J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mengenal Para Pendiri Google, Orang Terkaya & Jarang Tampil di Publik

Mengenal Para Pendiri Google, Orang Terkaya & Jarang Tampil di Publik

Minggu, 20 Sep 2020, 13:00 WIB
Pendiri Google bisa dibilang dua orang yang jarang muncul di publik, namun jadi sosok paling berpengaruh di zaman sekarang. Siapakah pendiri Google?

Di era teknologi yang semakin berkembang ini, hampir semua orang pasti pernah mendengar nama Google. Google memang menjadi mesin pencari paling populer di dunia setelah diluncurkan pada tahun 1998.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, siapakah pendiri Google? Pendiri Google bukan terdiri dari hanya satu orang tapi ternyata dua orang, lho.

Nah, buat kamu yang penasaran siapa pendiri Google, Jaka bakal mengulasnya dengan lengkap di artikel berikut ini. Simak, yuk!

Mengenal Lebih Dekat Para Pendiri Google

Tidak sedikit yang bertanya nama pendiri Google, sebab kedua pendiri tersebut memang jarang menampakkan diri di depan publik.

Walaupun begitu, penemuan mereka diakui dan sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang di dunia. Tidak ada yang tidak tahu cara menggunakan Google, dan bahkan tiap saat kita selalu menggunakannya.

Nama Pendiri Google

Siapa Pendiri Google Pertama Kali Ebddd

Berdirinya Google tak lepas dari kerja keras dua orang pria hebat bernama Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya adalah mahasiswa Pascasarjana Doktoral di Stanford University, Amerika Serikat.

Mereka bertemu pertama kali di tahun 1995, saat kemudian di tahun berikutnya mereka membangun sebuah mesin pencari bernama BackRub, yang menjadi cikal bakal Google.

Sebelum menjadi Google, BackRub merupakan perusahaan mesin pencari yang mengandalkan algoritma. Awal mulanya, proyek ini dibuat pada server Stanford University selama lebih dari satu tahun.

Kemudian, pada 15 September 1997, mereka mendaftarkannya sebagai Google.com secara resmi. Tahun berikutnya, Larry meluncurkan buletin bulanan bernama Google Friends Newsletter yang berisi info perusahaan.

Larry, pria kelahiran Michigan, 26 Maret 1973, merupakan anak dari seorang profesor ilmu komputer dan juga guru pemrograman komputer di Univesitas Michigan.

Sementara Sergey lahir di Moskow, Rusia, tanggal 21 Agustus 1973 dari keluarga terpandang di Rusia. Ayah dan ibunya merupakan ahli matematika lulusan Moscow State University.

Namun pada Desember 2019 lalu, keduanya memutuskan untuk mengundurkan diri dari Alphabet, induk dari Google, dan memutuskan untuk menjadi pengawas dan menyerahkan posisi mereka pada regenerasi.

Fakta Unik Pendiri Google

Kekayaan Pendiri Google 97abb

Kedua pendiri Google ini juga memiliki beberapa fakta unik yang tidak bisa kamu lepaskan. Mereka berdua dikenal sebagai introver alias pendiam yang jarang mau muncul di depan publik.

Larry lahir dari keluarga yang mencintai segala sesuatunya tentang komputer. Rumahnya dipenuhi dengan majalah komputer, sains, hingga teknologi.

Ia sendiri mulai tertarik pada komputer sejak usia enam tahun dengan mempelajari komputer generasi pertama.

Sosok Larry Page yang tak mau menonjolkan diri dan jarang sekali muncul di publik membuatnya dijuluki 'hantu' oleh jurnalis. Berbeda dengan Sergey yang sangat terbuka dan energik.

Sedangkan Sergey merupakan seorang pengusaha di Amerika Serikat yang mempelajari ilmu komputer dan matematika. Ketika masih berusia enam tahun, keluarga Sergey memutuskan pindah dari Rusia ke Amerika Serikat.

Sang ayah adalah seorang profesor matematika di University of Maryland dan menjadi salah satu orang yang memiliki peran besar terhadap ketertarikan pendiri Google satu ini terhadap matematika.

Sergey berstatus co-founder di Google. Biasanya, status ini terlupakan oleh sejarah. Misalnya seperti pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang lebih dikenal daripada pendiri lainnya.

Tapi lain ceritanya dengan Sergey Brin. Ia menjadi orang terkaya ke-14 di dunia berkat menjadi pendiri Google bersama rekannya, Larry.

Mereka menyebut mesin pencari Google dengan istilah matematika "googol", yang berarti angka 1 diikuti oleh 100 nol untuk mencerminkan misi mereka dalam mengatur sejumlah besar informasi yang tersedia di internet.

Berkantor pusat di jantung Silicon Valley California, Google mengadakan penawaran umum perdana pada Agustus 2004, hingga menjadikan Brin dan Page miliarder dunia.

Menurut catatan Forbes per Juli 2020, Sergey Brin berada di posisi orang terkaya ke-14 di dunia.

Bisa tebak berapa total kekayaan pendiri Google satu ini? Yap, total kekayaan bersihnya mencapai 66 miliar dolar AS atau setara dengan Rp964 triliun.

Sejarah Perkembangan Google

Siapakah Pendiri Google 41c1f

Sebelum menjadi teknologi canggih yang kita kenal kini, Google dalam perkembangannya mengalami jatuh bangun dan beberapa eksekusi yang gagal. Bahkan juga hampir bangkrut, geng.

Ide pembuatan Google berasal dari Larry yang kemudian dieksekusi bersama Sergey. Mereka kemudian dengan susah payah berhasil memperoleh pendanaan 1 juta dolar AS (dengan kurs sekarang setara dengan Rp14,7 triliun) dari teman dan keluarga.

Kapan Google didirikan? Google secara resmi didaftarkan pada September 1997 oleh kedua pendiri Google, Larry dan Sergey.

Awalnya, kantor Google berada di sebuah garasi. Berkat kerja keras mereka berdua, startup tersebut tumbuh pesat dan tak lagi berada di garasi.

Popularitas yang semakin melesat membuat Google membutuhkan pendanaan baru untuk berinvestasi di server maupun menambah orang.

Pasalnya, saat itu Google belum menghasilkan uang. Akhirnya mereka mulai mencari investor baru dengan beberapa syarat.

Syarat tersebut membuat Larry harus turun dari posisinya sebagai CEO karena dinilai belum berpengalaman. Dengan berat hati ia harus melakukannya dan Google pun mendapat pendanaan.

Akhirnya, Larry pun mencari CEO terbaik yang berpengalaman dan kelas dunia. Ia memilih Eric Schmidt, yang sebelumnya menjadi CEO Novell.

Schmidt resmi menjadi CEO Google pada bulan Agustus 2001. Keputusan yang mereka buat sangat tepat, nama Google menjadi besar, Larry dan Sergey menjadi seorang miliarder.

Namun, Larry yang penuh ambisi mengatakan bahwa ia tak ingin Google hanya menjadi perusahaan mesin cari. Ia ingin mewujudkan cita-citanya menciptakan hal-hal yang mengubah dunia.

Tahun 2005, ia pun melirik Android dan akhirnya mengakuisisinya. Sebab, pendiri Google ini menginginkan sebuah perangkat yang bisa dimiliki banyak orang dan bisa mengakses semua layanan Google.

Meskipu diakuisisi Google, Android tetap dibiarkan berdiri sendiri dan tetap dipimpin penciptanya, Andy Rubin. Ia juga bisa mengembangkan Android sesuka harinya.

Sampai akhirnya, ponsel Android pertama dirilis dengan nama G1 di tahun 2008. Sistem operasi ini berkonsep bagus dan bisa diinstal gratis oleh vendor manapun, sehingga popularitasnya sangat melesat.

Di saat yang sama, Google telah menjadi perusahaan raksasa. Di tahun 2010, kapitalisasi pasar Google mencapai 180 miliar dolar AS (setara dengan Rp2 kuardriliun) dengan 24 ribu karyawan.

Namun di tahun 2011, Schmidt memutuskan bahwa Larry Page sebagai pendiri Google pantas untuk kembali menjadi CEO. Ia pun turun pangkat menjadi chairman Google.

Di bawah kepemimpinan Larry, Google melakukan sejumlah hal fantastis. Tahun 2012, Google membeli Motorola untuk membeli paten demi memperkuat Android yang sering diterpa gugatan hukum.

Kemudian ia juga memperkenalkan Chromebook, laptop berbasis web dan cloud, serta kacamata pintar Google Glass.

Di sisi lain, Larry mendapatkan kritik yang kurang enak didengar, seperti kemampuan public speaking-nya yang dinilai buruk sehingga kurang mempesona pendengarnya.

Akhirnya di tahun 2015, Larry lengser dari posisi CEO dan kemudian menunjuk Sundar Pichai. Ia dan Sergey kemudian memimpin Alphabet, induk perusahaan Google dan perusahan lain yang bernaung di bawahnya.

Setelah 4 tahun berada di Alphabet, akhirnya kedua pendiri Google mengundurkan diri dari CEO Alphabet dan memutuskan untuk menjadi pengawas dan juga tetap memegang saham di sana.

CEO Alphabet akan dialihkan pada Pichai yang sebelumnya menjabat menjadi CEO Google. Pria berusia 47 tahun tersebut lahir di India yang melanjutkan studinya di Amerika Serikat dan bergabung dengan Google pada tahun 2004.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan Jaka tentang nama pendiri Google yang mungkin membuatmu bertanya-tanya. Dari eksekusi yang sederhana disertai kerja keras, Google berhasil menjadi perusahaan raksasa dan mesin pencari nomor satu di dunia maya.

Kita patut mencontoh hasil kerja keras Larry Page dan Sergey Brin dalam mendirikan dan membangun Google. Jangan mau kalah, geng!

Baca juga artikel seputar Google atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Pencarian Google Terpopuler 2017

Pengabdi Setan! Inilah Daftar Pencarian Google Terpopuler 2017

Kalender Hari Libur 2016

Begini Cara Melihat Hari Libur dan Tanggal Merah 2016 di Google Calendar

20130520154410_1493

1 Miliar Terjemahan per Hari di Google Translate

10 Alasan Kenapa Google Inbox Jauh Lebih Baik Dari Gmail

10 Alasan Kenapa Google Inbox JAUH Lebih Baik dari Gmail

Google Chrome Koneksi Internet Banner Rev

10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Google Chrome di PC

Fasilitas Kerja Di Kantor Google

10 Fasilitas Unik ini Bikin Kamu Ngebet Ingin Kerja di Google

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Prank April Mop Google Paling Terseru,  Ada Teknologi Time Travel?

7 Prank April Mop Google Paling Terseru, Ada Teknologi Time Travel?

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

7 Perusahaan Teknologi Terkenal yang Dibeli Google, Bangkrut Semua?

7 Perusahaan Teknologi Terkenal yang Dibeli Google, Bangkrut Semua?

Hati-Hati! 7 Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya untuk HP Android Kamu

Hati-Hati! 7 Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya untuk HP Android Kamu

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal