J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bolehkah Nonton Drama Korea Saat Puasa? Ini Jawabannya!

Bolehkah Nonton Drama Korea Saat Puasa? Ini Jawabannya!

Sabtu, 2 Mei 2020, 18:00 WIB
Menunggu waktu berbuka puasa sambil menonton drama Korea memang seru. Tapi, apakah boleh menonton drama Korea selama berjam-jam saat berpuasa? Ini penjelasannya.

Menonton drama Korea sambil menunggu waktu berbuka puasa memang sangat mengasyikkan. Kamu bahkan bisa menontonnya selama berjam-jam agar waktu berpuasa nggak terasa.

Apalagi dalam masa social distancing, kamu nggak bisa pergi kemana-mana untuk ngabuburit, sehingga menonton drakor di rumah menjadi salah satu solusi yang cukup seru.

Tapi, kamu pasti tahu kalau drakor selalu menampilkan adegan dewasa seperti ciuman yang tiba-tiba saja muncul tanpa bisa diperkirakan, geng.

Lalu, seperti apa sih hukum menonton drama Korea saat berpuasa? Apakah masih diperbolehkan atau justru bisa mengurangi pahala puasa? Berikut penjelasannya.

Hukum Menonton Drama Korea Saat Puasa

Untuk menghabiskan waktu menunggu adzan maghrib, biasanya orang-orang pergi keluar rumah untuk ngabuburit. Tapi hal ini nggak bisa dilakukan selama social distancing.

Oleh karena itu, banyak yang memilih untuk menghabiskan waktu di rumah sambil menonton drama Korea terbaru. Apakah kamu juga begitu, geng?

Tapi, apakah boleh menonton drama Korea saat berpuasa? Lalu, seperti apa hukumnya? Biar nggak penasaran, simak penjelasan berikut ini, yuk!

1. Sah-sah Saja, Asal...

Drakor Puasa 1 Custom 0b1a1

Mengutip fatwa Syekh Yusuf Al Qaradhawi dalam Fatwa Kontemporer tentang bolehnya hiburan untuk muslim, maka menonton drakor memang sah-sah saja, geng.

Eits, menonton drakor memang sah, asal nggak memicu keburukan yang melanggar syariat. Kalau menonton drama Korea tanpa adanya adegan dewasa, tentu nggak masalah.

Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan umatnya untuk mengambil hikmah positif dalam segala hal dan dari mana saja, termasuk dari drakor yang mengandung tuntunan baik.

Selain itu, Islam juga nggak pernah melarang umatnya untuk menunggu waktu berbuka puasa dengan menonton film selama nggak bertentangan dengan syariat.

Sedangkan hal-hal yang melanggar syariat seperti meninggalkan sholat, berjudi, berzina, mencuri, dan lain sebagainya tentu harus dihindari.

2. Ada Adegan Dewasa?

Drakor Puasa 2 Custom 6f6aa

Drama Korea romantis memang sering menayangkan adegan dewasa seperti ciuman. Lalu, apakah boleh menonton adegan dewasa tersebut saat sedang berpuasa?

Seperti yang Jaka bilang di atas, selama drakor yang kamu tonton masih dalam batasan syariat, maka kamu boleh menontonnya selama berpuasa.

Sedangkan adegan ciuman tentu melanggar syariat sehingga kamu nggak boleh menontonnya agar puasa tetap sah dan kamu bisa mendapat pahala yang melimpah.

Adapun penjelasan dari Ustadz M Najmi Fathoni bahwa ketika kamu ngabuburit dan menonton drakor yang ada adegan ciumannya, maka hukumnya mubah mengarah ke dosa.

3. Memperbanyak Amalan

Drakor Puasa 3 Custom 8f3c0

Pada prinsipnya, Islam menganjurkan hambanya untuk memperbanyak amalan ibadah saat sedang berpuasa, terlebih puasa di bulan Ramadhan, geng.

Selain itu, prinsip dalam beribadah puasa Ramadhan adalah untuk menghidupkan hari-hari dengan amalan, baik saat siang maupun malam hari.

Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk memperbanyak doa dan amalan baik ketika sedang berpuasa agar mendapatkan ampunan dan pahala.

Jadi, meskipun menonton drama Korea saat berpuasa bukan suatu keharaman, alangkah baiknya kamu menghabiskan waktu berpuasa dengan memperbanyak amalan.

Selain itu, waktu yang dihabiskan selama berjam-jam untuk menonton drakor sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berbuat kebaikan sekaligus melipatgandakan pahala.

4. Amalan yang Bisa Dilakukan Selama Puasa

Drakor Puasa 4 Custom 4327b

Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan dosa dan dilipatgandakannya pahala. Jadi, sudah sepatutnya diisi dengan ibadah, seperti menonton tontotan yang berisi tuntunan.

Untuk menambah amalan, coba tonton ceramah di channel Youtube islami daripada menonton drakor selama berjam-jam. Pahala yang didapat pun tentu lebih berlimpah.

Selain itu, kamu juga bisa mengkhatam Alquran selama bulan suci Ramadhan. Biar praktis, kamu bisa menggunakan aplikasi Alquran di HP, geng.

Dengan menerapkan amalan tersebut, kamu akan mendapat pahala yang jauh lebih berlimpah ketimbang menunggu waktu berbuka puasa dengan menonton drama Korea.

Akhir Kata

Itu tadi hukum menonton drama Korea saat berpuasa, terutama di bulan suci Ramadhan. Selama nggak menyalahi aturan atau melanggar syariat, kamu boleh menontonnya.

Tapi, beda cerita kalau kamu melihat adegan dewasa dalam drakor tersebut. Pahala puasa pun akan berkurang karena hal tersebut melanggar syariat, geng.

Saran Jaka sih, daripada menghabiskan waktu berjam-jam menonton drakor saat menunggu buka puasa, alangkah baiknya kamu melakukan amalan dan ibadah lainnya.

Baca juga artikel seputar Info Puasa atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jadwal Imsak Android Terbaik E67f2

10 Aplikasi Jadwal Imsak Terbaik di Android 2020 | Anti Ngaret Sahur!

Aplikasi Jadwal Sholat Android Dan Pc Terbaik A8396

10 Aplikasi Jadwal Sholat Android & PC Terbaik 2020, Ibadah Makin Lancar!

Pahala Online 3a6c7

5 Cara Mendapatkan Pahala Puasa Secara Online, Cuma Modal HP Doang!

Ucapan Selamat Puasa Ea16c

70+ Ucapan Selamat Puasa Ramadhan Terbaru 2020, Kirim Sekarang Yuk!

Download Lagu Ramadhan Terbaru B4750

50+ Kumpulan Lagu Ramadhan Terbaik & Terbaru 2020, Bikin Hati Sejuk!

SampulJT 824f8

5 Aplikasi Quran Terbaik Buatan Anak Bangsa, Untuk Ngaji di Bulan Ramadan

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Drama Korea yang Bisa Bikin Puasa Batal, Awas Jangan Nonton!

7 Drama Korea yang Bisa Bikin Puasa Batal, Awas Jangan Nonton!

7 Drama Korea Paling Overrated, Ceritanya Klise Banget!

7 Drama Korea Paling Overrated, Ceritanya Klise Banget!

12 Aplikasi Nonton Drama Korea (Drakor) Gratis Sub Indo Terbaik

12 Aplikasi Nonton Drama Korea (Drakor) Gratis Sub Indo Terbaik

7 Alasan Jangan Nonton The World of the Married, Banyak Adegan Dewasa?

7 Alasan Jangan Nonton The World of the Married, Banyak Adegan Dewasa?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal