10 Pekerjaan Programming yang Untuk Jadi Programmer Handal

18 May 2017

Pekerjaan sebagai programmer mungkin tidak lagi sama seperti dulu, kini ruang lingkup untuk bekerja di dalam industri programming telah luas.

Jika kamu ingin memulai karir dalam industri programming, kamu atau siapapun itu benar-benar bisa. Tidak ada yang terlambat untuk memulainya, karena faktanya tidak semua pekerjaan yang berhubungan dengan coding itu sama.

Saat kita memutuskan untuk berkarir menjadi programmer biasa, itu bisa menjadi sangat sulit saat ini, karena ada banyak kebutuhan industri programming yang berbeda-beda.

Jadi kesimpulannya kamu harus mempertimbangkan untuk fokus pada salah satu konsentrasi pekerjaan programming berikut ini untuk meningkatkan peluang kesuksesan kamu.

10 Pekerjaan Programming yang Bisa Kamu Pilih

Software Development

Software Development

Biasanya jenis pekerjaan tentang programming bisa sangat membingungkan, contohnya seperti 'Software developer', software engineer', 'computer programmer', dan 'application developer', pada dasarnya semua pekerjaan tersebut memiliki ruang lingkup dan tujuan yang sama. Bahkan bisa jadi nama-nama tersebut bisa berbeda dengan yang ada pada perusahaan lain.

Jadi kita tidak perlu repot-repot memikirkan jenis pekerjaan yang telah disebutkan di atas. Karena semuanya memiliki proses dan tujuan sama, yaitu mengumpukan persyaratan fitur untuk perangkat lunak, merancang solusi, dan menerapkan fitur tersebut.

Untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dengan Software Development, maka kamu harus fokus untuk melihat peluang pada industri di bawah ini.

Finance/Keuangan

Sistem keuangan merupakan industri yang paling maju di dunia, lengkap dengan aturan kerja yang kompleks, analisis statistik, dan ada berjuta-juta data yang bisa diolah setiap hari. Kecepatan dan keahlian sangat dibutuhkan di sini.

Ini adalah pekerjaan dengan tekanan yang luar biasa tinggi. Maka dari itu kamu bisa fokus untuk menjadi programmer yang fokus pada bidang industri ini karena peluangnya yang besar.

Goverment/Pemerintahan

Programmer sangat dibutuhkan di semua tingkat pemerintahan, untuk segala hal mulai dari pekerjaan coding, desain, dan pemeliharaan sistem yang luas.

Jika kamu memiliki keahlian lain di bidang komputer dan keamanan jaringan maka kamu bisa memilih jabatan khusus. Meskipun kita tahu bekerja di dalam pemerintahan itu seperti apa, namun manfaat dan peluangnya cenderung besar.

Legacy

Teknologi selalu maju setiap harinya dan kebanyakan programmer harus fokus untuk mengikuti tren baru, namun sebagain besar kegiatan bisnis masih menjalankan teknologi yang lama.

Ada dua jenis pekerjaan programming yang berhubungan dengan Legacy yaitu memelihara dan memperluas sistem legacy, atau mengubah sistem legacy ke teknologi yang lebih baru.

Kamu yang ingin berkarir pada pekerjaan software development mungkin bisa fokus pada industri ini karena tren selalu terjadi setiap saat dan ini merupakan peluang yang besar.

Mobile development

Mobile development

Setiap tahun jumlah pengguna internet semakin bertambah, di setiap negara maju dan berkembang sama, tak terkecuali Indonesia. Dan jumlah tersebut masih akan terus meningkat.

Banyak orang yang gemar menggunakan aplikasi smartphone saat ini, aplikasi smartphone akan terus berkembang dan memiliki masa depan yang masih panjang, dan pengembang aplikasi smartphone pasti akan terus meningkat juga.

Oleh karena itu kamu yang ingin berkarir menjadi seorang Mobile Development bisa fokus melirik beberapa industri di bawah ini.

Start-up

Mungkin memutuskan bergabung dengan industri start-up cukup beresiko, mengingat hampir setengah dari semua start-up mengalami kegagalan dalam 5 tahun.

Tapi bukan berarti kamu harus menghindarinya, jika kamu orang yang suka tantangan hal ini akan menjadi sebuah impian yang layak dikejar.

Untuk mengembangkan sebuah start-up tidak perlu terpaku pada kesuksesan perusahaan seperti PayPal atau Instagram yang awalnya juga merupakan pengembangan dari Start-up.

Game

Sama seperti start-up, untuk bergabung dengan industri game juga penuh resiko.

Tetapi ini mempunyai peluang yang cukup tinggi, untuk membuat game biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menyelesaikan sebuah projek, kemudian setelah itu merilisnya di pasaran.

Jika game yang dibuat menarik maka akan memiliki banyak penggemar yang memainkannya terus-menerus, dan ini merupakan sebuah peluang kesuksesan bagi kamu ingin masuk ke dalam pekerjaan programming mobile development, khususnya pada bidang game.

Web Development

Web Development

Web development adalah sebuah bagian khusus yang unik dalam industri pemrograman, Baik dari segi bahasa, arsitektur, alur pekerjaam, dan konsep cenderung sedikit memiliki tumpang tindih dengan industri lain.

Mmisalnya pengembangan aplikasi bisnis yang tentunya wajib melibatkan orang yang mengerti manajemen dan keuangan, atau pengembangan video game yang melibatkan desainer game dan lain sebagainya.

Web development cenderung bebas dalam keterkaitan tersebut.

Jika kamu memilih untuk fokus pekerjaan programming sebagai web development, maka kamu harus mengerti jika ada tiga jenis bagian web development yang bisa dipilih, yaitu bagian Front-end development, back-end development, dan full-stack development. Bahasa dan teknologi yang digunakan tentu berbeda pada tiap jenis bagiannya.

Front-End

Pada bagian ini kamu hanya akan mengambil lingkup kerja mendesain sebuah situs web untuk terlihat user-friendly.

Dengan menggunakan bahasa seperti javascript, HTML, dan CSS, kamu dapat menerapkan fungsionalitas yang membuat situs web dapat interaktif dan mudah dioperasikan.

Back-End

Pengembang bagian back-end akan fokus untuk menangani logika dan data situs web.

Misal dalam membuat sebuah mobil, jika bagian front-end membangun sebuah kerangka keseluruhan, maka bagian back-end akan menangani semua yang membuat mobil tersebut dapat berjalan.

Bagi kamu yang ingin memilih karir pada bidang Back-end development, maka kamu harus menguasai bahasa pemrograman seperti PHP, Python, Javascript, dan Ruby.

Full-Stack

Untuk Full-stack development maka lingkup pekerjaan yang ditangani adalah semuanya, yaitu menangani bagian front-end dan back-end.

Bagaimanapun pekerjaan sebagai full-stack development harus membuat desain website dan sekaligus menerapkan logika dan data secara bersamaan. Pekerjaan ini biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi.

Database Development

Database Development

Setiap perangkat lunak yang melibatkan pemrosesan sebuah data seharusnya menggunakan database untuk menyimpan data tersbut.

Inilah mengapa seorang database development diperlukan dalam pekerjaan ini untuk meminimalkan kompleksitas, mengoptimalkan kinerja, dan memastikan data dapat dengan mudah diakses oleh program yang membutuhkannya.

Jika kamu memutuskan untuk berkarir menjadi seorang database development, maka ada dua jenis pilihan utama yang harus kamu ketahui.

Menguasai keduanya memang lebih baik, tetapi biasanya keduanya memiliki kebutuhan untuk industri yang berbeda.

SQL

SQL atau jika diucapkan menjadi 'sequel' adalah merupakan jenis database relasional tradisional yang telah digunakan dalam pemrograman komputer selamam beberapa dekade.

SQL merupakan sebuah bahasa sendiri, dan kemudian muncul beberapa sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer seperti MySQL, Microsoft SQL Server, dan SQLite.

NoSQL

Jenis database ini adalah non-relasional yang menawarkan fleksibilitas, skalabilitas, dan kecepatan pengembangan dengan mengorbankan struktur dan integritas data yang begitu kurang.

NoSQL saat ini cukup tren untuk pengembangan web dan mobile, pengembangan database ini seperti MongoDB, Redis, dan Cassandra.

Namun meskipun begitu, SQL masih lebih populer dan mengalami peningkatan dalam segi permintaan kebutuhan kerja.

Akhir KAta

Itulah 10 pekerjaan Programming yang cukup menjanjikan saat ini. Ada banyak industri yang bisa kita pilih dari ruang lingkup pekerjaan sebagai programmer, mulai dari Software Development, Mobile Development, Web Development, dan Database Development.

Kesemuanya memiliki kebutuhan industri yang berbeda-beda dan tentu saja kita dapat memilihnya dan fokus terhadap pilihan tersebut.

Jadi apakah kamu sudah memutuskan untuk berkarir sebagai seorang programmer? Tulis tanggapanmu di kolom komentar ya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar