J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Hal di Film Agen Rahasia yang Gak Bakal Jadi Kenyataan, Halu!

5 Hal di Film Agen Rahasia yang Gak Bakal Jadi Kenyataan, Halu!

Rabu, 29 Jul 2020, 18:30 WIB
Mata-mata di film selalu terlihat keren dan canggih. Tapi, apakah semua hal yang ada di film juga terjadi di dunia nyata, atau justru hanya mitos?

Akting Tom Cruise sebagai Ethan Hunt di film-film Mission Impossible, atau Daniel Craig sebagai James Bond di film berjudul sama sangat meyakinkan dan membuat mereka terlihat seperti mata-mata sungguhan.

Dibekali dengan teknologi canggih, mobil mewah, dan kejar-kejaran dengan musuh, kehidupan mereka seolah tidak pernah membosankan dan dipenuhi dengan aksi seru.

Tetapi, apakah semua hal yang terjadi di film-film bertema mata-mata juga terjadi kepada mata-mata di dunia nyata? Ataukah semua itu hanya produk imajinasi dari pembuat film tersebut?

Kalau kamu mau tahu jawabannya, langsung saja simak penjelasan Jaka di bawah ini!

5 Mitos di Film Spy yang Nggak Terjadi di Dunia Nyata

Memakai jas atau gaun mewah, mengendarai mobil sport, hadir di acara pesta dansa dengan tamu-tamu kelas atas, serta bermain bersama target di kasino sebagai bentuk penyamaran. Semua hal itu sering kita lihat di film-film dengan tokoh utama mata-mata.

Telihat mewah dan menyenangkan, bukan, kehidupan sebagai seorang mata-mata? Mungkin hal ini juga menginspirasi beberapa orang untuk berprofesi sebagai agen intelijen. Namun, apakah semua keindahan dan kecanggihan tersebut sungguhan, atau hanya mitos?

Berikut adalah jawaban dari mitos-mitos yang sering muncul dari film bertema mata-mata.

1. Mata-Mata Selalu Rupawan

Ethan Hunt James Bond 59205

Apakah semua mata-mata di dunia nyata memiliki mata biru, rambut brunette, dan setampan Tom Cruise maupun Daniel Craig? Atau berambut blonde dan tinggi semampai seperti Jennifer Lawrence di film Red Sparrow (2018)? Tentu jawabannya tidak, geng.

Selain karena setiap manusia diciptakan berbeda-beda dari segi fisik, tidak ada ketentuan khusus mengenai harus berwajah cantik atau tampan untuk mendapatkan pekerjaan ini.

Meskipun demikian, ketika seorang mata-mata harus berbaur di acara yang melibatkan orang-orang penting, biasanya akan dipilih agen yang berpenampilan menarik. Hal ini dikarenakan orang yang berwajah rupawan biasanya lebih mudah menarik perhatian orang lain, sehingga mereka bisa dengan mudah mendekati target dan mendapatkan informasi dari mereka.

2. Mata-Mata Selalu Mengemudikan Mobil Mahal

James Bond Aston Martin 9ca1f

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang mata-mata adalah berbaur. Selain dari segi pembawaan diri, hal ini juga berlaku untuk mobil yang mereka tumpangi.

Jika seorang agen mata-mata harus menghadiri acara dengan tamu-tamu undangan VIP, ia harus mengemudikan mobil mahal agar tidak tampak berbeda. Sementara itu, jika ia sekadar mengemudi di jalanan, ia tidak perlu menggunakan mobil sport.

Mata-mata harus selalu ingat untuk tidak menonjol di antara kerumunan. Jika penyamaran mereka ketahuan, misi atau operasi yang sedang dijalankan bisa runyam, geng.

3. Kejar-kejaran Mobil dan Tembak-tembakan Setiap Hari

Mission Impossible Rogue Nation 4ecc0

Kejadian seperti ini justru hanya terjadi ketika ada suatu kesalahan besar dalam misi. Jika seorang mata-mata mengebut untuk melarikan diri dari sesuatu atau seseorang, berarti mereka melakukan kesalahan dan harus segera kabur sebelum penyamaran mereka terungkap.

Oleh karena itu, seorang agen justru disarankan mengemudi dengan kecepatan normal agar tidak menarik perhatian dan, sekali lagi, agar dapat berbaur dengan yang lain.

Sementara untuk tembak-tembakan, sebagian besar agen CIA bahkan tidak membawa senjata, kecuali berada di tempat berbahaya. Misalnya, ketika seorang mata-mata sedang berada di Paris yang merupakan kota metropolitan, mereka tidak akan membawa pistol di sana.

Selain itu, tugas mata-mata biasanya untuk mendapatkan informasi intelijen, sehingga kebut-kebutan atau tembak-tembakan dengan lawan bukanlah sesuatu yang sering terjadi.

4. Mata-Mata Memiliki Gadget Canggih

Gadgets In Mission Impossible Cabee

Apakah kamu ingat dengan laser yang dapat membuat topeng secara instan atau sarung tangan lengket untuk memanjat Burj Khalifa di film Mission Impossible: Ghost Protocol (2011)? Apakah mata-mata di dunia nyata memang memiliki teknologi seperti itu?

Sayangnya, gadget yang digunakan oleh mata-mata termasuk salah satu hal yang paling dirahasiakan. Meskipun demikian, menurut kabar yang beredar dari CIA, teknologi yang mereka miliki justru jauh lebih maju dibanding yang ada di film.

CIA bahkan telah memiliki alat-alat seperti software pengenalan wajah atau pembuat topeng instan sejak sepuluh tahun sebelum film-film James Bond dirilis. Selain itu, gadget canggih juga digunakan oleh CIA untuk melakukan enkripsi terhadap informasi-informasi penting.

5. Berkelahi dengan Musuh untuk Melarikan Diri

Mission Impossible Fallout E1369

Dalam film mata-mata, sering kali tokoh utama berada di situasi ketika tangan mereka diborgol, dikelilingi oleh musuh yang menodongkan senjata kepada mereka, dan harus berkelahi agar dapat melarikan diri.

Faktanya, para agen di dunia nyata memang dilatih untuk pertarungan satu lawan satu, cara melepaskan diri dari borgol, serta tahan terhadap siksaan.

Meskipun kemungkinannya tidak tinggi, namun bisa jadi mereka berada dalam situasi berbahaya tersebut. Sehingga tidak ada salahnya untuk menguasai kemampuan-kemampuan tersebut, kan?

Akhir Kata

Demikian jawaban dari hal-hal di dalam film mata-mata yang sering dianggap sebagai mitos oleh sebagian orang. Kalau kamu sudah mengetahui faktanya, apakah menurutmu kehidupan mata-mata masih seru seperti yang ada di film, geng?

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy

ARTIKEL TERKAIT
Landscapemadame Tussauds Londonbonds1

6 Gadget Mata-Mata Futuristik Tercanggih Kini Hadir di Dunia Nyata!

Gadget Matamata Canggih 67007

9 Gadget Mata-Mata Canggih yang Sudah Ada dari Jaman Dulu

Mission Impossible Fallout Banner 751f8

5 Aksi Gila Tom Cruise Di Mission: Impossible - Fallout

Film Daniel Craig 27da0

Film Daniel Craig Terbaik Sepanjang Masa, Gak Cuma James Bond!

James Bond

10 Musuh James Bond Yang Paling Mengesankan

Banner 031d6

Aktor James Bond yang Paling Banyak Membunuh di Film, Sampai 200?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Film Daniel Craig Terbaik Sepanjang Masa, Gak Cuma James Bond!

Film Daniel Craig Terbaik Sepanjang Masa, Gak Cuma James Bond!

10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Aksi dan Rahasia!

10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Aksi dan Rahasia!

Nonton Film Ejen Ali: The Movie (2019) | Petualangan Ali Mencari Orangtuanya!

Nonton Film Ejen Ali: The Movie (2019) | Petualangan Ali Mencari Orangtuanya!

7 Film Tom Hanks Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Bagus!

7 Film Tom Hanks Terbaik Sepanjang Masa, Semuanya Bagus!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal