalui lensa science fiction.

Nggak jarang karakter utama Star Trek bertemu dengan masalah seperti perbudakan, diskriminasi, dan masalah etika lainnya di petualangan mereka.

Star Trek juga banyak membahas masalah ambigu terkait dengan politik dan masalah filsafat yang terbilang kompleks.

Di pihak lain, konflik yang ada di Star Wars jauh lebih hitam-putih yang berkisar antara pertarungan Jedi yang baik melawan Sith yang jahat.

5. Perbedaan Kesuksesan Star Trek dan Star Wars

Last Jedi 29419

Mengingat Star Wars memiliki konsep yang lebih gampang dicerna, bisa ditebak kalau menyangkut masalah uang, Star Wars jauh di atas.

Sebagai perbandingan, 13 film Star Trek memiliki pendapatan 2,2 miliar dolar atau sekitar Rp29 triliun rupiah.

Sedangkan 11 film Star Wars (belum termasuk The Rise of Skywalker) memiliki pendapatan 8,9 miliar dolar atau sekitar Rp122 triliun rupiah, geng!

Hal ini juga terkait dengan pendekatan seri Star Wars yang biasanya menggunakan CGI dan efek visual yang jauh lebih memukau.

Sebelum membuat film Star Wars, George Lucas mendirikan studio Industrial Light & Magic (ILM) dan ILM sampai sekarang dikenal lewat kemampuan mereka di departemen efek visual.

Bahkan serial Star Wars: The Next Generation sampai menyewa jasa ILM untuk membantu mereka dalam masalah efek visual.

Akhir Kata

Itulah, geng, 5 perbedaan antara Star Trek dan Star Wars. Meskipun di permukaan terlihat mirip, kedua karya ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Jaka nggak menyinggung mana yang kualitasnya lebih bagus karena kedua karya ini berbeda jauh dan sangat bergantung ke selera kalian masing-masing, geng!

Apakah diantara kalian ada yang menyukai karya ini? Mana karya 'bintang' yang menjadi favorit kalian? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner 18703

Urutan Film Star Wars yang Benar Berdasarkan Tahun, Kisah Tiga Generasi Skywalker!

Banner Jadi 6935e

7 Plot Hole Paling Parah di Film Star Wars, Bikin Ceritanya Jadi Gak Nyambung?

71dxrrepmql Db6e6

5 Game Star Wars Terburuk Sepanjang Masa | Story Gak Jelas & Review Super Ancur!

7 Trilogi Film Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Kamu Tonton 5a06b

7 Trilogi Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton, Nggak Bikin Bosen!

7 Pasangan Kekasih Dalam Film Tanpa Chemistry Karena Benci A7671

7 Pasangan Kekasih dalam Film Paling Maksa, Saling Membenci?

Banner Jadi 9f555

10 Film Action Paling Sukses di Dekade Ini | Film Super Hero Semua?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Plot Hole Paling Parah di Film Star Wars, Bikin Ceritanya Jadi Gak Nyambung?

7 Plot Hole Paling Parah di Film Star Wars, Bikin Ceritanya Jadi Gak Nyambung?

10 Film Action Paling Sukses di Dekade Ini | Film Super Hero Semua?

10 Film Action Paling Sukses di Dekade Ini | Film Super Hero Semua?

10 Film Dengan Keuntungan Terbesar di 10 Tahun Terakhir, Hampir Semuanya Dari Disney!

10 Film Dengan Keuntungan Terbesar di 10 Tahun Terakhir, Hampir Semuanya Dari Disney!

Dipuja Pecandu Ganja! 5 Film yang Dengan Fan Base Aneh & Mengerikan

Dipuja Pecandu Ganja! 5 Film yang Dengan Fan Base Aneh & Mengerikan

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal