J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              AWAS! 80% Pengguna Komputer di Dunia Terancam Penyakit Ini

              AWAS! 80% Pengguna Komputer di Dunia Terancam Penyakit Ini

              00
              Rabu, 20 Apr 2016, 08:00 WIB
              Hati-hati buat kamu yang sering main komputer ataupun memgang joystick dalam jangka waktu yang lama, karena penyakit ini diam-diam akan menghampiri kamu!

              Untuk kamu yang memang sering bekerja di depan komputer selama berjam-jam, atau bahkan kamu yang sering lupa waktu ketika bermain game di PC tercinta, maka artikel ini jangan dihiraukan. Semakin lama kamu menggunakan komputer dalam jangka waktu yang tidak sedikit secara terus menerus, maka kamu harus siap-siap menghadapi salah satu penyakit populer bernama Carpal Tunnel Syndrome (CTS) ini.

              Kamu pernah denger penyakit Carpal Tunnel Syndrome (CTS) atau yang sering juga disebut Sindrom Lorong Karpal ini nggak? Penyakit ini lumayan terkenal dan jadi momok menakutkan untuk para gamers dan computer-addict loh. Simak ulasannya lebih lanjut:

              BACA JUGA
              • AWAS! Siap-Siap Kena 5 Penyakit ini Jika Terlalu Lama di Depan Komputer
              • Hindari Penyakit Mata Lelah Gara-Gara Teknologi Dengan Cara Berikut Ini
              • 90% dari Pengguna Smartphone Menderita Penyakit 'Mengerikan' Ini

              Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

              Carpal Tunnel Syndrome 1
              Carpal Tunnel Syndrome atau Sindrom Lorong Karpal merupakan sebuah penyakit yang menyerang pergelangan tangan akibat syaraf yang tertekan. Akibatnya adalah munculnya nyeri, kesemutan, hingga mati rasa terhadap pergelangan tangan tersebut.

              Carpal Tunnel Syndrome dapat melanda orang-orang yang bekerja sangat keras dengan mengandalkan tangan dan lengannya, seperti pekerja lapangan maupun pekerja kantoran yang selalu memegang mouse dan keyboard. Selain itu, penyebab Carpal Tunnel Syndrome juga disebabkan oleh faktor genetik, obesitas, kehamilan, maupun hipotiroidisme.

              Bagi kamu yang menggunakan mouse dan keyboard dalam waktu yang lama dan rutin, maka risiko menderita penyakit ini semakin besar. Di seluruh dunia, sudah banyak yang menderita CTS akibat rutinitas yang tidak sehat tersebut, sehingga memberikan pengaruh buruk terhadap produktivitas dan perilaku secara khusus.

              Kasus yang Menjadi Semakin Umum Terjadi

              Jika kamu berpikiran bahwa penyakit ini hanya menyerang orang-orang tertentu saja, kamu salah. Salah satu tujuan kami menulis artikel ini justru karena beberapa anggota tim JalanTikus sendiri merasakan dampak buruk dari terlalu lama di depan komputer tersebut dan tidak ingin pembaca setia JalanTikus untuk merasakannya pula. Bahkan penulis sendiri pernah merasakan bagaimana tidak nyamannya merasakan CTS yang lama dan mengganggu aktivitas.

              Carpal Tunnel Syndrome 2

              Tidak hanya menyerang bagian telapak tangan/pangkal ibu jari saja, sakit dari Carpal Tunnel Syndrome juga dapat menyerang pergelangan tangan hingga daerah siku yang sering menjadi tumpuan dalam mengetik menggunakan keyboard. Terkadang gejalanya dapat timbul perlahan, namun acap kali bisa terjadi secara tiba-tiba bahkan saat kamu sedang istirahat dari menggunakan komputer. Melihat tingginya pekerja maupun pengguna komputer di era teknologi sekarang, risiko dari CTS dari tahun ke tahun semakin tinggi.

              Pencegahan dan Penyembuhan dari Carpal Tunnel Syndrome

              Pada umumnya, Sindrom Lorong Karpal ini dapat disembuhkan dengan menggunakan bidai pergelangan tangan yang dapat mencegah pergelangan tertekuk saat beraktivitas maupun ketika tidur. Selain itu, suntikan kortikosteroid dan pembedahan untuk memotong ligamen silang karpal juga acap dilakukan.

              Carpal Tunnel Syndrome 4

              Akan tetapi, kamu tidak perlu panik dalam menghadapi ancaman dari Carpal Tunnel Syndrome. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut dengan langkah mudah untuk diikuti dan dipraktekkan. Di antaranya seperti poin-poin berikut:

              • Selalu ingat untuk memberikan rehat terhadap pekerjaan kamu setiap 1 jam sekali, dengan waktu istirahat 5 hingga 15 menit demi mengistirahatkan pergelangan tangan.
              • Lakukan senam tangan dengan menekuk dan memijit wilayah telapak tangan, terutama di bagian antara ibu jari dengan jari telunjuk.
              • Usahakan untuk menggunakan mouse ergonomis dan keyboard yang dilengkapi dengan palm rest. Mouse ergonomis ialah mouse berbentuk vertikal yang dapat membuat tangan kamu dalam keadaan rileks ketika menggenggamnya, sehingga tidak memberikan beban kepada telapak tangan maupun pergelangan.
              • Jika bisa, batasi waktu kerja, terutama ketika kamu melakukan lembur. Aturan ini juga berlaku bagi yang menggunakan joystick atau mouse ketika bermain game sehingga tidak lupa waktu.
              • Gunakan bidai pergelangan tangan untuk membantu mejaga posisi pergelangan agar tetap normal. tips ini berlaku jika kamu sudah mulai merasakan gejala dari CTS yang mengganggu.
              Carpal Tunnel Syndrome 3

              Itulah beberapa informasi yang dapat kami bagikan mengenai pengertian, penyebab, langkah pencegahan, maupun pengobatan terhadap penyakit Carpal Tunnel Syndrome. Jangan lupa juga untuk berikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

              Swiftkey Keyboard Icon
              SwiftKey Keyboard 6.4.8.57
              Apps Productivity SwiftKey
              DOWNLOAD

              APPS TERKAIT
              Doktergratis
              Dokter Gratis 2.5
              Apps WAKI
              Dokter Diabetes Icon
              Dokter Diabetes 2.1.1
              Apps PT. Amerta Indah Otsuka
              Caridokter Icon
              Cari Dokter 1.3
              Apps
              Touchpal Cute Emoji Keyboard Icon
              TouchPal Emoji Keyboard 5.8.0.1
              Apps CooTek

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal