J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Gak Nyangka! Ternyata Ini Penyebab Ukuran Hiu Megalodon Sangat Besar

Jumat, 15 Jan 2021, 15:00 WIB
Sudah tahu alasan di balik ukuran hiu megalodon yang begitu besar? Ternyata jawabannya mengejutkan! Simak di sini untuk tahu penjelasannya.

Masih ingat dengan film tentang hewan buas The Meg yang tayang pada 2018 lalu? Kalau begitu, kamu pasti tahu hewan yang menjadi fokus utama dalam film tersebut. Ya, hiu megalodon.

Mungkin kamu sudah sering mendengar namanya, tapi apakah kamu sudah tahu sejarah dari hewan ini?

Megalodon (Otodus megalodon) adalah spesies hiu terbesar dalam sejarah. Hewan ini hidup sekitar 23 juta sampai 3,6 juta tahun yang lalu dan mendominasi lautan.

Tidak bisa dimungkiri bahwa hal yang paling terkenal dari megalodon adalah ukurannya yang raksasa. Sempat menjadi misteri terbesar dunia yang belum terjawab, kini para ilmuwan menemukan penyebabnya.

Megalodon D082c

Ternyata, alasan hiu megalodon bisa berukuran sangat besar karena mereka memangsa saudaranya sendiri.

Penemuan baru ini muncul dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Historical Biology mengenai analisis ukuran gigi hiu untuk memperkirakan ukuran tubuh mereka.

Sepanjang hidupnya, gigi hiu terus tanggal dan tumbuh kembali hingga sekitar 40.000 gigi. Oleh karena itu, para pakar Paleontologi menemukan banyak gigi hiu megalodon untuk dipelajari.

Berdasarkan ukuran gigi mereka, diketahui bahwa megalodon dapat tumbuh hingga 15 meter dan ukuran rahangnya ketika terbuka dapat setinggi 3,4 meter.

Megalodon Jaw 5edde

Sayangnya, perhitungan ukuran pasti megalodon masih terbatas. Penyebabnya, kerangka mereka sulit ditemukan karena terbuat dari tulang rawan. Oleh karena itu, peneliti hanya bisa mengandalkan gigi megalodon yang telah menjadi fosil.

Meskipun demikian, tulang belakang megalodon berhasil ditemukan dan kini tersimpan di Royal Belgian Institute of Natural Sciences, Belgia.

Tulang belakang hiu terus berkembang seiring bertambahnya tahun dalam bentuk lapisan. Hal ini sama seperti lingkaran batang pohon yang setiap cincinnya menggambarkan pertambahan tahun.

Pasca terkumpul 15 tulang belakang yang dianggap dari hiu yang sama dan dipindai menggunakan X-Ray, diketahui bahwa megalodon tersebut hidup selama 46 tahun dan panjangnya mencapai 9,2 meter.

Megalodon Vertebrae 566b7

Berdasarkan tulang belakang yang paling besar, dapat diketahui ukuran hiu megalodon tersebut ketika baru lahir, yaitu 2 meter.

Tidak hanya membuktikan bayi hiu terbesar yang pernah ada, fakta yang ditemukan oleh ahli Paleobiologi Kenshu Shimada dari Universitas DePaul, Chichago, tersebut juga membuktikan bahwa bayi hiu lahir dalam keadaan sudah menetas dari telurnya.

Hiu modern memang kebanyakan bertelur, tapi ada juga yang melahirkan. Mereka tergolong dalam kategori ordo Lamniformes, termasuk hiu putih, hiu mako, dan hiu monyet (thresher shark), tapi tidak ada yang menyaingi Otodus megalodon.

Terkadang, fetus Lamniformes memakan saudaranya sendiri yang belum lahir di dalam uterus. Praktik ini dikenal sebagai oophagy atau kanibalisme intrauterine.

Hal ini menyebabkan hiu yang lahir semakin sedikit. Tapi, hiu-hiu tersebut memiliki kemungkinan bertahan hidup yang lebih tinggi karena terlahir lebih besar dan lebih kuat dibanding jika menetas di luar.

Megalodon Shark F125f

Sebagaimana diungkapkan oleh Shimada, mempelajari parameter pertumbuhan megalodon sangat penting untuk memahami peran hewan karnivora besar tersebut dalam evolusi ekosistem laut.

Tidak heran juga jika ada banyak film yang menjadikan hewan sebagai tokoh utama, termasuk megalodon, karena mereka menyimpan berbagai misteri menarik yang belum semuanya terpecahkan hingga kini.

Nah, fakta menarik apa lagi soal hiu megalodon yang kamu ketahui? Jangan lupa tulis jawabanmu di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Penjelajahan Curiosity
5 Foto Misterius di Planet Mars Ditemukan Dalam Penjelajahan Curiosity
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Benda Luar Angkasa Siap Hancurkan Bumi 4cdaa
5 Benda Luar Angkasa yang Siap Hancurkan Bumi Kapan Saja
Banner Eatside Faktaangkasa1
Wajib Tahu! Ini 5 Fakta Menarik Negara Pertama di Luar Angkasa
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal