J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              6 Modifikasi Canggih Android Ini Bisa Dilakukan Tanpa Root

              6 Modifikasi Canggih Android Ini Bisa Dilakukan Tanpa Root

              00
              Selasa, 11 Jul 2017, 14:00 WIB
              Lalu, bagaimana melakukan modifikasi Android tanpa perlu rooting? Walaupun tidak banyak, ada beberapa modifikasi tanpa rooting yang bisa kalian coba di smartphone Android kalian. Apa saja modifikasi tersebut? Berikut ini pembahasannya.

              Smartphone Android merupakan perangkat yang kini menjadi sangat populer karena fitur dan manfaatnya di dalam kehidupan kita. Mulai dari saat bersantai, sedang dalam perjalanan hingga beraktivitas di tempat kerja, kita seakan tidak bisa lepas dari smartphone Android. Selain itu, sistem operasi Android yang disematkan juga memungkinkan para pengguna untuk melakukan berbagai modifikasi seandainya fitur yang sudah ada kurang memuaskan.

              Sayangnya, kebanyakan modifikasi tersebut hanya bisa dilakukan ketika pengguna sudah melakukan rooting pada smartphone Android mereka. Tentu saja tidak semua pengguna mau melakukan rooting karena faktor risiko kehilangan garansi. Lalu, bagaimana melakukan modifikasi Android tanpa perlu rooting? Walaupun tidak banyak, ada beberapa modifikasi tanpa rooting yang bisa kalian coba di smartphone Android kalian. Apa saja modifikasi tersebut? Berikut ini pembahasannya.

              BACA JUGA
              • Cara Membuat Audio Smartphone Powerful Sekeren Dolby Atmos
              • 5 Cara Hack Android yang Bisa Dilakukan Tanpa Root

              6 Modifikasi Canggih Android Ini Bisa Dilakukan Tanpa Root

              1. Instal Google Now Card

              Google Now Card
              Foto: paulciano.org

              Salah satu fitur menarik yang dihadirkan Google pada Android versi 6.0 adalah fitur Google Now Card yang merupakan sebuah aplikasi berbentuk kartu yang akan menampilkan berbagai informasi seperti lamaran cuaca, kondisi lalu lintas, skor pertandingan, dan berbagai info lain secara instan.

              Tentunya, bagi kalian pengguna Android versi KitKat dan Lollipop pasti menganggap kalau fitur ini tidak akan bisa kalian miliki padahal sebenarnya fitur ini sendiri bisa kalian pasang di Android versi mana pun. Kalian hanya perlu menginstal aplikasi Nova Laucher dan aplikasi Nova Google Companion.

              2. Instal Custom ROM

              Install Custom Recovery
              Foto: makeuseof.com

              Jika kalian enggan melakukan rooting pada smartphone kalian, menginstal Custom ROM (alias TWRP) bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan Custom ROM kalian bisa melakukan berbagai modifikasi pada smartphone Android kalian.

              Berikut langkah-langkah menginstal TWRP via ADB:

              • Instal Android SDK (sepaket dengan Android Debug Bridge) dan aktifkan USB Debugging pada bagian Settings lalu pilih Developer Options.

              • Download TWRP dan buka folder di mana kalian menyimpan file TWRP.img tadi kemudian jalankan CMD.

              • Hubungkan smartphone kalian ke komputer di mana kalian menginstal Android SDK tadi.

              • Selanjutnya ketikkan perintah berikut secara berturut-turut.

              [code]adb reboot bootloader[/code]

              [code]fastboot flash recovery twrp-2.8.x.x-xxx.img[/code]

              Pada potongan kode di atas, pastikan nama file img TWRP kalian sesuai dengan nama yang kalian ketikkan di CMD, kemudian akhiri proses instalasi dengan mengetikkan perintah berikut:

              [code]fastboot reboot[/code]

              Tunggu proses reboot selesai, dan kini TWRP telah terinstal di smartphone Android kalian.

              3. Melakukan Full Back Up

              Full Back Up dengan Helium
              Foto: play.google.com

              Melakukan back up data smartphone kalian tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk berjaga-jaga jika smartphone kalian terkena malware atau hilang. Nah, tentunya jika kalian sudah melakukan rooting, kalian bisa dengan mudah melakukan back up dengan berbagai aplikasi yang tersedia seperti Titanium Back Up.

              Lalu bagaimana jika kalian tidak mau melakukan rooting namun masih ingin tetap bisa melakukan full back up dengan mudah? Nah, karena kalian sudah menginstal TWRP, maka kalian bisa mencoba aplikasi bernama Helium yang tersedia di Playstore untuk melakukan full back up.

              4. Mengubah Resolusi Layar

              Salah satu hal menarik yang bisa kalian lakukan dengan smartphone Android kalian dan tanpa memerlukan rooting adalah mengubah resolusi layar smartphone Android kalian. Caranya adalah sebagai berikut:

              • Instal aplikasi DPI Checker terlebih dahulu.

              • Instal Android SDK (sepaket dengan Android Debug Bridge) dan aktifkan USB Debugging pada bagian Settings lalu pilih Developer Options.

              • Hubungkan smartphone kalian ke komputer dan buka CMD kemudian ketikkan perintah seperti pada gambar di bawah untuk mengubah resolusi layar smartphone kalian (ubah angka resolusi sesuka hati antara 480 hingga 1080).

              Mengubah Resolusi Layar
              Foto: androidpit.com

              5. Mematikan Bloatware

              Mematikan Bloatware
              Foto: digitaltrends.com

              Meskipun kalian tidak bisa menghilangkan bloatware tanpa root, kalian masih bisa mematikan bloatware yang terus-menerus berjalan di background sistem Android kalian dengan cara mengakses Settings kemudian akses bagian Apps dan pilih Disable.

              Kalian juga bisa menyembunyikan bloatware tersebut dengan memanfaatkan ADB yang sudah kalian instal bersamaan dengan Android SDK. Kalian hanya perlu menghubungkan smartphone kalian ke komputer yang sudah terinstal ADB, kemudian ketikkan perintah berikut.

              [code]adb shell pm list packages[/code]

              [code]adb shell pm hide [package name][/code]

              6. Meningkatkan Kualitas Suara Smartphone Android

              Karena kalian sudah menginstal TWRP, maka kalian juga bisa meningkatkan kualitas suara smartphone Android kalian tanpa root. Bagaimana caranya? Kalian hanya perlu menginstal sejumlah aplikasi modifikasi seperti Ainur Nero dan Viper4Android.

              ViPER4Android FX 2.3.4.0
              Apps Video & Audio Viper's Audio
              DOWNLOAD

              Kalian juga bisa mencoba aplikasi bernama Equalizer FX yang merupakan salah satu aplikasi equalizer gratis terbaik di Playstore dan pastinya tidak memerlukan akses root.

              Equalizer FX
              Foto: play.google.com

              Itulah tadi 6 trik modifikasi yang bisa kalian lakukan tanpa harus melakukan rooting Android, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Sekalipun tidak memerlukan root, kalian masih memerlukan instalasi Android SDK dan ADB serta Custom Recovery agar semua trik di atas bisa berhasil. Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian ya.

              APPS TERKAIT
              Ubuntu 14.04
              Apps Ubuntu
              Dress Up Diary 1.3.43
              Games Maingames
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal