J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Pencapaian Android Terhebat Hingga Saat Ini | Jadi Sistem Operasi No.1?

              7 Pencapaian Android Terhebat Hingga Saat Ini | Jadi Sistem Operasi No.1?

              00
              Selasa, 31 Des 2019, 13:00 WIB
              Sejak tahun perilisannya pada 208 lalu, berikut adalah beberapa pencapaian yang berhasil diraih oleh sistem operasi Android hingga saat ini.

              Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2008 lalu, Android kini telah bekembang dengan sangat pesan dan bahkan kini menjadi salah satu sistem operasi HP yang paling banyak digunakan.

              Kesuksesan yang diraih oleh Android saat ini tentu nggak selalu berjalan mulus. Satu per satu batu loncatan telah mereka lalui hingga akhirnya seperti sekarang ini.

              Tapi, diumurnya yang ke-11 tahun ini sebenarnya apa saja sih pencapaian yang telah berhasil diraih oleh Android? Penasaran? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

              Pencapaian Android Terhebat Dalam 10 Tahun

              Tidak lantas meraih kesuksesan dengan cepat begitu saja, berikut adalah beberapa pencapaian sistem operasi Android terhebat hingga saat ini.

              1. Android Gingerbread Mulai Populer di Tahun 2010

              Android Gingerbread 5797d

              Meskipun sudah didirikan sejak tahun 2008 lalu, namun eksistensi sistem oprasi Android di pasaran kala itu belum cukup populer.

              Hingga akhirnya pada tahun 2010 OS Android mulai banyak digunakan oleh perangkat smartphone dan berhasil memiliki sekitar 5% dari pasar OS global.

              Popularitas OS Android pun kemudian semakin melonjak naik di akhir tahun 2010 dengan memiliki sekitar 24.5% dari pasar OS dan membuatnya menjadi sistem operasi kedua yang paling banyak digunakan saat itu.

              Ketenaran yang diraih oleh Android sendiri rupanya tak lepas dari keputusannya untuk meluncurkan OS Android versi Gingerbread bersamaan dengan HP Samsung Nexus S pada Desember 2010.

              Di mana Gingerbread menjadi versi OS Android yang paling banyak digunakan di tahun-tahun Android mulai populer.

              2. Di Tahun 2012 OS Android Setara dengan iOS

              Android E83d5

              Berkat versi Android Gingerbread dan Ice Cream Sandwich yang meledak di pasar OS global, nama Android pun semakin diperhitungkan.

              Kedua OS Android itu sendiri banyak digunakan oleh sejumlah vendor smartphone saat mengeluarkan produk HP terbaru mereka.

              Bahkan, di tahun 2012 sejumlah HP flagship seperti Samsung Galaxy S3, HTC One X, Nexus 7 tablet, Samsung Galaxy Note 2, dan Google Nexus pun mengadopsi OS buatan Andy Rubin dan kawan-kawan ini.

              Karena pencapaian itu pula, kepopuleran sistem operasi Android kemudian disebut-sebut sudah setara dengan iOS, sistem operasi buatan Apple.

              3. Kehadiran Google Now

              Google Now 3a435

              Kepopuleran yang mulai berhasil diraih oleh Android tersebut rupanya nggak membuat sistem operasi HP satu ini puas dengan segala pencapaian yang sudah dimilikinya.

              Android terus menghadirkan inovasi-invoasi baru mulai dari kelahiran versi-versi Android berikutnya, hingga yang paling membanggakan saat itu adalah perilisan fitur asisten perintah suara Google Now di OS buatannya.

              Fitur tersebut pertama kali dihadirkan oleh Google di Android versi Jelly Bean yang mereka rilis pada tahun 2012 lalu.

              Berkat hadirnya fitur ini, pengguna dapat dengan mudah untuk memunculkan halaman Google Search hanya dengan mengatakan perintah "Ok, Google".

              4. Perilisan Android Wear

              Android Wear B868c

              Pencapaian yang berhasil diraih oleh Android berikutnya adalah perilisan Android Wear atau yang kini dikenal dengan nama Wear OS.

              Sistem operasi Android yang dirancang untuk smartwatch dan perangkat wearable lainnya ini dirilis pertama kali pada tahun 2014 lalu.

              Nggak berapa lama setelah perilisannya tersebut, beberapa perangkat smartwatch besutan brand Samsung dan LG pun mulai masuk ke pasaran dengan menggunakan OS ini.

              Langkah yang diambil oleh Android dan Google ini pun kemudian membuat perangkat Apple Watch bukan lagi menjadi satu-satunya smartwatch yang beredar di pasaran.

              5. Kehadiran Google Assistant

              Google Assistant Ebf25

              Kemunculan fitur Google Now di Android Jelly Bean pada tahun 2012 lalu rupanya menjadi pondasi dari kelahiran asisten virtual yang kini kita kenal dengan nama Google Assistant.

              Google Assistant awalnya merupakan bagian dari aplikasi perpesanan Google Allo dan perangkat speaker Google Home.

              Kemudian di tahun 2017 fitur Google Assistant mulai dihadirkan untuk perangkat smartphone dan wearable yang menggunakan sistem operasi Android.

              Untuk perangkat smartphone, Google Assistant sendiri pertama kali hadir di HP Google Pixel dan Pixel XL.

              6. Perilisan Android Pie dengan Beragam Fitur Menarik

              Android Pie F7872

              Meskipun sudah merilis banyak versi Android, namun Android Pie kabarnya menjadi sistem operasi yang paling "matang" dibandingkan dengan versi Android lainnya.

              Hal itu dikarenakan Android Pie ini menghadirkan sejumlah pembaruan menarik yang bermanfaat baik bagi pengguna ataupun developer.

              Selain itu, Android Pie pula yang menghadirkan fitur Adaptive Battery di mana berkat kehadirannya pengguna jadi dapat menghemat daya baterai di perangkatnya.

              Nggak cuma itu saja, fitur Digital Wellbeing juga pertama kali muncul di OS Android versi ini.

              7. Android 10

              Android 10 0a621

              Perilisan sistem operasi Android 10 pada Mei lalu menjadi pencapaian selanjutnya yang berhasil diraih oleh Android juga Google.

              Lewat pembaruannya tersebut Google menghadirkan beragam fitur yang nggak kalah menarik mulai dari dark mode yang kini tengah populer, hingga fitur Live Caption.

              Hadirnya fitur-fitur Android 10 tersebut sekaligus menjadikan sistem operasi satu ini semakin kuat untuk bersaing dengan iOS.

              Akhir Kata

              Nah, itulah tadi beberapa pencapaian yang berhasil diraih oleh sistem operasi Android dari mulai kemunculannya pada tahun 2008 lalu hingga saat ini.

              Dari yang tadinya tidak dikenal siapa-siapa, kini Android telah bertransformasi menjadi sistem operasi populer yang bersaing ketat dengan iOS.

              Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Tags Terkait:

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Popup External Background JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal