J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Sering Telat Mendapat Notifikasi di Android? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kamis, 23 Mar 2017, 16:00 WIB
Apa ada di antara kalian yang pernah ngalamin masalah notifikasi delay atau telat pada perangkat Android? Berikut Jaka akan bahas beberapa faktor penyebab keterlambatan notifikasi dan tentunya akan ada tips dan trik dari Jaka. Simak ya!

Sebelum masuk ke pembahasan, Jaka ingin tahu apa ada di antara kalian yang pernah ngalamin masalah notifikasi delay atau telat pada perangkat Android kalian? Kalau Jaka sih pernah, apalagi notifikasi Line dan BBM. Dampaknya jadi bisa telat dapat info seputar kuliahan atau saat sedang janjian sama teman.

Masalah notifikasi pada akun media sosial seperti BBM, Line dan WhatsApp di Android memang bisa dikatakan sangat merugikan. Nah, untuk kalian yang sudah lelah dan kesal sama masalah keterlambatan notifikasi ini, berikut Jaka akan membahas beberapa faktor penyebab keterlambatan notifikasi dan tentunya akan ada tips dan trik dari Jaka yang bisa membantu kalian mengatasi masalah notifikasi yang sering macet tersebut. Seperti apa? Kalau begitu, kita langsung simak yuk!

BACA JUGA
  • Terbukti! Ini Tips Untuk Buat Komputer Jadul Tetap Ngebut
  • Cara Mudah Mengakses Komputer Lain Dengan Google Chrome
  • 5 Tanda Komputer Kamu Kena Hack dan Cara Mengatasinya

Notifikasi di Android Sering Telat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Matikan Power Saver atau Smart Saving Mode

Power Saver pada dasarnya berfungsi untuk melakukan penghematan daya baterai dengan konsekuensi mengurangi alokasi sumber daya smartphone kalian ke sejumlah aplikasi yang kalian instal.

Apa maksudnya sumber daya? Nah, yang maksud sumber daya di sini adalah koneksi internet. Ketika power saver mode atau smart saving mode diaktifkan, sistem akan secara otomatis mengurangi alokasi koneksi internet ke sejumlah aplikasi yang berjalan di background demi fokus pada fungsi penghematan daya baterai.

Af72bd8a60d3376e06dbef8f005a2c51

Sekarang, coba kalian pikir baik-baik, apa saja aplikasi Android yang paling sering berjalan di background? Jawabannya adalah aplikasi Android yang sering kalian gunakan, yaitu aplikasi media sosial seperti Line dan BBM, termasuk juga WhatsApp.

Jadi bisa disimpulkan, kurangnya alokasi koneksi internet ke aplikasi-aplikasi tersebut akan menyebabkan aplikasi-aplikasi berjalan lebih lambat dalam memproses informasi yang masuk ke smartphone kalian.

Lalu apa yang harus kalian lakukan? Gampang aja, jika kalian memang begitu membutuhkan aliran informasi yang cepat melalui notifikasi, cukup matikan fitur power saver atau smart saving di Android kalian.

B2dfc1f0fd8f221f9117fd8f48861bd9
Cara Terbaru Mengembalikan Notifikasi Android yang Hilang
Kamu sering tidak sengaja menghilangkan notifikasi di smartphone Android kamu? Ingin tahu cara mengembalikannya? Simak cara Jaka ini yuk!
LIHAT ARTIKEL

2. Hentikan Kebiasaan Mematikan Background Apps Secara Paksa

Background apps merupakan sebutan untuk aplikasi-aplikasi yang berjalan di background Android kalian. Maksudnya, aplikasi tersebut tetap bekerja tanpa sepengetahuan kalian dan terkadang membebani kinerja RAM, sehingga kebanyakan orang mematikan background apps untuk menghemat RAM.

Hal ini memang sedikit merugikan, tetapi juga menguntungkan karena dengan tetap berjalannya aplikasi-aplikasi media sosial Android kalian di background, kalian tetap bisa mendapatkan notifikasi.

37ab603468c5b279f0b3059c541a4411

Banyak sumber yang menyebutkan kalau mematikan background apps atau aplikasi yang berjalan di background secara paksa akan meringankan kinerja RAM. Namun, ketika hendak melakukan force close pada aplikasi Android kalian, pernahkah kalian melihat peringatan This App Will Miss Behave?

3c806496fadf6d08a991ac4e9e414970

Nah, peringatan ini menjelaskan kalau kalian mematikan paksa aplikasi Android kalian, ada kemungkinan aplikasi tersebut akan mengalami masalah. Masalah seperti apa?

Umumnya masalah yang terjadi adalah aplikasi Android tersebut terkadang tertutup dengan sendirinya alias tertutup paksa secara otomatis dan tidak akan berjalan di background sehingga kalian terlambat mendapatkan pesan notifikasi dari aplikasi Android yang tertutup secara paksa tersebut (kecuali jika kalian membuka aplikasi tersebut lagi).

3. Kurangi Heartbeat Interval Android

Beberapa aplikasi Android yang kalian instal pada dasarnya memanfaatkan layanan Cloud Message dari Google untuk mengirim dan menerima data berupa pesan atau notifikasi pada aplikasi Android kalian.

1be9333044a4a6e1056a1d0dceff634d

Karena aplikasi Android kalian menggunakan layanan server pesan milik Google, tentunya ketika akan mengirim pesan dari aplikasi media sosial, perangkat kalian akan melakukan ping terlebih dahulu ke server, kemudian server akan membalas dan meneruskan pesan kalian ke perangkat Android tujuan.

Pada keadaan ketika server membalas dan meneruskan pesan tersebut, kemudian kalian menerima balasan dari perangkat Android tujuan kalian tadi, cepat atau lambatnya pesan tersebut masuk akan sangat dipengaruhi oleh yang namanya Heartbeat Interval yaitu istilah untuk tingkat kepekaan smartphone Android kalian dalam menerima pesan dari server.

Secara default, nilai Heartbeat Interval yang diatur oleh perangkat smartphone adalah sekitar 15 menit untuk data seluler dan 28 menit untuk Wi-Fi. Jadi, wajar saja kalau notifikasi kalian sering terlambat disebabkan nilai Heartbeat Interval yang terlalu besar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa mengubah nilai Herbeat Interval menjadi lebih kecil sehingga kalian bisa menerima notifikasi dengan lebih cepat. Bagaimana cara mengubahnya? Tenang, gampang banget, kalian cukup instal aplikasi Push notification Fixer terlebih dahulu.

D6b50e8a85f977bead328800fb502ada
  • Jika kalian sudah selesai melakukan proses instal, langsung jalankan aplikasinya. Kalian akan diarahkan ke halaman utama aplikasi ini yang berisi pengaturan Heartbeat Interval.

  • Untuk kalian yang sering menggunakn koneksi mobile atau data seluler pada Android kalian, cukup pilih bagian Mobile Heartbeat Interval dan atur Heartbeat Interval ke nilai sesuai dengan kebutuhan. Semakin kecil nilainya, semakin cepat kalian menerima notifikasi.

37522da30474a0f40b2565a4463305c2
  • Sementara untuk kalian yang senang menggunakan koneksi Wi-Fi, pilih bagian Wi-Fi Heartbeat Interval dan atur nilai Heartbeat Interval sesuai keinginan kalian. Semakin kecil nilainya, semakin cepat kalian menerima notifikasi.

  • Setelah selesai, klik Apply Settings untuk menerapkan pengaturan Heartbeat Interval kalian.

A8a9d1cddaee8277dcb9ca36e7d34c19

Jika langkah-langkah di atas telah selesai, kalian tinggal merasakan sendiri manfaat dari aplikasi ini. Kalau Jaka sendiri sih jelas merasa terbantu dengan adanya aplikasi yang satu ini, karena notifikasi Jaka sudah lancar jaya dan nggak pernah macet lagi.

Sekian pembahasan kali ini. Jaka sih yakin kalau ketiga cara yang Jaka jelaskan pastinya bisa mengatasi masalah notifikasi kalian yang sering terlambat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Evil Factory Game 8 Bit Dengan Pertempuran Mengagumkan

Evil Factory Ajak Bernostalgia, Game 8-Bit dengan Pertempuran Mengagumkan

Jangan Bawa Smartphone Ke Tempat Tidur Ini Alasannya

Jangan Bawa Smartphone ke Tempat Tidur, Ini Alasannya!

Lupakan Touchscreen Ponsel Ini Mengandalkan Perintah Suara Dan Hologram

Lupakan Touchscreen, Ponsel Ini Mengandalkan Perintah Suara dan Hologram

Wow Fitur Baru Whatsapp Ini Bisa Melacak Lokasi Teman Secara Real Time

WOW! Fitur Baru WhatsApp Ini Bisa Melacak Lokasi Teman Secara Real-time

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Line For Android Icon2 Icon
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
Bbm Icon
BlackBerry Messenger
Apps BlackBerry
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Terbaru Mengembalikan Notifikasi Android yang Hilang

Cara Terbaru Mengembalikan Notifikasi Android yang Hilang

5 Mitos Aplikasi Android yang Salah Tapi Banyak Dipercaya

5 Mitos Aplikasi Android yang Salah Tapi Banyak Dipercaya

10 Aplikasi Android Terbaik di Bulan Desember 2017

10 Aplikasi Android Terbaik di Bulan Desember 2017

80 Aplikasi Android PALING Unik dan Seru Tahun 2017

80 Aplikasi Android PALING Unik dan Seru Tahun 2017

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal