• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Negara Paling Ramah Lingkungan Sedunia, Indonesia Peringkat Berapa?

10 Negara Paling Ramah Lingkungan Sedunia, Indonesia Peringkat Berapa?

00
Minggu, 1 Sep 2019, 12:00 WIB
Coba tebak, negara mana di dunia yang paling ramah lingkungan? Jaka punya daftar 10 besarnya yang bakalan bikin kamu ingin tinggal di sana!

Menurutmu, negara yang nyaman untuk ditinggali itu seperti apa? Salah satu faktor yang menurut Jaka berpengaruh adalah ramah tidaknya suatu negara terhadap lingkungannya.

Berkat pemanasan global, banyak negara yang makin mempedulikan tentang masalah lingkungan. Berbagai upaya dilakukan agar Bumi tidak makin rusak.

Oleh karena itu, kali ini Jaka akan berbagi informasi mengenai negara yang paling ramah lingkungan sedunia. Kira-kira Indonesia peringkat berapa ya, geng?

Negara Paling Ramah Lingkungan

Polusi dan naiknya jumlah populasi memang membuat Bumi dalam keadaan bahaya. Maka dari itu, tidak heran jika hanya ada sedikit negara yang ramah lingkungan.

Daftar negara yang berada di daftar di bawah ini Jaka ambil dari skor Environment Performance Index (EPI). Semakin tinggi angkanya, semakin ramah terhadap lingkungan.

Nilai diambil dari seberapa negara tersebut mampu menjaga alam, kebersihan sanitasi, air bersih, dan lain sebagainya.

Jadi, mana saja yang menjadi negara paling ramah lingkungan?

10. Finlandia (78.64)

Negara Ramah Lingkungan 1 F8bdd
Sumber foto: Travel + Leisure

Negara-negara yang berada di bagian utara Eropa banyak yang masuk ke dalam daftar ini. Salah satunya adalah Finlandia.

Negara yang terkenal karena sistem edukasi canggihnya ini memiliki prioritas pada konservasi daya dan pelestarian hutan, meskipun negara ini merupakan salah satu negara industri terkaya di dunia.

35% sumber daya Finlandia berasal dari sumber-sumber yang dapat diperbarui. Selain itu, mereka juga menerapkan undang-undang perlindungan yang ketat terhadap spesies langka yang terancam punah.

9. Irlandia (78.77)

Negara Ramah Lingkungan 2 Aabd2
Sumber foto: LandLopers

Terinspirasi dari kepunahan burung Golden Eagles, Irlandia banyak melakukan aksi nyata untuk memperbaiki kerusakan lingkungan.

Irlandia juga membuat banyak reformasi penting seperti berfokus pada energi terbarukan, pengelolaan limbah, dan memperbaiki kualitas udara.

Selain itu, Irlandia juga mengerahkan segala upaya untuk melindungi biota laut mereka yang langka agar kepunahan spesies tidak terulang lagi.

8. Austria (78.97)

Negara Ramah Lingkungan 3 7c34f
Sumber foto: Austria

Negara Austria dikenal sebagai pelopor dan trendsetter dalam bidang pertanian organik. Mereka berhasil berada di peringkat 8 sebagai negara paling ramah lingkungan.

Austria juga telah melakukan hal yang luar biasa demi menjaga aset alamnya. Tidak banyak negara yang memberi prioritas terhadap pelestarian lingkungan seperti mereka.

Perjuangan mereka untuk melawan polusi udara juga perlu diapresiasi. Pembatasan penggunaan pestisida juga memiliki andil untuk melindungi hutan yang mereka miliki.

7. Luksemburg (79.12)

Negara Ramah Lingkungan 4 Bb742
Sumber foto: Travel Noire

Sebagai negara yang sangat kecil, tidak mengherangkan jika Luksemburg berhasil masuk ke dalam daftar negara paling ramah lingkungan.

Setengah dari ruang publik di sana telah menyatakan terbebas dari segala bentuk pestisida yang berbahaya pada satwa liar dan sumber air minum.

Pengelolaan limbah yang dilakukan oleh negara ini juga sangat efektif. Kualitas air juga mengalami berbagai perbaikan yang signifikan.

6. Inggris Raya (79.89)

Negara Ramah Lingkungan 5 40069
Sumber foto: Green City Times

Sebagai salah satu negara yang paling maju, tentu Inggris tidak ingin ketinggalan dalam membangun negara yang ramah lingkungan.

Bangunan-bangunan yang ada di sana juga didesain sedemikian rupa agar tidak memberi dampak buruk ke lingkungan.

Bahkan, mereka memiliki sebuah pulau kecil yang sumber daya listriknya 100% berasal dari sumber energi matahari.

Inggris berencana untuk menghilangkan semua pabrik batubaranya paling lambat tahun 2025.

5. Swedia (80.51)

Negara Ramah Lingkungan 6 11e0d
Sumber foto: Ecobnb

Swedia memiliki target yang ambisius, di mana mereka ingin 100% bergantung pada sumber daya yang bersih dan terbarukan pada tahun 2040.

Pengolahan air limbah yang baik membuat negara ini mampu meningkatkan kualitas air minum. Sanitas dan kesehatan negara ini juga menjadi alasan lainnya.

Swedia juga berusaha untuk mengurangi secara bertahap penggunaan bahan fosil dan menjaga kelestarian hutan yang mereka miliki.

4. Malta (80.90)

Negara Ramah Lingkungan 7 183e4
Sumber foto: GQ

Udara yang bersih, keanekaragaman hayati, sanitas, dan air bersih merupakan alasan mengapa negara kecil Malta masuk ke dalam daftar negara ramah lingkungan.

Pemerintah mereka juga memiliki proyek water of life menjadi keberhasilan negara ini untuk menjaga kelestarian alamnya.

Padahal pada tahun 2011, Malta merupakan salah satu negara yang tidak ramah lingkungan. Masuk 50 besar pun tidak.

Berkat inovasi dan gebrakan radikal di berbagai bidang seperti pengelolaan limbah yang menghasilkan kualitas air, udara, dan tanah menjadi lebih baik.

Nomor 3, 2, dan 1 . . .

3. Denmark (81.60)

Negara Ramah Lingkungan 8 E6926
Sumber foto: Copenhagen Capacity

Diperkirakan pada tahun 2050, Denmark akan menjadi negara yang tidak akan menggunakan bahan bakar fosil. Ini menjadi salah satu parameter yang membuat negara ini berada di posisi ketiga.

Untuk tenaga penghasil listrik, Denmark banyak menggunakan turbin angin. Negara ini memang berusaha mengubah ketergantungan sumber daya fosil menjadi bahan bakar yang terbarukan.

Tidak puas di sana, negara ini juga terus mengembangkan bidang kesehatan, pelestarian habitat yang beragam, dan sanitasi air.

2. Prancis (83.95)

Negara Ramah Lingkungan 9 54f93
Sumber foto: Trover

Dimulai ketika era perdana menteri Nickolas Sarkozy, diterapkan berbagai peraturan undang-undang yang membuat Prancis bisa berada di posisi kedua.

Salah satunya adalah menawarkan subsidi bagi warganya yang mengeksplorasi teknologi bersih. Banyak siswa Prancis yang mengambil bidang lingkungan karena banyak lowongan di sana.

Selain itu, industri pertanian dan produk-produknya yang sangat dikembangkan oleh negara dengan baik. Transportasi canggih mereka juga sangat ramah lingkungan.

1. Swiss (87.42)

Negara Ramah Lingkungan 10 74426
Sumber foto: Expatica

Sebagai negara yang dikelilingi pegunungan Alpen dan bukit-bukit hijau, tidak heran jika Swiss menjadi negara paling ramah lingkungan.

Masyasrakat Swiss memang sangat memperhatikan sumber daya alamnya. Danau dan hutan menutupi negara sekitar 2/3 luas permukaan negara ini.

Selain itu, Swiss juga mencegah lahan pertanian agar tidak digunakan untuk bangunan beton. 50% kebutuhan listrik dari negara ini dihasilkan dari tenaga air yang sangat ramah lingkungan.

Negara ini juga mampu mendaur ulang setengah dari semua limbah yang dihasilkan oleh negara ini.

Dengan standar hidup yang tinggi, ekonomi stabil, dan tingginya pendidikan menjadi faktor lain negara ini berada di posisi puncak.

Akhir Kata

Peringkat berapa kah Indonesia? Ternyata negara kita tercinta hanya mampu bertengger di peringkat 133 dari 180 negara, geng!

Masalah polusi dan kesadaran masyarakat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan negara kita menjadi salah satu negara dengan permasalahan polusi terbesar di dunia.

Bahkan, ibukota Jakarta juga menghadapi masalah polusi yang cukup parah. Dibutuhkan banyak sekali inovasi-inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Belum lagi jika nanti kita akan jadi pindah ibu kota, tentu butuh banyak teknologi canggih agar kota tersebut bisa lebih ramah lingkungan.

Baca juga artikel seputar Negara atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Negara Ini Melarang Teknologi 5g Banner A5699

7 Negara yang Menolak Teknologi 5G, Diduga Karena Disusupi Mata-Mata China?

Negara Wibu Terbanyak Banner 6353c

25 Negara yang Paling Banyak Wibunya, Indonesia Peringkat Berapa?

Teknologi Yang Bisa Cegah Banjir Jakarta Banner A2d62

5 Teknologi yang Bisa Cegah Banjir Jakarta, Perlukah Sampai Ganti Gubernur?

Negara Paling Boros Kuota Internet Banner A30b1

Negara Paling Boros Kuota Internet di Dunia, Indonesia Termasuk?

Ibu Kota Tercanggih Di Dunia E6cb3

7 Ibu Kota Negara Tercanggih di Dunia, Jakarta Gak Termasuk!

7 Kota Dengan Perkembangan Teknologi Paling Canggih Di Dunia E0ca6

7 Kota dengan Teknologi Paling Canggih di Dunia | Amerika Menang Telak?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal