J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Perbandingan HDD vs SSD, Media Penyimpanan Mana yang Lebih Baik?

              Perbandingan HDD vs SSD, Media Penyimpanan Mana yang Lebih Baik?

              00
              Selasa, 16 Jul 2019, 12:00 WIB
              Apakah kamu sedang bingung dalam memilih media penyimpanan yang terbaik antara HDD atau SSD untuk desktop kamu? Nggak usah khawatir, geng. Simak artikel Jaka berikut ini.

              Media penyimpanan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Kalau kalian ingat, 15 tahun lalu kita masih menggunakan media penyimpanan disket dengan kapasitas 1,44 MB.

              Komputer dan laptop adalah contoh gadget yang menggunakan media penyimpanan berkapasitas besar. Nggak hanya besar, namun memiliki kecepatan tinggi dalam mengirim data.

              Saat ini terdapat 2 jenis media penyimpanan yang bisa kamu gunakan di laptop maupun untuk PC, yakni HDD dan SSD. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang seimbang.

              Untuk lebih lengkapnya, simak artikel Jaka berikut ini ya, geng.

              Perbandingan HDD vs SSD, Media Penyimpanan Mana yang Lebih Baik?

              Ssd Vs Hdd 1 Cfacb

              Sebelum membandingkan HDD dan SSD untuk mencari yang mana yang lebih baik, mungkin ada beberapa dari kamu yang belum paham mengenai konteks ini.

              HDD atau Hard Disk Drive merupakan jenis media penyimpanan yang paling banyak dan paling umum digunakan oleh PC dan laptop.

              Hard Disk memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Meskipun besar, namun harganya tetap lebih murah apabila dibandingkan dengan SSD.

              Hal ini dikarenakan HDD masih menggunakan piringan metal dengan lapisan magnet sebagai tempat untuk menyimpan data. Gampangnya, HDD masih menggunakan teknologi jadul, geng.

              Sebaliknya, SSD atau Solid State Drive merupakan media penyimpanan data dengan teknologi yang lebih modern dibandingkan Hard Disk Drive atau HDD.

              SSD sudah tidak lagi menggunakan piringan metal di dalamnya, melainkan sudah menggunakan chip flash yang lebih aman dari getaran dan tidak mudah rusak.

              Karena SSD sudah tidak menggunakan piringan metal bergerak seperti HDD, ukuran SSD juga menjadi lebih kecil, dan bahkan dalam beberapa kasus langsung tercolok ke motherboard.

              Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan HDD

              Ssd Vs Hdd 2 6c648

              Meskipun Hard Disk Drive merupakan teknologi lama, namun banyak sekali kelebihan yang masih bisa dirasakan oleh penggunanya.

              HDD memiliki ukuran kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan SSD. Dengan menggunakan HDD, kamu bisa menyimpan banyak data di laptop dan PC kamu tanpa khawatir kepenuhan.

              Kapasitas Hard Disk Drive masa kini bahkan bisa mencapai 14 TB. Wah, memori sebanyak itu akan kalian gunakan buat menyimpan apa saja, geng?

              Selain kapasitas yang besar, harga HDD juga cukup terjangkau, lho. Kalau kamu sedang merakit PC gaming dengan budget minimum, kamu bisa membeli HDD untuk segi media penyimpanan murah meriah.

              Di sisi lain, HDD memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan utamanya adalah HDD bekerja jauh lebih lambat dibandingkan SSD. Lemotnya HDD berasa banget waktu kamu booting PC kamu.

              HDD juga rentan sekali rusak, geng. Karena masih menggunakan piringan metal, HDD nggak boleh banyak bergetar karena piringan tersebut bisa bergeser dan rusak.

              Kekurangan berikutnya adalah ukurannya yang cukup besar. HDD memakan banyak space di dalam CPU serta memerlukan banyak kabel sehingga akan mengurangi estetika PC dan keindahan PC.

              HDD juga membutuhkan tenaga listrik yang lebih besar dibandingkan HDD. Kamu harus menyediakan Power Supply Unit (PSU) dengan watt yang besar.

              Kelebihan HDD Kekurangan HDD
              Kapasitas penyimpanan yang sangat besar Kecepatan transfer lamban
              Harga yang relatif murah Lebih mudah rusak
              Mampu bertahan lama (penggunaan normal) Memakan banyak space
              Boros energi

              Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD

              Ssd Vs Hdd 3 0a1ce

              Kalau kamu saat ini sedang merakit PC gaming dan mencari komponen terbaik buat bikin PC kamu makin ngebut, kamu harus coba pake SSD, geng.

              Ketika kamu menggunakan SSD sebagai boot drive Windows 10, kamu cukup menunggu kurang lebih 10 detik sampai PC kamu menyala. Bandingkan dengan booting menggunakan HDD yang bisa memakan waktu hingga 2 menit.

              Selain kencang untuk dijadikan boot drive, kamu juga akan merasakan program yang di-install di SSD akan running dengan lebih cepat. Coba saja kamu install software video editing di SSD.

              Kelebihan SSD selanjutnya adalah tidak mudah rusak, geng. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak seperti piringan metal pada HDD sehingga aman dari kontak fisik ekstrim seperti terjatuh.

              Kelebihan terakhir SSD adalah ukurannya yang kecil sehingga tidak memerlukan banyak space. Ukuran kecil tersebut juga membuat SSD lebih irit daya, geng.

              Kekurangan SSD adalah harganya yang cukup mahal. Wajar, geng. Namanya juga teknologi modern yang canggih. Pastinya dihargai lebih mahal dibanding teknologi lama.

              Selain itu, SSD memiliki kapasitas maksimum yang tidak sebesar HDD. Kamu harus berpikir 2 kali untuk menyimpan data-data berukuran besar di SSD.

              Kelebihan SSD Kekurangan SSD
              10 kali lebih cepat dibanding HDD Harga relatif mahal
              Tahan banting Kapasitas penyimpanan terbatas
              Memiliki ukuran yang kecil
              Hemat energi

              Kesimpulan

              SSD dan HDD memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Semua tergantung selera kamu, sih. Namun, Jaka menyarankan untuk menggunakan SSD kalau kamu memiliki budget PC yang besar.

              Kalau budget kamu standar, kamu bisa mengombinasikan keduanya, geng. Gunakan SSD sebagai boot drive sistem operasi kamu supaya komputer kamu menjadi lebih cepat. Nggak usah yang berkapasitas besar, yang kecil saja cukup, kok.

              HDD bisa kamu gunakan untuk menyimpan data-data seperti program atau game yang kamu inginkan. Hal ini bertujuan supaya desktop kamu memiliki performa yang balance dan memuaskan.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai perbandingan antara HDD dengan SSD. Semoga artikel ini dapat memberi kamu ilmu baru dalam dunia komputer ya, geng.

              Sasmpai jumpa di artikel Jaka berikutnya!

              Baca juga artikel seputar Komputer atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal