Cara Menggunakan Apple Pay di iPhone, Mudah dan Cepat!

Default

Apple Pay adalah metode pembayaran yang dirancang oleh Apple untuk memudahkan transaksi menggunakan kartu debit atau kredit. Alhasil, panduan menggunakan Apple Pay di iPhone sering dicari.

Bagi pengguna iPhone, Apple Pay sangat praktis karena hanya perlu menekan Tombol Daya 2x, melakukan verifikasi wajah dengan Face ID, dan mendekatkan iPhone ke mesin pembayaran.

Ingin tahu cara menggunakan Apple Pay di iPhone? Simak penjelasan berikut sampai tuntas, yuk! Ada juga penjelasan lengkap cara menambahkan kartu debit dan kredit di iPhone.

>> Beli iPhone 15 terbaru beserta aksesorisnya di sini, banyak promo! <<

Panduan Penggunaan Apple Pay di iPhone

Cara Menggunakan Apple Pay Di Iphone Dengan Mudah 611c9
Sumber foto: Blackxperience - cara pakai apple pay di iPhone

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan Apple Pay di iPhone:

  1. Pastikan kamu telah mengaktifkan fitur Apple Pay di iPhone kamu. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Wallet & Apple Pay, kemudian aktifkan opsi "Apple Pay" jika belum aktif.
  2. Setelah mengaktifkan fitur Apple Pay, tambahkan kartu debit atau kredit kamu ke aplikasi Wallet di iPhone. Untuk melakukannya, buka aplikasi Wallet dan ketuk tombol "+" untuk menambahkan kartu.
  3. Ikuti petunjuk pada layar untuk memasukkan informasi kartu debit atau kredit kamu secara manual atau gunakan fitur pemindai untuk memindai kartu secara otomatis.
  4. Setelah kartu ditambahkan ke aplikasi Wallet, pastikan untuk melakukan verifikasi dari bank penerbit kartu melalui SMS atau email yang dikirimkan kepada kamu.
  5. Sekarang kamu dapat mulai menggunakan Apple Pay saat melakukan pembayaran di tempat yang mendukung layanan ini. Ketika berada di kasir atau formulir pembayaran digital, tekan Power Button 2x dan lakukan verifikasi wajah dengan Face ID.
  6. Dekatkan bagian belakang iPhone yang memiliki fitur NFC (Near Field Communication) dengan mesin pembayaran atau ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan transaksi.

Cara Menambahkan Kartu Debit atau Kredit di Dompet

Pengguna Apple juga dapat menambahkan kartu debit dan kredit dengan mudah di dompet digital mereka. Mengutip dari situs resmi Apple.com, tata cara menambahkan kartu debit atau kredit adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Dompet.
  2. Klik tombol "Tambah Kartu" dan masuk menggunakan Apple ID.
  3. Klik "Lanjutkan", lalu posisikan kartu debit/kredit di bingkai kamera.
  4. Alternatif lainnya, kamu bisa memasukkan informasi detil seperti nomor kartu secara manual.
  5. Klik lanjutkan, kemudian lakukan verifikasi dengan Face ID atau Touch ID.
  6. Ikuti instruksi di ponsel untuk melakukan validasi data.
  7. Penerbit kartu akan menentukan apakah kartu tersebut layak untuk Apple Pay. Mereka juga mungkin meminta informasi tambahan untuk melengkapi verifikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Apple Pay

Sebagai salah satu metode pembayaran digital terkemuka, Apple Pay memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penggunaan Apple Pay di iPhone:

Kelebihan:

  • Kemudahan Penggunaan: Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur Apple Pay di iPhone dan melakukan verifikasi wajah menggunakan Face ID untuk mulai menggunakan layanan ini.
  • Privasi yang Tinggi: Transaksi melalui Apple Pay dilengkapi dengan teknologi keamanan canggih seperti enkripsi end-to-end dan tokenisasi yang membuatnya lebih sulit untuk diretas.
  • Dukungan Bank yang Luas: Apple Pay telah mendukung ratusan bank yang bekerja sama sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi.
  • Kompatibilitas: Banyak tempat di Indonesia sudah mendukung sistem pembayaran dengan menggunakan Apple Pay seperti McDonald's Indonesia dan KFC yang menggunakan sistem self order.

Kekurangan:

  • Keterbatasan Tempat: Meskipun Apple Pay sudah tersedia di beberapa tempat di Indonesia, namun masih terdapat banyak tempat yang belum mendukung sistem pembayaran ini. Sehingga, pengguna mungkin masih perlu menggunakan metode pembayaran lainnya.
  • Ketergantungan pada iPhone: Apple Pay hanya dapat digunakan di perangkat iPhone sehingga pengguna dengan perangkat non-iPhone tidak dapat mengakses layanan ini.

Akhir Kata

Apple Pay adalah metode pembayaran digital yang praktis, privat, dan aman untuk pengguna iPhone. Dengan mengaktifkan Apple Pay dan menambahkan kartu debit atau kredit ke aplikasi Wallet di iPhone, kamu bisa dengan mudah melakukan pembayaran di tempat-tempat yang mendukung layanan ini.

Meskipun dukungan untuk Apple Pay di Indonesia masih terbatas, semakin banyak tempat yang sudah mengadopsi sistem self-order, seperti McDonald's Indonesia dan KFC. Dengan Apple Pay, pengguna tidak perlu repot membawa uang tunai atau kartu fisik saat berbelanja.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal