J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mobile Broadband Vs Fixed Broadband: Mana Koneksi Internet yang Paling Menguntungkan?

Sabtu, 15 Jul 2017, 13:30 WIB
Internet merupakan sarana yang biasa kita gunakan untuk mencari berbagai macam informasi hampir setiap saat dan di mana pun kita berada.

Internet merupakan sarana yang biasa kita gunakan untuk mencari berbagai macam informasi hampir setiap saat dan di mana pun kita berada. Untuk bisa terkoneksi ke internet, kita mengenal dua cara yaitu menggunakan koneksi mobile broadband seperti tethering dari gadget atau menggunakan modem dan koneksi fixed broadband.

Pada dasarnya, apapun jenis koneksi yang digunakan oleh pengguna, selama koneksi jaringan tersebut stabil dan cepat tentu akan memuaskan hati penggunanya. Nah, kali ini Jaka akan menjelaskan perbedaan Mobile Broadband dan Fixed Broadband. Simak di bawah ini.

BACA JUGA
  • Cara Akses Internet yang Diblokir Menggunakan Google
  • 5 Efek Negatif dari Penggunaan Internet Sehari-hari
  • Inilah 10 Negara dengan Koneksi Internet Terlambat di Dunia

Mobile Broadband Vs Fixed Broadband: Mana Koneksi Internet yang Paling Menguntungkan?

Mobile Broadband

7313a294f860c6e7d3bb92316ef51214
Foto: lifehacker.com.au

Mobile Broadband merupakan istilah marketing untuk jalur koneksi wireless ke internet yang umumnya menggunakan perangkat mobile seperti modem, perangkat Wi-Fi atau tethering dari smartphone untuk bisa terkoneksi ke jaringan internet. Di manapun kalian berada, selama kalian memilik kartu SIM dengan dukungan jaringan 2G, 3G atau 4G dan sinyal yang mencukupi serta perangkat seperti yang sudah disebutkan di atas, kalian bisa menggunakan jalur mobile broadband ini.

Khusus untuk kasus Wi-Fi, kalian masih tetap bisa terhubung ke internet selama masih dalam jangkauan radius sinyal Wi-Fi tersebut.

Kelebihan Mobile Broadband

C9cdaf4698e2919e6ad620fd2978325a
Foto: ziffdavisinternet.com

Lalu apa kelebihan dari mobile broadband ini? Nah, sesuai namanya, mobile broadband memiliki kelebihan dari sisi mobilitas karena kalian bisa terkoneksi di manapun selama kalian memiliki perangkat yang dibutuhkan (perangkat yang digunakan pun tergolong praktis).

Selain itu, layanan akses data yang disediakan oleh mobile broadband jauh lebih fleksibel karena pengguna bisa memilih banyaknya paket data yang ingin mereka beli sesuai kebutuhan dengan kisaran harga yang relatif terjangkau (contoh kartu biru menyediakan paket data 31 GB dengan harga 100 ribu atau si merah yang menyediakan paket data 8 GB dengan harga 50 ribu).

Fixed Broadband

92f19c9ac7c1acaf9aa3fae3903118f2
Foto: viettelinternational.com

Fixed Broadband merupakan jenis koneksi yang membutuhkan kabel telepon atau kabel jaringan khusus untuk bisa terkoneksi ke internet. Sesuai namanya, fixed broadband ini tidak bisa kalian pindahkan seenaknya karena letak kabel telepon atau kabel jaringan serta perangkat yang digunakan seperti router sebaiknya tidak dipindahkan (tidak mungkin kalian harus membawa kabel jaringan dan router terus-menerus).

Keuntungan Fixed Broadband

23e556e0c77f530fe31fa01fca8a18d5
Foto: cirranet.net

Lalu apa keuntungan dari fixed broadband ini? Nah, salah satu keuntungan dari fixed broadband ini adalah kualitas jaringannya yang cenderung stabil. Selain itu, pada kebanyakan kota di Indonesia, akses fixed broadband ini lebih cepat dari mobile broadband.

Sebagai contoh, layanan IndieHome dari Telkom yang mencapai 100 Mbps dan tidak akan kalian dapatkan di paket mobile broadband mana pun saat ini serta jangan lupa kalau fixed broadband tidak memiliki batasan paket data (pada kebanyakan penyedia layanan).

Manakah yang Lebih Menguntungkan dan Tepat Untuk Kalian?

Nah, jika kalian mencari manakah jenis koneksi yang lebih menguntungkan dan tepat untuk kalian maka jawabannya adalah tergantung kebutuhan kalian.

Jika kalian adalah pengguna dengan mobilitas tinggi yang setiap harinya harus bepergian ke suatu tempat yang jauh dari rumah dan hanya menggunakan internet seperlunya untuk membuka akun media sosial atau browsing, mobile broadband adalah pilihan yang lebih efisien untuk kalian terutama dari segi finansial.

Namun, jika kalian adalah seorang gamer atau orang yang gemar melakukan download berbagai file media serta tidak begitu aktif di luar rumah, fixed broadband merupakan pilihan tepat yang akan menjamin kebutuhan kalian akan koneksi yang cepat dan tidak terbatas bisa terpenuhi.

Itulah tadi penjelasan seputar mobile broadband dan fixed broadband, semoga bermanfaat. Jaka sendiri menggunakan koneksi mobile broadband karena alasan lebih hemat biaya per bulannya dan faktor mobilitas yang lebih baik, bagaimana dengan kalian?

Jangan sungkan meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
69fb735fe0c0a863387c66f020e37b1a
REKOR! Inilah Jaringan Internet Tercepat Dengan Kecepatan 100 Gbps
10 Negara Dengan Jaringan Internet 4g Tercepat Di Dunia
10 Negara Dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia
Ingin Internetan Gratis Anak Ini Berhasil Hack Jaringan 4g T Mobile
Ingin Internetan Gratis, Anak ini Berhasil Hack Jaringan 4G
Cats 1975a
Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!
8fbaa5988e3b2e60bf860b25f9f4a4ec
Cara Menstabilkan Koneksi Internet di Komputer Menggunakan Command Prompt
APPS TERKAIT
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Koneksi Internet Sering Putus Tiba-Tiba? Ini Cara Mengatasinya
Koneksi Internet Sering Putus Tiba-Tiba? Ini Cara Mengatasinya
REKOR! Inilah Jaringan Internet Tercepat Dengan Kecepatan 100 Gbps
REKOR! Inilah Jaringan Internet Tercepat Dengan Kecepatan 100 Gbps
Inilah 10 Negara dengan Koneksi Internet Terlambat di Dunia
Inilah 10 Negara dengan Koneksi Internet Terlambat di Dunia
Cara Hack WiFi Agar Koneksi Internet Kita Semakin Cepat
Cara Hack WiFi Agar Koneksi Internet Kita Semakin Cepat

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal