J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Menguak Rahasia Perusahaan BBK Electronics, Pemilik realme, OPPO, dan Vivo.

Menguak Rahasia Perusahaan BBK Electronics, Pemilik realme, OPPO, dan Vivo.

Minggu, 26 Jan 2020, 13:00 WIB
Ternyata brand realme, OPPO, dan vivo berasal dari satu perusahaan, geng! Mari bergabung bersama Jaka dalam menguak rahasia perusahaan BBK Electronics.

Geng, kalian tahu tidak kalau salon Johnny Andrean, toko donat dan kopi J.CO, dan toko roti BreadTalk semuanya didirikan oleh orang yang sama?

Kenalan Jaka juga banyak yang belum tahu tapi sebenarnya ketiga bisnis tersebut didirikan oleh pengusaha Johnny Andrean, geng!

Terkejut nggak, geng? Hal ini juga ada di dunia smartphone di mana ada beberapa brand smartphone yang dimiliki oleh perusahaan yang sama, BBK Electronics.

Menguak Rahasia Perusahaan BBK Electronics

Jaka berani jamin banyak dari kalian yang belum pernah mendengar nama ini tapi Jaka juga yakin banyak dari kalian yang menggunakan produk mereka.

Kalau kalian saat ini menggunakan HP dari brand realme atau OPPO, berarti kalian menggunakan produk dari BBK Electronics, geng!

Kedua brand itu hanyalah contoh perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat elektronik yang satu ini.

Nah, di kesempatan ini Jaka akan mengupas tuntas dan menguak rahasia perusahaan BBK Electronics yang Jaka sudah rangkum dari berbagai sumber.

1. Siapa Itu BBK Electronics?

Bbk Logo 4063a

Ibaratnya tokoh Emperor Palpatine di seri film Star Wars, bisa dibilang BBK Electronics adalah sebuah perusahaan yang memilih untuk bekerja di balik layar.

Nggak banyak informasi tentang perusahaan ini yang ada di publik dan website resmi BBK Electronics hanya tersedia dalam bahasa Mandarin saja, geng.

Dilansir dari situs Bloomberg, BBK Electronics didirikan di tahun 1995 oleh Duan Yongping sebagai brand perangkat elektronik seperti pemutar DVD dan MP3.

Di situ juga dikatakan bahwa BBK Electronics juga menjadi produsen pemutar DVD yang dijual di bawah nama brand-brand populer di luar China.

Di tahun 2000, salah satu anak perusahaan mereka, Bubugao Communication Equipment Co. menjadi salah satu brand HP terbesar di China menyaingi brand legendaris Nokia, geng!

2. Sejarah Duan Yongping, Pendiri BBK Electronics

Duan Yongping 0cec9

Nah, berbeda dengan bos teknologi kebanyakan yang sudah sangat terkenal bak seorang selebriti, pendiri BBK Electronics, Duan Yongping, memiliki kepribadian tertutup.

Bisa dibilang, dia mirip dengan sosok pendiri brand HP Huawei, Ren Zhengfei, yang juga jarang muncul di publik.

Dilahirkan di daerah Jiangxi, Duan awalnya menemukan kesuksesan dengan produk Subor, sebuah konsol game yang diluncurkan di awal tahun 90-an.

Produk tersebut diposisikan sebagai lawan utama dari konsol NES dari Nintendo dan berhasil mencetak kesuksesan sampai 1 milyar Yuan atau sekitar Rp2 triliun, geng!

Di tahun 1995, Duan akhirnya menggunakan kesuksesan tersebut untuk mendirikan perusahaannya sendiri yaitu BBK Electronics.

3. Sempat Nyaris Bangkrut di Pertengahan Tahun 2000-an

BBK Bankrupt 782f5

Meskipun berhasil menemui kesuksesan di pasar perangkat elektronik dan feature phone, BBK Electronics mulai mundur ketika smartphone mulai muncul di pasaran.

Kompetitor seperti Huawei dan Coolpad berhasil mendominasi pasaran dengan produk smartphone dengan harga murah yang membuat BBK Electronics hampir bangkrut.

Duan yang saat itu sudah menikmati pensiun di Amerika Serikat kembali ke China dan bersama Tony Chen mendirikan OPPO dengan Chen sebagai CEO di tahun 2005.

Awalnya, OPPO menemui kesuksesan menjual pemutar musik portable tapi akhirnya masuk ke dunia smartphone di tahun 2011, hampir berbarengan dengan brand HP vivo.

Saat ini, meskipun nama BBK Electronics jarang disebut, perusahaan ini adalah salah satu 'raja' di dunia smartphone menyaingi Samsung dan Apple, geng!

4. Brand Apa Saja yang Dimiliki BBK Electronics?

BBK Brands A369c

Jaka sudah menyebutkan OPPO di atas dan ada juga vivo yang didirikan oleh Duan dan CEO Shen Wei di tahun 2009 tapi mereka baru masuk pasar di tahun 2011.

Selain dari kedua brand ini, ada juga OnePlus yang didirikan oleh dua tokoh senior OPPO, Carl Pei dan Pete Lau.

OnePlus sendiri menggunakan pabrik yang sama dengan OPPO dan banyak produk dari kedua brand tersebut yang memiliki kemiripan, geng.

Untuk yang paling baru ada brand realme yang didirikan oleh mantan petinggi OPPO, Sky Li, yang terkenal dengan HP mereka yang memiliki spesifikasi ganas.

Selain itu, vivo juga dikabarkan akan meluncurkan sub-brand iQOO di India seperti hubungan Redmi dengan Xiaomi sekarang, geng!

5. Perusahaan Terbesar Kedua di Dunia Smartphone

BBK Phones 3b454

Berdasarkan data dari Counterpoint Research, BBK Electronics saat ini menguasai 20% dari pasar smartphone, sedikit di belakang Samsung dengan 21%.

Sepertinya tinggal tunggu waktu sampai BBK Electronics mengalahkan Samsung untuk menjadi nomor 1 dengan tipisnya perbedaan di atas, geng.

Hal ini dikarenakan strategi agresif brand realme di pasar seperti India dan Indonesia di mana mereka seringkali berhasil membuat HP Android murah nan berkualitas.

Di China sendiri, BBK Electronics berhasil mematahkan dominasi Xiaomi dengan fokus di penjualan secara offline yang masih banyak ditemukan di pedalaman China.

Sayangnya, BBK Electronics sendiri masih kurang pamor di dunia barat tapi mereka sudah menempatkan OnePlus dan realme untuk menyerang pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Akhir Kata

Itulah, geng, sesi menguak rahasia perusahaan BBK Electronics dari Jaka. Menurut Jaka, sangat menarik bagi kita untuk melihat di balik layar dunia smartphone.

Sekilas, agak aneh melihat brand dari BBK Electronics yang saling berkompetisi satu sama lain tapi strategi ini ternyata terbukti sukses, geng!

Bagaimana pendapat kalian mengenai BBK Electronics? Apakah kalian terkejut dengan sepak terjang perusahaan ini? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Mvm 07 18 Insurance Summit F9412

7 Bos Teknologi Paling Kaya Asal China, Lebih Tajir dari Bill Gates?

Bos Teknologi Paling Kejam Di Dunia Banner F6ff1

7 Bos Teknologi Paling Kejam di Dunia, Steve Jobs Paling Dibenci Karyawannya?

Hp Samsung Di Bawah 2 Jutaan Banner B4e80

Daftar Harga HP Samsung di Bawah 2 Jutaan Terbaru 2020 | Cocok untuk PUBG!

5 Tuntutan Hukum Menghebohkan Yang Melibatkan Tencent Pernah Menuntut Mobile Legends 5f5ef

5 Tuntutan Hukum Menghebohkan yang Melibatkan Tencent, Pernah Menuntut Mobile Legends!

7 Tuntutan Hukum ke Facebook yang Paling Panas, Ada dari Orang Indonesia!

Sisi Gelap Android 1a2e7

7 Sisi Gelap Android yang Tidak Kita Ketahui, Ada Skandal Seks Petinggi Google?

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal