J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Penyebab Baterai Smartphone 5000 mAh Cepat Habis

7 Penyebab Baterai Smartphone 5000 mAh Cepat Habis

Selasa, 10 Apr 2018, 15:00 WIB
Baterai smartphone kamu cepat habis meski berkapasitas hingga 5000 mAh? Ternyata ini 7 penyebabnya.

Smartphone-smartphone keluaran terbaru kini menawarkan fitur yang semakin canggih beserta kapasitas lebih besar semisal ruang penyimpanan, ukuran layar hingga baterai.

Banyak smartphone flagship menawarkan baterai berkapasitas hingga 5000 mAh. Sayangnya, masalah pelik seputar baterai boros masih banyak terjadi. Berikut Jaka ulas tujuh penyebab baterai smartphone 5000 mAh cepat habis.

BACA JUGA
  • Cegah Baterai Rusak, Ini Cara Aman Ngecas Android Semalaman!
  • 3 Cara Ampuh Mencegah Baterai Smartphone Jebol
  • Waspada! Ini 10 Aplikasi Boros Baterai yang Berbahaya Buat Smartphone Kamu

7 Penyebab Baterai Smartphone 5000 mAh Cepat Habis

Meski kapasitas baterai yang disematkan tergolong besar, bahkan beberapa flagship akan diberikan baterai di atas 5000 mAh, namun tetap saja masih banyak kasus baterai yang cepat habis. Padahal, ukuran baterai super besar seakan memberi jaminan adanya durabilitas alias ketahanan yang oke.

Logo Glgjing Batterymonitor Icon
Battery Monitor 5.7.3
Apps Utilities GLGJing
DOWNLOAD

Baterai smartphone yang ujung-ujungnya tetap cepat habis ternyata disebabkan oleh berbagai faktor. Kapasitas besar nyatanya enggak bisa jadi jaminan smartphone tersebut akan awet dalam waktu yang lama. Berikut ini tujuh penyebab baterai smartphone cepat habis, meski punya kapasitas sebesar 5000 mAh.

1. Tingkat Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Penyebab yang pertama adalah tingkat kecerahan layar. Smartphone terbaru yang punya kapasitas baterai besar biasanya juga diimbangi dengan bodi dan ukuran layar besar pula. Rata-rata smartphone dengan ukuran baterai 5000 mAh biasanya memiliki layar berukuran 5,5 inci.

Penyebab Baterai Habis 1 92819
Sumber foto: SamMobile

Tingkat kecerahan layar yang diatur cukup tinggi hingga mencapai batas maksimal nyatanya akan memakan penggunaan baterai dengan porsi cukup besar. Apalagi didukung fakta bahwa ukuran layar smartphone terbilang besar, maka enggak heran jika baterai cepat habis meski penggunaan smartphone terbilang normal (bukan gaming).

2. Maniak WiFi

Punya smartphone mahal memang bukan jaminan kalo pemiliknya punya kuota internet enggak terbatas. Nyatanya, masih banyak pemilik flagship yang sehari-harinya sibuk mencari koneksi WiFi entah di kantor, kampus atau tempat nongkrong.

Penyebab Baterai Habis 2 D5932

Kebiasaan itu memang menjadikan kamu lebih hemat. Sayangnya, satu sisi malah bikin baterai smartphone kamu boros. Ya, penggunaan fitur WiFi secara terus-menerus alias nonstop akan mempercepat habisnya baterai smartphone kamu. Bahkan, smartphone dengan kapasitas baterai 5000 mAh pun akan cepat habis jika terus mengaktifkan WiFi.

3. Penggunaan GPS

Banyak aplikasi dan fitur-fitur berguna yang kamu manfaatkan sehair-hari namun menuntut kamu untuk mengaktifkan GPS. Ya, segala aktivitas yang membutuhkan perangkat melacak lokasi kamu ternyata jadi salah satu faktor penyebab baterai cepat habis.

Penyebab Baterai Habis 3 9dd00
Sumber foto: Depositphotos

Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan mematikan fitur GPS saat benar-benar gak digunakan. Saat kamu sibuk bekerja di kantor atau sedang berada dalam kelas mungkin adalah beberapa contoh waktu yang tepat untuk kamu mematikan GPS di smartphone kamu.

4. Gaming, Gaming, Gaming

Aktivitas yang satu ini memang enggak bisa dihindari gamers. salah satu tujuan mereka membeli smartphone dengan baterai besar adalah untuk mengakomodir kebutuhan gaming mereka sehari-hari. Balik lagi, penggunaan untuk main game secara terus-menerus tetap akan bikin baterai besar kamu cepat habis.

Penyebab Baterai Habis 4 87f8d

Keasikan saat lagi gaming memang sulit dihentikan. Apalagi kalau kamu lagi asik push rank di Mobile Legends seperti pada gambar di atas. Tapi jangan sekali-sekali mengeluh jika smartphone kamu terasa boros pada bagian baterainya ya, guys!

Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
DOWNLOAD

5. Masih Pakai OS Jadul

Penyebab Baterai Habis 5 49737
Sumber foto: Fortune

Beberapa tipe pengguna smartphone adalah tipe yang malas meng-update OS smartphone mereka. Padahal selain memberi fitur tambahan, OS terbaru biasanya juga menyelesaikan berbagai permasalahan soal baterai yang ada di OS sebelumnya. Jadi, smartphone kamu akan terus mengalami masalah boros baterai yang sama jika masih menggunakan OS jadul.

6. Aplikasi Background

Penyebab Baterai Habis 6 A917b
Sumber foto: AndroidPIT

Kapasitas RAM dan memori internal super besar bikin kamu gak ragu untuk menggunakan banyak aplikasi di smartphone kamu. Hal itu tentu membuat banyak aplikasi tetap berjalan saat smartphone stand by atau yang biasa dikenal dengan aplikasi background. Gak perlu ditanya lagi, aplikasi-aplikasi itu akan menguras baterai kamu.

Aplikasi Boros Baterai
Aplikasi Paling Boros Baterai!
Smartphone saat ini dibekali kemampuan canggih untuk menggunakan berbagai aplikasi sesuai kebutuhanmu. Tapi sadar nggak, ada loh beberapa aplikasi boros baterai yang malah berbahaya loh! Ada apa saja ya kira-kira?
LIHAT ARTIKEL

7. Aplikasi Pengelola Baterai

Penyebab Baterai Habis 7 Ca537
Sumber foto: Android Authority

Terdapat banyak aplikasi pengelola atau penyimpan daya baterai yang digadang-gadang bisa menghemat baterai smartphone kamu. Nyatanya, beberapa aplikas jenis ini malah ikut mengonsumi baterai kamu, bahkan dalam porsi yang cukup besar. Untuk itu, pastikan kamu memilih aplikasi pengelola baterai yang benar.

Akhir Kata

Itulah tujuh penyebab baterai smartphone cepat habis meski berkapasitas 5000 mAh sekalipun. Kini kamu bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan baterai smartphone kamu boros. Sehingga meski kamu menggunakan smartphone dengan baterai di bawah 5000 mAh, smartphone kamu tetap awet daya dan bisa bertahan seharian.

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Hp Murah Baterai Besar 5

5 HP 1 Jutaan yang Bisa Bertahan 2 Hari

Launching Nokia 2 Indonesia 5

Gokil, Baterai Nokia 2 Bisa Tahan Sampe 2 Hari dengan Sekali Isi!

92e4b9509ddb263421bb1fbeed50e42c

6 Tips Menghindari Baterai Boros Saat Bermain Mobile Legends

F39684f343a541caa0761f5a3bfc4314

5 Smartphone dengan Baterai 5000 mAh yang Dijual Mulai 1 Jutaan

A38c1483d0a19e9ea0ee467b8920817f

WAJIB Tahu! 5 Aplikasi Android Ini Ternyata Bikin Baterai Cepat Habis Lho

APPS TERKAIT
Easy Battery Saver
Easy Battery Saver for Android 3.4.1
Apps 2Easy Team
Go Battery Saver Icon
GO Battery Saver & Power Widget 4.31.1
Apps GO Launcher EX
Dbs Icon
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
Battery Calibration
Battery Calibration 1.2
Apps N Ma
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal