J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Awas! Ini 4 Penipuan yang Pasti Terjadi Pada Smartphone Jika Kamu Nggak Hati-hati!

Awas! Ini 4 Penipuan yang Pasti Terjadi Pada Smartphone Jika Kamu Nggak Hati-hati!

Jumat, 28 Jul 2017, 09:00 WIB
WAJID DIBACA! Beberapa penipuan sering terjadi pada smartphone Android, jangan sampai kamu lengah!

Pengguna smartphone berbasis Android kian lama kian banyak yang menggunakannya. Tentu saja ini disebabkan karena pilihan untuk perangkat Android memang memiliki varian yang luar biasa banyak. Kamu bisa mendapatkan smartphone Android murah jika uang kamu pas-pas-an, atau ponsel unggulan sekelas Samsung Galaxy S7 jika uang kamu ada segudang.

Sayangnya, dengan adanya hal ini, banyak penipu yang melakukan aksinya untuk mencuri informasi dan data kita, baik informasi pribadi maupun keuangan yang sudah kamu pasangkan pada smartphone Android kesayangan kamu. Yup, penipuan yang berkaitan dengan perangkat Android ini harus kamu tahu agar kamu tidak terjebak. Baik, akan Jaka berikan empat penipuan yang biasa terjadi di smartphone Android.

BACA JUGA
  • BELL Freedom 251, Smartphone Termurah yang Ternyata Cuma Penipuan
  • 5 Jenis Penipuan Berbahaya yang Menyerang Pengguna WhatsApp
  • Cara Melindungi Android Kamu dari Penipuan Spam dan Phishing Scam

4 Penipuan yang Biasa Terjadi di Smartphone Android

1. Penipuan Melalui Pesan di Email

Crimepreventiontipsemaillogo1

Penipuan melalui pesan yang dikirimkan ke email kamu memang sudah banyak menelan korban. Biasanya, modus yang digencarkan adalah berupa undangan ke sebuah acara ataupun memberikan promosi terhadap suatu produk maupun jasa. Biasanya, dalam email seperti ini kamu harus menyertakan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat, nomor jaminan sosial, tempat/tanggal lahir, bahkan hingga rincian keuangan kamu.

Selain itu, penipuan via email lainnya adalah kamu akan diberitahu bahwa rekening bank kamu sudah dicuri dan perlu diverifikasi ulang. Kemudian, pesan tersebut akan mengarahkan kamu untuk memasukkan rincian login bank yang kamu gunakan, informasi pribadi atau sandi rahasia kamu ke link yang mereka berikan. Setelah kamu isi, penipuan itu barulah terjadi. Jadi, mulai saat ini kamu harus lebih berhati-hati ya, jika ada email yang nggak jelas, abaikan saja okay.

2. Aplikasi Palsu di Smartphone Android

Whatsapp Gold Palsu

Kejahatan cyber juga semakin merajalela loh guys. Para penjahat ulung dunia digital ini menciptakan aplikasi yang terlihat dan berfungsi layaknya aplikasi resminya, tetapi sebenarnya aplikasi ini merupakan malware yang dapat mencuri informasi kamu di smartphone Android terbaik kesayangan kamu. Aplikasi ini tidak hanya terjadi di file APK, namun beberapa aplikasi lainnya juga dapat ditemukan di Google Play.

Salah satu penipuan semacam ini yang baru terjadi belakangan ini adalah versi "eksklusif" dari WhatsApp yang disebut WhatsApp Gold. Guys, ingat WhatsApp Gold merupakan aplikasi PALSU. Ketika kamu mengunduhnya, smartphone Android kamu dipastikan akan terinfeksi malware. Selain itu, aplikasi penipuan berbau WhatsApp lainnya adalah WhatsApp Plus. Kalau kamu mau mendapatkan pembaruan dari WhatsApp, download-lah update dari WhatsApp itu sendiri yang sudah terpercaya.

3. Penipuan Berupa Dukungan Teknis

Penipuan Melalui Dukungan Teknis Di Android

Penipuan berupa dukungan teknis sudah ada sejak sejak tahun 90-an. Apa yang dimaksud adalah akan ada telepon dari seseorang yang mengatakan bahwa mereka dari pihak dukungan teknis dari penyedia layanan kartu SIM yang kamu pakai atau dari perusahaan smartphone yang kamu gunakan. Setelah itu, mulailah si penipu mengorek informasi pribadi kamu.

Salah satu alasan paling kuat yang digunakan oleh si penipu adalah tentang 'ransomware'. Alibi dukungan teknis ini akan mengklaim bahwa smartphone Android kamu telah terinfeksi virus dan juga mereka atau si penipu ceritanya berbaik hati untuk membantu kamu. Kemudian, kamu diarahkan untuk membeli sesuatu dari situs palsu dan kembali mengorek informasi mengenai rincian kartu kredit kamu melalui telepon tersebut. Jadi, harap waspada ya guys, jangan mudah tertipu saat kamu menerima telepon dari orang asing maupun SMS. Mengerti?

4. Paling Sering, Penipuan di Konter HP!

Konter Hp Tukang Bohong

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh para pengguna smartphone Android di tanah air adalah, saat ponsel kamu rusak, terus kamu bawa ke konter untuk diservis, hasilnya? ZONK! Yup, tidak semua konter handphone akan jujur ke setiap pelanggannya. Khususnya smartphone Android yang mudah banget dibilang "rusak" padahal kerusakannya nggak separah itu.

Biasanya, saat error sedikit, kamu akan membawanya ke konter handphone di sebuah mal ataupun konter-konter ponsel pinggir jalan. Nah, inilah saat yang paling mantap untuk para penipu melaksanakan aksinya. Mereka akan mengatakan bahwa smartphone Android kamu bermasalah dan harus dirujuk inap selama sekian hari, kemudian data pribadi kamu akan dikorek, bahkan jeroan hardware kamu juga akan ditukar dengan kualitas yang lebih rendah. Maka dari itu, datanglah ke service centre resmi sesuai dengan merek smartphone Android yang kamu gunakan ya.

Siapa di antara kamu yang pernah mengalami hal serupa, seperti apa yang Jaka informasikan? Semoga saja kamu tidak pernah mengalami seperti pada poin di atas dan juga jangan pernah sampai terjadi di kehidupan kamu! Tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner

Viu VS HOOQ VS Netflix VS Tribe, Mana yang Paling OK?

Cara Menemukan Smartphone Hilang

Lakukan Cara Ini! Niscaya Android Kamu Tidak Akan Pernah Bisa Dicuri

Cara Norak Cari Uang Banner

5 Cara Norak Untuk Menghasilkan Uang Dari HP Kamu

Banner Casing Pc Gaming Terbaik

Review: Cooler Master MasterCase Maker 5, Casing PC Gaming Murah Gagah Perkasa!

Kelas Kita Banner

Yuk, Belajar Pintar GRATIS di KelasKita!

APPS TERKAIT
Lockwatch Thief Catcher Icon
Lockwatch - Thief Catcher 3.4.0
Apps BlokeTech
20130820103056_760
Lookout Security & Antivirus
Apps Lookout
Clap To Find Icon
Clap to Find 3.3
Apps Frimus
Boxcryptor Icon
Boxcryptor 2.1.413.484
Apps Secomba GmbH
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Smartphone Android Kamu

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Smartphone Android Kamu

6 Tips Penting Untuk Membuat Smartphone Android Tetap Aman

6 Tips Penting Untuk Membuat Smartphone Android Tetap Aman

35 Tips Android yang Pasti Bikin Smartphone Kamu Lebih Canggih

35 Tips Android yang Pasti Bikin Smartphone Kamu Lebih Canggih

6 Alasan Orang Malas Beli Smartphone Baru! Nomor 5 Kamu Banget Ya?

6 Alasan Orang Malas Beli Smartphone Baru! Nomor 5 Kamu Banget Ya?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal