J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Exynos vs Snapdragon vs MediaTek, Manakah yang Terbaik?

              Exynos vs Snapdragon vs MediaTek, Manakah yang Terbaik?

              00
              Sabtu, 15 Okt 2016, 15:00 WIB
              Exynos, Snapdragon, dan MediaTek, ketiga prosesor ini adalah yang paling banyak ditemukan di smartphone Android saat ini. Mereka saling bersaing dengan memunculkan banyak macam prosesor yang mutakhir. Lantas siapakah yang terbaik?

              Prosesor pada smartphone ibarat otak pada manusia, semua kinerja yang dihasilkan adalah hasil proses dari prosesor. Oleh karena itu prosesor yang digunakan harus terjamin kinerja dan kualitasnya. Hal ini tentu menjadikan ajang persaingan antar pabrik prosesor demi menjadi yang terbaik dengan mengeluarkan produk-produk yang terus berkembang. Di antaranya ada tiga prosesor dari pabrikan berbeda yang merajai pasar. Mereka bersaing ketat untuk menjadi yang paling unggul.

              Exynos, Snapdragon, dan MediaTek, ketiga prosesor ini adalah yang paling banyak ditemukan di smartphone Android saat ini. Mereka saling bersaing dengan memunculkan banyak macam prosesor yang mutakhir. Lantas siapakah yang terbaik? Ini dia perbandingan prosesor Android Exynos vs Snapdragon vs Mediatek.

              BACA JUGA
              • Samsung Galaxy S7: Versi Exynos VS Snapdragon, Lebih Cepat Mana?
              • Inilah 4 Smartphone dengan Prosesor Snapdragon 820 (Tercanggih Saat Ini)
              • MediaTek Siapkan Prosesor 10 Core untuk Perangkat Mobile

              Exynos vs Snapdragon vs MediaTek, Manakah yang Terbaik?

              Exynos

              57c1eef1ffa156ca2c99074fcf46e6ff

              Prosesor asal pabrikan negeri K-Pop yang juga tengah berada di puncak pasar penjualan ponsel pintar berbasis Android, yaitu Samsung. Prosesor Exynos bisa dibilang prosesornya orang kaya , karena kebanyakan yang memakainya adalah smartphone flagship dengan harga selangit, seperti dari Samsung sendiri, Galaxy S7 dan Note 7, lalu ada juga vendor lain yang menggunakannya seperti halnya flagship Meizu.

              Ibarat pepatah, ada uang ada barang , chipset berharga tinggi ini bisa dibilang hampir tidak punya kelemahan. Performanya mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone menjadi menyenangkan, multitasking dan gaming pun minor dengan kata lag . Tapi, tetap saja ini hanya bisa dinikmati oleh user berdompet tebal.

              Snapdragon

              67b199168dcba6aeb76f89556c7543a7

              Chipset yang merupakan saingan terberat dari Exynos ini, juga banyak dipakai oleh smartphone masa kini. Bermain di semua level, bawah, menengah dan atas, prosesor Snapdragon ini laris manis dipakai oleh banyak pabrikan smartphone. Harga yang lebih murah dan performa gahar bahkan setara Exynos, menjadi nilai jual bagi para vendor untuk meminangnya . Mereka juga kerap kali melahirkan teknologi prosesor terbaru yang belum ada.

              Snapdragon mempunyai tiga tipe prosesor, ada versi 400 untuk entry-level, 600 di kelas menengah, dan terakhir 800 pada jajaran flagship. Prosesor pabrikan Qualcomm ini merupakan yang paling baik dari sisi kinerja dan efisiensi. Ketahanan terhadap konsumsi daya baterai dan pengolahan grafis tinggi juga merupakan kelebihan dari Snapdragon.

              MediaTek

              A77018c4abe471edc4794d461f8ca7ab

              Mencoba menyusup di tengah persaingan Snapdragon vs Exynos, MediaTek memberikan sebuah kejutan, saat beberapa waktu yang lalu mengeluarkan Chipset Helio X20, X25, dan X30 yang akan keluar tahun depan, bisa dibilang gila, karena memiliki 10 inti (core) yang pertama di dunia. Meski sempat melempem karena selalu bermain di jajaran bawah, akhirnya MediaTek menunjukkan taringnya saat mulai mengeluarkan prosesor seri P dan X.

              Kini MediaTek pun cukup bisa dijajarkan dengan Snapdragon dan Exynos. Belum benar-benar bisa menyaingi kedua rivalnya tersebut, walaupun MediaTek mengklaim mereka lebih baik. Ya, pasalnya MediaTek belum mampu memaksimalkan kinerja dari chipsetnya, meski di seri X kekurangan itu tidak terlalu signifikan. Namun, dengan keseriusan dan optimisme yang diperlihatkan, bukan tidak mungkin di tahun mendatang MediaTek menjadi prosesor yang paling diunggulkan serta dapat menjadi kompetitor yang kuat lawan Exynos.

              Oh ya, ada sebuah kelebihan dari MediaTek yang belum mampu diikuti pabrikan lain yaitu, harganya yang murah meski itu seri X. Lihat saja Xiaomi Redmi Pro yang mengusung Helio X25, dengan mahar 3 hingga 4 juta kita sudah bisa merasakan performa flagship.

              Kesimpulan

              Membandingkan antar prosesor mungkin tidak akan menemukan jalan keluar dan belum bisa menentukan yang paling terbaik, meski tiap pabrikan mengklaim merekalah yang terbaik dan tentunya para fanboy. Karena setiap prosesor memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

              Melalui ulasan di atas, mungkin yang dapat kita simpulkan dari perbandingan prosesor Android tersebut adalah dari range harga dan kebutuhan masing-masing user. Jika kamu adalah hardcore user , kamu dapat memilah antara Exynos dan Snapdragon, namun jika kamu tidak memiliki budget yang banyak tapi tetap ingin merasakan performa tangguh kamu dapat memilih MediaTek seri P atau X.

              APPS TERKAIT
              Antutu Benchmark
              AnTuTu Benchmark
              Apps AnTuTu
              Comquicincvellamo31 Icon
              Vellamo Mobile Benchmark 3.2.6
              Apps QUALCOMM Inc
              Gpu Benchmark
              GPU Benchmark 3D 1.2.1
              Apps Kortenoeverdev
              Geekbench Icon
              Geekbench 3 3.4.1
              Apps Primate Labs Inc.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal