J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

NASA Sebut Matahari Akan Terbit dari Barat? | Begini Faktanya!

Selasa, 16 Feb 2021, 17:00 WIB
NASA sebut Matahari akan terbit dari barat lantaran pembalikan medan magnet Bumi? Apakah ini fakta atau hoaks? Simak selengkapnya di sini!

Sebuah unggahan di Facebook baru-baru ini menggemparkan netizen. Unggahan yang dibagikan belasan ribu kali tersebut mengklaim kalau lembaga antariksa NASA mengumumkan kemungkinan Matahari bakal terbit dari barat! Bagaimana fakta sebenarnya?

Dalam unggahan itu disebutkan kalau Matahari terbit dari barat lantaran Bumi akan berputar ke arah sebaliknya yang jadi tanda kedatangan kiamat.

Unggahan yang dibuat oleh akun Moosordee Areepeng ini bertuliskan Bahasa Thailand dan sudah dibagikan sampai 15 ribu kali sejak pertengahan Januari.

"Periset meyakini kalau kita tengah bergerak menuju pembalikan medan magnet yang akan jadi akhir dari umat manusia dan mendekati kiamat," tulis unggahan yang dinilai meresahkan ini.

Hoax Matahari Terbit Dari Barat 0894f
Sumber foto: Facebook.com/Moosordee Areepeng

Unggahan ini beredar luas di media sosial Facebook dalam sejumlah versi. Unggahan itu juga diketahui sempat diunggah dalam Bahasa Inggris.

Namun, klaim tersebut sudah dinyatakan palsu dan NASA sendiri tidak pernah mengatakan jika Matahari akan terbit dari barat.

Sebenarnya, NASA sudah cukup lama melontarkan bantahan mereka mengenai isu tersebut. Seperti yang diterangkan oleh Bettina Inclan, Associate Administrator for Communications NASA.

"Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi kalau Matahari akan terbit dari barat," ujar Bettina yang dikutip dari AFP.

Bettina melanjutkan jika pembalikan medan magnet memang fenomena nyata yang pernah terjadi beberapa kali di masa lalu dan para ilmuwan seluruh dunia telah mempelajari hal tersebut.

"Namun, pernyataan jika hal itu membuat Bumi berputar ke arah sebaliknya yang bikin Matahari terbit dari barat adalah salah," ungkapnya.

NASA bahkan sudah mempublikasikan penjelasan ilmiah mengenai pembalikan medan magnet di Bumi. Fenomena ini biasa terjadi di masa silam dan tak berakibat fatal.

Berbeda dengan magnet yang umum dikenal, seperti batang magnet misalnya, materi yang mengatur medan magnet Bumi memang dapat berpindah dan bergerak.

NASA dan sejumlah lembaga sejenis selama ini memang kerap kali dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk menakut-nakuti masyarakat, terutama soal hoaks kiamat.

Jadi saran Jaka, hati-hati dan cek kembali dalam memperoleh informasi atau berita manapun, ya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal