J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

HP Bikin Kanker Otak?! Ini 5 Mitos Hoax yang Masih Dipercaya Banyak Orang

HP Bikin Kanker Otak?! Ini 5 Mitos Hoax yang Masih Dipercaya Banyak Orang

Senin, 25 Sep 2017, 18:00 WIB
Makanya, supaya gak penasaran lagi, JalanTikus mau kasih tahu nih, 5 mitos teknologi yang ada di kehidupan sehari-hari dan pasti pernah kamu temui.

Ada banyak banget mitos yang bisa kamu temui di kehidupan sehari-hari. Tiap kali ada inovasi baru terkait teknologi, pasti ada aja deh orang sok tahu, yang mewanti-wanti bahaya teknologi tersebut.

Makanya, supaya gak penasaran lagi, JalanTikus mau kasih tahu nih, 5 mitos teknologi yang ada di kehidupan sehari-hari dan pasti pernah kamu temui.

BACA JUGA
  • 5 Mitos Aplikasi Android yang Salah Tapi Banyak Dipercaya
  • 8 Mitos Umum Tentang Baterai Smartphone, Padahal Salah!
  • 10 Mitos Video Game yang Beredar di Indonesia, Padahal Belum Tentu Benar

Mitos Hoax yang Masih Dipercaya Banyak Orang

1. Dilarang Pakai HP di Pom Bensin

Kamu pasti suka lihat kan, tanda ponsel dilarang di area pom bensin? Pasti kamu bertanya-tanya deh, apa benar pelarangan penggunaan ponsel di pom bensin itu ada kaitannya dengan pemicu kebakaran?

Nah ternyata nih, hal itu cuma mitos lho. Karena menurut sejumlah penelitian ilmiah, ponsel gak pernah menjadi pemicu aktif kebakaran di pom bensin.

Pernah ada satu kejadian, di New York City, Amerika Serikat, di mana salah satu pom bensinnya kebakaran setelah ponsel seorang mahasiswa berdering.

Namun belakangan setelah ditelusuri, pemicu kebakaran di pom bensin tersebut bukan disebabkan oleh ponsel yang berdering, melainkan munculnya listrik statis dari mobil tersebut.

2. Ponsel Bikin Kanker Otak

Siapa yang suka dimarahin orangtuanya karena main ponsel terus? Ada yang pernah ditakut-takutin juga gak, kalo main ponsel terus, nanti kena kanker? Tenang, Itu mitos doang!

Emang, gak ada yang membantah kalo ponsel memancarkan radiasi yang bisa diserap oleh jaringan manusia. Tapi itu bukan berarti, ponsel bisa menjadi pemicu kanker juga.

Faktanya nih, ponsel hanya memancarkan radiasi elektromagnetik non-pengion, sehingga tidak menyebabkan kerusakan DNA. Biasanya nih, kalo suatu radiasi menyebabkan kerusakan DNA, hal ini bisa menjadi pemicu kanker.

3. Dilarang Taruh Benda Logam di Microwave

Menurut kamu, kalo kita taruh benda logam di dalam microwave, bahaya gak? Pastinya, bahaya banget kan? Secara, di buku petunjuk aja, pasti ada deh instruksi untuk tidak memasukkan benda logam ke dalam microwave. Jadi sebenarnya, ini mitos apa fakta?

Yaps, jawabannya adalah antara mitos dan fakta. Bingung ya? Jadi gini lho, emang memasukkan benda logam ke dalam microwave itu ada bahayanya, tetapi tingkat bahayanya itu gak sebesar yang kamu bayangkan.

Faktanya adalah tingkat bahaya keberadaan benda logam di dalam microwave ternyata bergantung pada bentuknya.

Jadi, jikalau benda logam yang kamu masukkan memiliki bentuk yang tajam, seperti garpu misalnya, atau pisau, otomatis elektron yang dihasilkan akan berkumpul di permukaan yang runcing atau tajam dan memicu percikan.

4. Mac Gak Bisa Kena Virus

Di tengah perdebatan antara komputer Mac versus komputer Windows, pasti kamu pernah deh ketemu minimal satu orang loyalis yang percaya banget kalo komputer Mac itu anti-virus?

Nah, itu mitos doang. Karena sejak krisis virus Flashback yang menyerang 250 ribu komputer Mac beberapa tahun lalu, Mac mulai mengubah kampanye pemasarannya dan gak lagi memakai slogan kebal terhadap virus.

Ya logikanya sih, dulu kan pengguna komputer Mac lebih sedikit dibanding pengguna komputer Windows. Jadi wajar aja, komputer Windows lebih rentan kena virus, karena penyerang fokus terhadap pengguna yang jumlahnya lebih besar.

Nah, kalo sekarang sih, hati-hati juga ya buat kamu para pengguna komputer Mac.

5. Megapixels Lebih Besar, Foto Lebih Bagus

Kamu pernah beli kamera cuma karena melihat ukuran megapixels-nya? Pasti kamu termasuk orang yang percaya ya, kalo foto yang bagus itu, dihasilkan oleh kamera dengan megapixels yang berukuran lebih besar?

Emang sih, kalo kamu udah cobain kamera 18 megapixels, pasti kamu merasa kamera 6 megapixels itu usang banget deh. Tapi, ukuran megapixels ini bukan jadi penentu kamu untuk menghasilkan foto yang lebih bagus.

Ukuran megapixels itu cuma mempengaruhi detil gambar untuk foto yang lebih besar doang. Itu pun juga ditambah dengan beberapa faktor pendukung lain.

Misalnya, sensor yang dimiliki oleh kamera kamu dan, gak bisa dipungkiri, kemampuan kamu dalam mengatur pencahayaan, komposisi dan kendali kamera juga menentukan bagusnya hasil foto yang ditangkap.

Megapiksel Bukan Segalanya!
Kamu pasti pernah memperhitungkan besar megapiksel kamera sebelum membeli smartphone, kan? Tapi ternyata besarnya megapiksel bukanlah penentu kualitas foto loh!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, di antara kelima mitos ini, mana aja yang pernah kamu temui sehari-hari? Menurut kamu, apa lagi sih mitos-mitos terkait teknologi yang ternyata hoax? Boleh dong, tulis pendapat kamu di kolom komentar, dan jangan lupa untuk Subscribe channel JalanTikus ya! Saksikan juga video JalanTikus yang seru lainnya!

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Mitos atau tulisan menarik lain dari Em Yopik Rifai.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Menghapus Akun Facebook Sendiri Sementara atau Permanen

Murah! Begini Cara Dapat Freya Mobile Legends Modal Rp 3.000

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

Cara Membuat Wallpaper Transparan di Android

Daftar Harga Paket Internet Unlimited All Operator Terbaru 2020

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Ocean King : Fishing Arcade 1.1
Games 88 Entertaiment
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal