J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Mod Buatan Fans yang Membuat Video Game Menjadi Jauh Lebih Baik, Cobain Deh!

5 Mod Buatan Fans yang Membuat Video Game Menjadi Jauh Lebih Baik, Cobain Deh!

Selasa, 26 Jun 2018, 14:00 WIB
Dalam beberapa tahun terakhir, modder secara diam-diam telah membuat perubahan lewat serangkaian karya mod buatan mereka sendiri. Itu semua bisa terjadi berkat jalur distribusi yang memungkinkan para kreator untuk bisa berbagi mod dengan para pemain.

Dalam beberapa tahun terakhir, modder secara diam-diam telah membuat perubahan lewat serangkaian karya mod buatan mereka sendiri. Itu semua bisa terjadi berkat jalur distribusi yang memungkinkan para kreator untuk bisa berbagi mod dengan para pemain. Selain itu, dukungan dari developer game itu sendiri, juga menjadi andil besar bagi komunitas mod di seluruh dunia.

Tanpa deadline dan tekanan dari pihak manapun, modder pada dasarnya memiliki waktu yang lebih leluasa untuk mendalami suatu game dan meracik sesuatu yang baru di dalamnya. Tak jarang, mod buatan fans malah berakhir manis dan disukai banyak orang, melebihi game itu sendiri. Berikut, 5 Mod Buatan Fans yang Membuat Video Game Menjadi Jauh Lebih Baik.

BACA JUGA
  • 9 Mod Game Terbaik Buatan Penggemar, Mana Favoritmu?
  • 5 Game yang Diawali dari Sebuah Mods
  • 15 Hal yang Akan Kita Jumpai di GTA 6

5 Mod Buatan Fans Yang Membuat Video Game Menjadi Jauh Lebih Baik

1. Grand Theft Auto: San Andreas - Multi Theft Auto

1 A718e

Rockstar telah mengguncang industri game dalam dua dekade terakhir lewat franchise andalan mereka, yakni Grand Theft Auto. Meski banyak dihormati, nyatanya franchise ini tidaklah sempurna. Benar memang apabila GTA V, meraup banyak keuntungan bagi Rockstar, terlebih dari mode multiplayer online-nya yang terhitung kompeten. Sayangnya, mode multiplayer online ini tidak dimasukkan kedalam seri lawas seperti GTA San Andreas. Alhasil, modder pun bertindak sendiri dan membuat mod bernama Multi Theft Auto. Mod multiplayer buatan fans ini, tidak kalah dengan milik Rockstar asli di GTA V, dimana setiap pemain bisa bekerja sama untuk menyelesaikan sebuah misi atau sekadar membuat kekacauan di jalanan Los Santos. Kabar baiknya, mod ini bisa diunduh secara gratis di GTA San Andreas versi bajakan sekalipun.

2. Just Cause 2 - Multiplayer Mod

2 3401f

Sedikit kurang relevan memang, ketika mengetahui jika Avalanche tidak menindaklanjuti multiplayer mod pada Just Cause 2 untuk Just Cause 3. Padahal mod buatan fans itu terhitung sukses besar, dan sejauh ini masih banyak gamers yang menggunakan untuk bersenang-senang sembari melakukan aksi penuh ledakan bersama pemain lain. Mod ini sendiri diciptakan oleh dua tim yang merupakan fans dari Just Cause. Mod ini menyediakan apa yang diinginkan oleh fans Just Cause sejak lama, yaitu kemampuan untuk memunculkan ribuan Rico untuk terbang, mengemudi, menyelam hingga melakukan beragam aksi gila di Panau layak sekelompok anarkis. Karena kesuksesannya, mod ini pada akhirnya langsung diangkat oleh Avalanche untuk dijadikan add-on resmi yang bisa diunduh secara gratis di Steam.

3. XCOM: Enemy Within - The Long War

3 8610d

Dalam kasus Pavonis Interactive, tanda-tanda keberhasilan mod buatan sendiri terjadi ketika mereka merilis The Long War, sebuah mod ekstensif untuk XCOM: Enemy Within. Sejauh ini, mod ini telah diunduh sebanyak satu juta kali dan itu hanya sedikit dari jumlah yang sebenarnya. Terkesan akan penambahan kelas baru, mode campaign baru, dan perbaikan pada tingkat kesulitan, Firaxis selaku developer langsung mengakui dedikasi Pavonis Interactive dan bermitra dengan studio mod tersebut untuk menciptakan mod dengan nama yang sama pada XCOM 2. Dengan keberhasilan mod The Long War, Pavonis kini sedang membuat project game berjudul Terra Invicta, yang kabarnya memiliki mekanika gameplay yang hampir sama dengan franchise XCOM.

4. The Witcher 3: Wild Hunt - Ghost Mode

4 2a6c8

The Witcher 3 merupakan game open-world RPG yang bisa dibilang salah satu yang paling berkesan dan sempurna dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, sama seperti yang lain, game buatan CD Project Rekt ini juga memiliki beberapa isu minor terutama yang berasal dari masalah keseimbangan. Karena terlalu bosan menunggu perbaikan dari CD Project Rekt, seorang modder bernama whgost81 akhirnya memutuskan untuk memperbaiki masalah itu sendiri yang secara tidak terduga disukai oleh banyak gamer The Witcher 3. Mod bernama Ghost Mode ini tidak memperbaiki kualitas grafis atau kinerja dari game, melainkan merubah sistem progress agar petualangan yang dilakukan oleh Geralt Of Rivia terasa lebih bermanfaat. Pengalaman bermain yang didapatkan lewat mod ini nantinya akan terasa lebih konsisten dan adil, terutama di sisi ekonomi. Maka dari itu, sebelum memulai bermain The Witcher 3 ada baiknya untuk mengunduh mod yang satu ini.

5. The Elder Scrolls V: Skyrim - Enderal

5 7293a

Ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2011, Skyrim langsung mendapat sambutan hangat dari banyak gamers. Dan salah satu yang paling menarik, datang dari sekelompok modder kecil asal Jerman yang mendedikasikan waktu empat tahun dalam hidup mereka, untuk menciptakan salah satu mod paling ambisius sepanjang masa. Menghabiskan total waktu sekitar 30.000 jam lebih, mod bernama Enderal: The Shards of Order ini menawarkan konten baru yang luar biasa, lengkap dengan mode campaign baru dan sistem skill berserta kelas yang telah dirombak total. Bahkan, ada beberapa animasi gerakan yang tidak ada pada Skyrim, namun dimasukkan pada mod ini. Bisa dibilang, mod ini menjadi pelipur lara bagi para penggemar franchise The Elder Scrolls, yang hingga saat ini masih belum diberi kepastian oleh Bethesda mengenai seri keenam The Elder Scrolls.

Akhir Kata

Itu tadi sedikit info menarik mengenai mod buatan fans yang membuat video game menjadi jauh lebih baik. Komunitas modder memang secara tidak langsung membawa dampak yang signifikan terhadap suatu game. Dengan adanya modder, game menjadi lebih 'awet muda' dan tetap dibeli meski sudah bertahun-tahun dirilis.

ARTIKEL TERKAIT
5 Game Paling Terkutuk Di Dunia 077c8

5 Video Game Paling Terkutuk di Dunia, Nomor 3 Bikin Gamernya Mati

Banner 57378

5 Game Open World Terburuk Sepanjang Masa, PAYAH BANGET!

5 Fakta Whatsapp Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui C961e

5 Fakta WhatsApp yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, No. 4 AMAZING!

Bully C8720

Hati-Hati, Ini 7 Game Paling Kontroversial yang Pernah Diciptakan

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Youtube Gaming Icon
YouTube Gaming 1.1.20.3
Apps Google Inc.
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Buzz Up Viral Videosok Icon
Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
9 Mod Game Terbaik Buatan Penggemar, Mana Favoritmu?

9 Mod Game Terbaik Buatan Penggemar, Mana Favoritmu?

5 Mod Video Game yang Mengerikan, Penakut Jangan Main!

5 Mod Video Game yang Mengerikan, Penakut Jangan Main!

5 Game yang Diawali dari Sebuah Mods

5 Game yang Diawali dari Sebuah Mods

PewDiePie Juga Kena! Dan Ini 7 Kontroversi Terbesar yang Pernah Ada di Dunia Game

PewDiePie Juga Kena! Dan Ini 7 Kontroversi Terbesar yang Pernah Ada di Dunia Game

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal