J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Negara Paling Gaptek di Dunia, Indonesia Termasuk?

              7 Negara Paling Gaptek di Dunia, Indonesia Termasuk?

              00
              Rabu, 28 Agt 2019, 12:00 WIB
              Meskipun internet dan teknologi sudah jadi bagian besar dalam kehidupan masyarakat modern sehari-hari, namun ada beberapa negara yang masih gaptek

              Nggak bisa dipungkiri bahwa internet dan teknologi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mayoritas orang. Hampir semua hal yang kita lakukan kini membutuhkan koneksi internet.

              Karena hal tersebut, kita wajib banget mengerti soal hal-hal berbau "digital" supaya aktivitas kita nggak terhambat. Rugi banget kalau saat ini kamu masih gaptek.

              Sayangnya, sampai saat ini akses internet belum merata ke seluruh daerah. Artinya, hanya lingkungan perkotaan besar yang mampu memiliki koneksi internet stabil.

              7 Negara Paling Gaptek di Dunia

              International Telecommunication Union, serikat PBB yang berfokus pada teknologi informasi dan komunikasi, membuat laporan mengenai persentase orang yang melek teknologi dan internet di setiap negara.

              Laporan tersebut mengurutkan negara dengan persentase warga negara yang melek teknologi yang terbanyak hingga yang paling sedikit.

              Lantas bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sendiri berada di urutan 150 dari 209 negara yang disurvei. Hanya 32.29% penduduk Indonesia yang bisa mengakses internet.

              Artinya, hanya 85,242,816 penduduk Indonesia yang terhubung dan menggunakan internet dari total 263 jutaan penduduk Indonesia. Cukup disayangkan ya, geng!

              Nah, dalam artikel ini, Jaka akan kasih tahu kamu tentang 7 negara dengan persentase pengguna internet aktif paling sedikit di dunia, alias gagap teknologi atau gaptek. Check it out!

              1. Liberia

              7 4dd0e

              Negara pertama dalam daftar negara paling gaptek di dunia adalah Liberia. Liberia merupakan negara di benua Afrika yang terletak di pesisir barat.

              Liberia merupakan salah satu negara Afrika yang nggak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Sayangnya, ekonomi mereka hancur akibat perang saudara yang kerap terjadi di sana.

              Sulitnya ekonomi menjadi salah satu penyebab mengapa persentase pengguna internet di Liberia sangat kecil. Dari 4.731.906 penduduk, hanya 7,98% atau 377.607 penduduk yang memiliki koneksi internet.

              2. Chad

              6 7f8f8

              Masih diwakili oleh negara Afrika, posisi ke-2 negara tergaptek di dunia ditempati oleh Chad. Chad terletak di Afrike Tengah dan terkurung oleh daratan alias nggak punya laut, geng.

              Berdasarkan data , Chad memiliki jumlah populasi sebesar 14.899.994 orang. Dari jumlah tersebut, hanya 6,50% warga yang memiliki akses internet, geng.

              Kalau dihitung, hanya sekitar 968.500 penduduk yang cukup melek internet dan teknologi. Meskipun demikian, ekonomi Chad perlahan meningkat berkat cadangan minyak yang melimpah.

              3. Burundi

              5 32463

              Burundi merupakan negara yang terletak di tengah benua Afrika. Negara ini nggak memiliki laut sama sekali, namun di tengahnya terdapat danau besar sebagai sumber air negara.

              Sebagai salah satu negara termiskin di dunia, Burundi juga adalah salah satu negara dengan persentase pengguna internet paling sedikit di dunia.

              Hanya 5,59%, tepatnya 607.311 orang dari 10.864.245 penduduk Burundi yang memiliki akses internet. Internet sepertinya masih merupakan hal yang mahal di benua Afrika.

              4. Republik Afrika Tengah

              4 B5ca8

              Republik Afrika Tengah menempati posisi 4 di dalam daftar negara paling gaptek di dunia. Negara yang terletak di pedalaman Afrika ini awalnya merupakan wilayah dari Perancis sebelum merdeka pada tahun 1960-an.

              Karena 75% wilayah negaranya masih berupa hutan belantara, wajar saja kalau hanya sedikit warga Republik Afrika Tengah yang memiliki sambungan internet.

              Dari populasi berjumlah 4.659.080 orang, hanya 4,34% atau sekitar 202.204 warga yang memiliki koneksi internet. Yang sedihnya lagi, banyak banget kudeta yang terjadi di negara ini, geng.

              5. Guinea-Bissau

              3 D1244

              Posisi nomor 5 ditempati oleh Guinea-Bissau yang terletak di Afrika Utara. Negara bekas jajahan Portugal ini memiliki reputasi politik yang lumayan buruk.

              Nggak cuma politiknya saja, ternyata jumlah pengguna internet di Guinea-Bissau juga sangat sedikit, lho, geng. 73.148 dari 1.861.283 orang merupakan jumlah yang sangat sedikit.

              Kalau dipersentasekan, jumlah pengguna internet di Guinea-Bissau hanya 3,93% saja. Pendapatan per kapita negara ini juga salah satu yang terendah di dunia. Sedih banget ya, geng.

              6. Somalia

              2 502ef

              Pernah mendengar istilah Perompak Somalia? Mereka berasar dari negara yang terletak di semenanjung Afrika timur ini, geng.

              Nah, berdasarkan data dari International Telecommunication Union pada tahun 2017, warga dengan koneksi internet di Somalia berjumlah 294.851.

              Hal ini cukup miris mengingat penduduk Somalia saat ini berjumlah 14.742.523 orang yang artinya pengguna internet di Somalia hanya sekitar 2% saja.

              7. Eritrea

              1 F122d

              Eritrea adalah sebuah negara kecil yang terletak di bagian timur laut Afrika dan berbatasan dengan Laut Merah. Nama Eritrea sendiri berarti "laut merah" dalam bahasa latin.

              Berdasarkan data dari International Telecommunication Union pada tahun 2017, hanya 1,31% warga negara Eritrea yang memiliki koneksi Internet.

              Saat ini, penduduk Eritrea berjumlah 5.068.831 orang, artinya hanya 66.402 orang yang memiliki akses internet di negara tersebut.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai 7 negara paling gaptek di dunia. Ternyata, masih banyak orang yang belum merasakan internet sama sekali.

              Cukup miris, ya, geng? Jangan lupa tulis pendapatmu di kolom komentar yang ada di bawah, ya. Sampai ketemu di artikel Jaka lainnya.

              Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal