J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Overclock, Naik dan Turunkan Kinerja CPU Android Sesuka Hati

Overclock, Naik dan Turunkan Kinerja CPU Android Sesuka Hati

Selasa, 20 Mei 2014, 14:56 WIB
Android kamu lemot? Sudah coba mengatasinya dengan uninstall, reboot dan bahkan mematikan semua bloatware yang ada di smartphone tapi masih lemot juga? Mungkin sudah saatnya kamu melakukan Overclock!

Android kamu lemot? Sudah coba mengatasinya dengan uninstall, reboot dan bahkan mematikan semua bloatware yang ada di smartphone tapi masih lemot juga? Mungkin sudah saatnya kamu melakukan Overclock!

Pertama-tama, Jaka akan menjelaskan dulu beberapa hal: Ingat bahwa Overclock bisa menyebabkan kerusakan pada handphone kamu, dan juga membuat garansi langsung hangus! Jaka tidak bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi kepada handphone kamu sebagai akibat dari mencoba hal apapun yang ada di artikel ini

Perlu dijelaskan juga bahwa artikel ini akan membahas mengenai dasar-dasar ilmu yang perlu diketahui untuk melakukan overclock. Tapi, artikel ini tidak akan membahas langkah-langkah yang harus diikuti untuk meng-overclock handphone kamu, karena cara overclock sangat berbeda menurut jenis handphone masing-masing, bahkan sebagian handphone tidak bisa dioverclock sama sekali karena memang dari pabriknya sudah demikian.

Cara Overclock Android 9dad0
Cara Overclock Android Seperti ASUS ROG Phone!
Salah satu fitur andalan ASUS ROG Phone, adalah overclock yang membuat performa smartphone naik tinggi. Ingin juga melakukan overclock pada smartphone android kamu? Bisa loh dengan cara overclock android ini...
LIHAT ARTIKEL

APA ITU OVERCLOCK?

Smartphone berbasis Android ataupun OS lain, sebenarnya sangat mirip dengan komputer pribadi atau laptop. Seringkali ketika kita hendak membeli laptop atau komputer, kita pasti akan bertanya: Apa sih prosesornya? atau Berapa Giga? Nah, sekarang pun, ketika membeli perangkat Android, kamu akan melihat bahwa produsen menuliskan jenis serta kecepatan prosesor yang ada dalam handphone tersebut.

Contohnya ada banyak: Exynos, Snapdragon, Qualcomm, ARM, Tegra, MediaTek (MTK), dan diikuti dengan kecepatan serta jumlah inti/otak/core yang dimiliki, contohnya: 1GHz, 1,5GHz, quad-core, dual-core dan lain sebagainya. Inilah pusat dari seluruh proses yang berjalan dalam smartphone kamu, dengan kata lain otak dari smartphone. Bagaimana kalau otak ini menjadi lebih cepat? Tentu saja proses pekerjaan akan lebih cepat selesai, gerakan lebih mulus, dan lain sebagainya.

Overclock adalah menjalankan prosesor pada kecepatan di atas kecepatan standar, atau di atas kecepatan bawaan pabriknya. Misalkan bawaan handphone murah adalah prosesor 1GHz, kita meng-overclocknya jadi 1,6GHz, itu berarti kecepatan si handphone menjadi setara dengan sebuah Galaxy S4 (kurang lebih). Menarik bukan? Bagaimana bisa?

APA SAJA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OVERCLOCK?

Kelebihannya tentu saja aplikasi berjalan dengan lebih cepat dan lancar, game berjalan dengan lebih mulus. Sistem menjadi lebih responsif, dan semuanya berjalan dengan membutuhkan waktu operasional yang lebih sedikit.

Kekurangannya overclock, tentu saja sistem menjadi lebih panas, ini karena prosesor yang bekerja lebih keras membutuhkan daya listrik lebih besar, yang membuatnya mengumpulkan panas lebih tinggi, dan membuat baterai lebih boros.

Kekurangan lain adalah faktor resiko, tentu saja. Resiko umum seperti brick (mati total), bootloop (tidak bisa memasuki OS), dan lain sebagainya. Contoh dari OS yang tidak stabil:

Overclock 01

APAKAH HANDPHONE SAYA HARUS DI-OVERCLOCK?

Ada cara-cara yang mudah untuk memastikan apakah handphone kamu butuh overclock. Berikut adalah pertanyaan yang harus kamu jawab:

[list type=decimal] [li]Apakah kamu merasa bahwa akhir-akhir ini handphone kamu lambat?[/li] [li]Apakah kamu tidak punya uang untuk beli yang baru? [/li] [li]Apakah kamu tidak masalah dengan hilangnya garansi handphone ataukah memang garansinya sudah kadaluarsa?[/li] [li]Apakah kamu bersedia menanggung segala resiko dalam melakukan root, flashing dan overclock?[/li] [li]Apakah kamu sudah mengerti caranya melakukan root, flash ROM dan restore/backup android?[/li] [/list]

Kalau kamu menjawab iya untuk semua pertanyaan di atas, berarti kamu perlu overclocking sekarang juga!

PERSIAPAN OVERCLOCK

[list type=decimal] [li]Pastikan bahwa handphone kamu sudah di-root. Hal ini memastikan bahwa handphone kamu sudah siap untuk diinstal Custom ROM atau Kernel.[/li] [li]Kernel file untuk handphone kamu, disarankan kernel file yang memiliki fitur overclock. Biasanya kernel file diedarkan dalam bentuk .zip[/li] [li]CWM recovery, dan boot masuk ke CWM recovery untuk flash kernel file

Overclock 02
[/li]

[li]Custom ROM (tidak wajib), beberapa kernel bisa bekerja fine-fine saja dengan ROM bawaan dari pabrik, asalkan sudah diroot. Custom ROM biasanya membuat kinerja handphone lebih baik dari ROM bawaan. Contoh custom ROM adalah CyanogenMod

Overclock 03
[/li] [/list]

OVERCLOCKING!

Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu melakukan overclock, antara lain:

[list] [li]SetCPU for Root users (berbayar)

Overclock 04
[/li]

[li]No-frills CPU Control

Overclock 05
No Frills
No-frills CPU Control 1.28.2
Apps Productivity SIN O
DOWNLOAD
[/li]

[li]Tegrak Overclock

Overclock 06
Tegra Oc
Tegrak Overclock 1.9.12
Apps Productivity tegrak
DOWNLOAD
[/li]

[li]AnTuTu CPU Master (Free)

Overclock 07
[/li]

[li]CPU tuner (Rooted phones)

Overclock 08
Cpu Tuner
CPU tuner (Rooted phones) 3.4.2
Apps Productivity vogtp
DOWNLOAD
[/li] [/list]

Ada beberapa parameter atau setting yang bisa diubah, antara lain: [list] [li]Min CPU speed[/li] [li]Max CPU speed[/li] [li]Scaling/Governor[/li] [li]I/O scheduler[/li] [li]Power state/voltage[/li] [/list]

Selain itu, ada juga pengaturan untuk GPU atau chip grafis yang ada di dalam handphone.

Di artikel edisi selanjutnya kita akan bahas lebih lanjut parameter-parameter ini beserta setting yang paling optimal untuk digunakan, so stay tune dan silahkan bertanya ke Jaka via komentar di bawah atau chat apabila ada pertanyaan yah!

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Begini Cara Bikin Android Jadi Lebih Cepat

Begini Cara Bikin Android Jadi Lebih Cepat

Ubah tampilan handphone lama jadi Android KitKat!

Ubah tampilan handphone lama jadi Android KitKat!

Ini Dia Bentuk Handphone Pertama Di Dunia

Ini Dia Bentuk Handphone Pertama Di Dunia

Cara Meningkatkan Kecepatan Android Hingga 60%

Cara Meningkatkan Kecepatan Android Hingga 60%

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal