J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              10 Merek HP yang Belum Pernah Kamu Dengar, Ada yang dari Zimbabwe!

              10 Merek HP yang Belum Pernah Kamu Dengar, Ada yang dari Zimbabwe!

              00
              Selasa, 13 Agt 2019, 20:00 WIB
              Kamu pasti udah akrab dengan merek-merek HP terkenal seperti Apple atau Samsung, kan? Kalau merek-merek yang satu ini pasti belum pernah kamu denger, geng!

              Kalau disuruh menjawab merek smartphone yang terbaik dan terkenal, kamu akan menjawab apa, geng? Pasti jawabannya enggak jauh-jauh dari Samsung, Apple, Xiaomi, dan lain sebagainya.

              Merek-merek tersebut memang menjadi penguasa di beberapa negara berkat penjualannya yang laris manis sehingga dikenal banyak orang.

              Tapi, kamu pernah enggak mendengar merek-merek handphone yang ada di daftar ini? Jaka jamin, pasti kamu belum pernah tahu sebelumnya!

              Merek HP Kurang Terkenal

              Sama seperti di Indonesia, di beberapa negara juga memiliki smartphone buatan lokal yang mungkin namanya tenggelam oleh merek-merek besar.

              Padahal, bisa jadi merek tersebut enggak kalah bagus, hanya kalah terkenal. Dilansir dari berbagai sumber, inilah daftar merek HP yang enggak pernah kamu dengar sebelumnya!

              1. Gradiente (Brazil)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 1 864c3
              Sumber foto: News18

              Gradiente merupakan salah satu perusahaan elektronik asal Brazil yang banyak memproduksi berbagai jenis barang elektronik.

              Merek ini pernah heboh karena menggunakan nama iphone (dengan 'p' kecil) untuk lini smartphonenya yang berbasis Android pada tahun 2012.

              Apple, selaku pemegang hak cipta untuk iPhone, pernah mengajukan gugatan namun kalah di persidangan. Alasannya, Gradiente telah mengajukan paten nama tersebut sejak tahun 2000.

              2. Verzo (Republik Ceko)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 2 93d6c
              Sumber foto: Gizbot

              Merek selanjutnya berasal dari negara Republik Ceko bernama Verzo. Usia perusahaan ini tergolong muda karena baru berdiri pada tahun 2010.

              Verzo memfokuskan bisnis mereka di lini handphone. Banyak yang berpendapat desain yang dimiliki oleh handphone-handphone Verzo unik dan tidak biasa.

              Meskipun desain dan rencana proyek dibuat di Ceko, nyatanya produksi dilakukan di Taiwan dengan alasan ekonomi.

              Verzo Kinzo merupakan smartphone pertama yang memasuki pasar pada bulan Oktober 2011 dan menggunakan sistem operasi Android.

              3. Archos (Prancis)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 3 3efbe
              Sumber foto: Slashgear

              Di negara Prancis, Archos sudah terkenal sebagai perusahaan eletronik multinasional yang didirikan pada tahun 1988.

              Archos memproduksi smartphone, tablet, personal digital assisstant (PDA), dan lain sebagainya. Nama Archos sendiri merupakan anagram dari nama belakang sang pendiri, Henri Crohas.

              Dalam bahasa Yunani, Archos juga berarti master. Slogan yang dimiliki oleh perusahaan ini adalah Entertainment your way.

              Merek HP Lainnya . . .

              4. Micromax (India)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 4 Cb6ab
              Sumber foto: The Financial Express

              Awalnya, Micromax merupakan perusahaan software yang bermarkas di Gurugram, Haryana, India. Lantas, mereka melebarkan sayang dengan berbisnis di bidang perangkat genggam.

              Mereka menjadi salah satu perusahaan domestik terbesar yang membuat ponsel murah di India. Bahkan, pada kuarter ketiga tahun 2014 mereka berhasil masuk 10 besar vendor smartphone terbesar di dunia.

              Kini mereka sedang menghadapi persaingan ketat dari handphone-handphone China yang mulai membanjiri India.

              5. Olivetti (Italia)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 5 86241
              Sumber foto: New Atlas

              Negeri asal pizza dan spageti, Italia, juga memiliki brand smartphone lokal loh, geng. Salah satunya yang terkenal adalah Olivetti yang sudah berdiri sejak tahun 60-an.

              Olivetti sempat akan bubar karena kehilangan pasar pada pertengahan hingga akhir 90-an, sebelum pada akhirnya diakuisisi oleh Telecom Italia Group.

              Perusahaan ini merupakan produsen komputer, tablet, smartphone, printer, dan barang-barang elektronik lainnya.

              Pada tahun 2011, Olivetti mulai memproduksi Olipad, sebuah komputer tablet yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pemerintahan.

              6. M Dot Mobile (Malaysia)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 6 A0a10
              Sumber foto: TNW

              Salah satu negara tetangga kita, Malaysia, juga enggak mau kalah nih, geng. Mereka punya beberapa produsen handphone, salah satunya adalah M Dot Mobile.

              Merek ini menjadi produsen smartphone pertama di Malaysia sekaligus merek smartphone pertama yang dimiliki oleh orang muslim.

              Saat ini, M Dot Mobile berada di bawah naungan Kosmo Technology Industrial Berhad sejak diakuisisi pada tahun 2006.

              7. Fairphone (Belanda)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 7 8fb58
              Sumber foto: Wired UK

              Kalau kamu termasuk pemerhati lingkungan, pasti suka sama smartphone dari Belanda yang didukung oleh Waag Society.

              Fairphone merupakan pengembang smartphone yang berusaha mengurangi dampak lingkungan seminimal mungkin.

              Bagaimana caranya? Smartphone-smartphone yang diproduksi tidak mengandung zat yang tidak ramah lingkungan seperti emas, timah, tantalum, dan tungsten.

              8. Vestel (Turki)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 8 1869d
              Sumber foto: Vestel

              Vestel asal Turki merupakan perusahaan manufaktur peralatan rumah dan memiliki 18 anak perusahaan yang bergerak di bidang elektronik, termasuk smartphone.

              Vestel masuk ke pasar smartphone pertama kali pada tahun 2014. Meskipun tergolong baru, sudah banyak seri yang mereka produksi dengan spesifikasi menengah.

              9. Kazam (Inggris)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 9 6ac31
              Sumber foto: Pocket-lint

              Sebagai salah satu negara maju, tentu Inggris juga memiliki perusahaan produsen smartphone. Salah satu yang paling terkenal adalah Kazam.

              Merek ini didirikan tahun 2013 oleh mantan pegawai HTC. Salah satu yang membuat smartphone ini mendapatkan perhatian publik adalah adanya tawaran penggantian layar secara gratis.

              10. GTel (Zimbabwe)

              Merek Hp Belum Pernah Dengar 10 7225c
              Sumber foto: Techzim

              Di nomor terakhir adalah GTel yang merupakan produk asli dari negara Zimbabwe, geng. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2011 dan menjadi produsen smartphone pertama di negara tersebut.

              Secara mengejutkan, merek smartphone ini meraih kesuksesan yang cukup besar di benua Afrika. Dalam satu tahun, GTel bisa memproduksi tiga smartphone sekaligus.

              Pada tahun 2015, Gtel mencatat 1 juta pengguna di Zimbabwe berkat strategi marketing yang cerdas. Bahkan, pangsa pasar Zimbabwe telah meluas hingga ke Afrika Timur.

              Akhir Kata

              Ketika Jaka membaca beberapa sumber tentang penjualan smartphone di negara-negara tersebut, ternyata jarang merek-merek tersebut berhasil menjadi smartphone yang paling laris.

              Mereka selalu kalah dari dominasi merek raksasa yang namanya telah mendunia. Selain kalah pamor, beberapa dari merek tersebut juga masih berusia muda.

              Konsumen tentu mencari gadget yang kualitasnya terbaik. Smartphone lokal kadang kalah di poin ini, meskipun untuk harga bisa jauh lebih murah.

              Akan tetapi, selama ada inovasi-inovasi baru yang ditawarkan, bukan tidak mungkin nama-nama tersebut akan mengalahkan merek global, bahkan masuk ke pasar internasional.

              Baca juga artikel seputar HP atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal