J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Alasan Sistem Operasi iOS Lebih Unggul dari Android, Menang Telak?

Senin, 27 Jan 2020, 11:00 WIB
Sama-sama memiliki pasar yang sangat kuat, berikut adalah beberapa alasan kenapa sistem operasi iOS dikatakan lebih unggul dari Android.

Menjadi penguasa pasar sistem operasi HP di dunia, penggunaan OS Android dan iOS kini semakin populer di kalangan para pengguna smartphone.

Apalagi, belum lama ini juga keduanya mengeluarkan pembaruan sistem operasi versi terbaru yaitu iOS 13 dan Android 10 yang dibekali dengan berbagai fitur unggulan di dalamnya.

Meskipun sistem operasi iOS dan Andorid sudah memiliki pasarnya masing-masing, namun kenyataannya perang mengenai siapa yang lebih baik di antara keduanya masih terus berlanjut hingga saat ini.

Nggak sedikit dari mereka yang membeberkan sejumlah alasan kenapa OS Android lebih unggul dari iOS, begitupun sebaliknya seperti yang akan Jaka bahas berikut ini.

Alasan Sistem Operasi iOS Lebih Unggul dari Android

Perbedaan yang dimiliki oleh OS Android dan iOS rupanya masih belum cukup untuk mencari siapa pemenang di antara keduanya.

Daripada kamu makin bingung, berikut Jaka jelaskan beberapa alasan kenapa sistem operasi iOS dikatakan lebih unggul dari Android. Selamat membaca, geng!

1. Performa Lebih Cepat dan Mulus

Performa F1186

Buat kamu yang pernah menggunakan HP dengan OS Android dan iOS pasti bisa merasakan dong jika performa yang ditawarkan oleh kedua sistem operasi ini cukup berbeda?

Sistem operasi iOS dikenal memiliki performa yang lebih cepat dan mulus dibandingkan dengan Android meskipun kapasitas RAM yang digunakan lebih kecil.

Menariknya, ternyata hal ini menjadi salah satu alasan yang membuat sebagian orang lebih memilih membeli HP iPhone generasi lama dibandingkan dengan membeli HP Android baru meskipun harga yang ditawarkan sama.

2. Software Update Lebih Cepat & Terjadwal

Software Update B94a8

Software update tentu menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh suatu perangkat smartphone untuk menghilangkan bug ataupun untuk meningkatkan performa.

Meskipun hal ini hadir juga di HP dengan sistem operasi Android, namun iOS dikenal lebih cepat dan terjadwal dalam hal pemberian update ini, geng.

HP dengan sistem operasi iOS akan segera mendapatkan software update ketika perangkat tersebut memang telah memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan pembaruan iOS.

Sementara, Android harus menunggu beberapa lama hingga akhirnya software update tersebut bisa digunakan oleh para penggunanya.

Bukan cuma soal cepat saja, pembaruan iOS juga lebih terjadwal di mana Apple setiap tahunnya selalu rutin menghadirkan iOS versi terbaru yang biasanya dirilis berbarengan dengan produk HP terbaru mereka.

3. UI Lebih Mudah Dioperasikan

User Interface 88625

Alasan berikutnya yang membuat sistem operasi iOS dikatakan lebih unggul dari Android adalah karena User Interface (UI) yang lebih simpel dan mudah dioperasikan, geng.

Seperti yang kita tahu, iOS memiliki UI yang hampir mirip dari masa ke masanya. Berbagai menu pintas juga diletakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau sehingga nggak membingungkan penggunanya.

Sementara itu, Android memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi terhadap tampilan UI termasuk ikon-ikon menu yang membuat sebagian orang harus beradaptasi lagi dengan tampilan barunya itu.

Walaupun hal ini sebenarnya merupakan selera masing-masing pengguna, tapi tampilan UI yang sederhana, simpel, dan tetap elegan seperti yang ditawarkan iOS umumnya lebih banyak diminati.

4. App Store Lebih Terjamin

App Store 30678

Jika idelanya toko aplikasi yang dibekalkan pada suatu perangkat smartphone menjadi tempat teraman bagi para pengguna untuk mendownload aplikasi, maka hal itu kini nggak lagi seperti init khususnya bagi OS Android.

Pasalnya, belakangan ini banyak terjadi kasus di mana Google akhirnya menghapus aplikasi-aplikasi yang disusupi malware dari toko Google Play Store mereka.

Tentu hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi para pengguna yang ingin mendownload aplikasi.

Untungnya, iOS tergolong cukup ketat dalam memilih aplikasi mana yang benar-benar layak untuk dimasukkan ke dalam toko aplikasinya tersebut.

Para developer aplikasi harus melewati berbagai pemeriksaan dan proses panjang demi menjaga kualitas keseluruhan aplikasi di App Store.

5. Lebih Aman dari Serangan Virus

Virus D00b4

Buat kamu yang suka otak-atik smartphone, mungkin akan menganggap jika sistem operasi Android merupakan yang lebih baik karena pengguna diberikan kebebasan untuk memodifikasi perangkat sesuai dengan keinginan.

Memang benar! Tapi, untuk urusan keamanan hal itu tentu membuat OS Android jauh lebih berisiko untuk terserang virus dan malware berbahaya, geng.

Hal itu dikarenakan model sumber "open source" yang diadopsi oleh OS Android sangat mungkin dimanfaatkan para oknum tak bertanggung jawab untuk menyebarkan virus.

Sebaliknya, iOS yang mengadopsi model sumber "closed source" untuk saat ini dikatakan lebih aman karena OS ini nggak memberikan izin kepada pengguna untuk mengotak-atik "jeroan" perangkat.

6. Minim Bloatware

Bloatware Ae04f

Jika kamu mengira hanya HP dengan OS Android saja yang memiliki bloatware di dalamnya, kamu salah besar, geng!

Soalnya, sistem operasi iOS juga nyatanya memiliki sejumlah aplikasi bloatware yang sengaja diberikan untuk para konsumennya.

Hanya saja, aplikasi bawaan alias bloatware di iOS memiliki jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang ada di OS Android.

Selain itu, bloatware yang ada di iOS juga bisa kamu hapus sehingga nggak akan menuh-menuhin memori HP iPhone yang nggak dibekali dengan slot memori eksternal itu.

7. Privasi Data Pengguna Lebih Aman

Privasi Data F0740

Meskipun Apple melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Google yaitu mengoleksi data pribadi penggunanya, namun setidaknya Apple cukup mampu menjaga kerahasiaan data-data tersebut.

Pasalnya, aplikasi pada OS Android seringkali meminta izin akses yang sebenarnya terkadang nggak cukup masuk akal dengan fungsi dari aplikasi itu sendiri.

Meskipun sebenarnya kamu bisa saja menolak izin aksesnya, tapi buat mereka yang nggak begitu paham dengan dunia teknologi mungkin akan menganggap hal itu aman-aman saja.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa sistem operasi iOS dikatakan lebih unggul dari Android, geng.

Walaupun sebenarnya ada banyak alasan subjektif untuk membicarakan keunggulan dari masing-masing OS, namun jika sudah berfokus pada core service yang ditawarkan, Apple memang lebih baik dari Android.

Kalau menurut kamu gimana, geng? Share pendapat kamu di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Sistem Operasi atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Fitur Android 10 Go 5d8a6

5 Fitur Keren yang Ada di Android 10 Go Khusus HP Kentang, PUBG Rata Kanan?

Pencapaian Android F17cc

7 Pencapaian Android Terhebat Hingga Saat Ini | Jadi Sistem Operasi No.1?

Fitur Tersembunyi Android 10 03082

7 Fitur Tersembunyi Android 10 | Lebih Canggih dari iOS 13?

Fitur Tersembunyi Ios 13 74662

7 Fitur Tersembunyi di iOS 13 yang Tidak Orang Sadari, Android Mana Punya!

Daftar Hp Terbaru Juli 2020 Banner 9f2cb

Daftar HP Terbaru Juli 2020 & Harga Resminya , Bagus Semua!

Fitur Baru Ios13 Banner A8bae

5 Fitur iOS 13 Terbaru yang Sudah Ada di Android Sejak Lama, Apple Cuma Jiplak?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Alasan Kenapa Chrome OS Akan Gagal, Gak Ada yang Pakai?

5 Alasan Kenapa Chrome OS Akan Gagal, Gak Ada yang Pakai?

Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang iOS 14, Android Semakin Ketingalan?

Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang iOS 14, Android Semakin Ketingalan?

Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi ini? Ini 4 Cara Mengatasinya!

Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi ini? Ini 4 Cara Mengatasinya!

5 OS Pesaing Android dan iOS yang Gagal Total, Ancur Semua?

5 OS Pesaing Android dan iOS yang Gagal Total, Ancur Semua?

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal